Bisa Meningkatkan Gairah, Ini 7 Manfaat Minyak Ylang-Ylang

Sebagai afrodisiak dan antiseptik

22 November 2020

Bisa Meningkatkan Gairah, Ini 7 Manfaat Minyak Ylang-Ylang
Freepik

Kenanga adalah salah satu bunga yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Jika dibuat minyak esensial, ternyata banyak kegunaannya. 

Dahulu, banyak rumah yang menanam pohon kenanga. Wanginya yang harum membuat rumah terasa lebih segar. Selain itu, ternyata wangi dari bunga kenanga punya banyak manfaat. 

Memiliki nama lain ylang-ylang, bunga ini banyak diminati orang lantaran beragam manfaatnya.

Dirangkum Popmama.com, inilah 7 manfaat menggunakan minyak esensial ylang-ylang atau kenanga.

1. Meningkatkan suasana hati

1. Meningkatkan suasana hati
Freepik/cookie_studio

Studi etnofarmakologi tahun 2018 menunjukkan bukti ilmiah mengenai efek anti kecemasan yang dihasilkan dari tanaman kenanga. Menurutnya, menghirup aroma dari kenanga atau ylang-ylang bisa mendatangkan energi positif. 

Selain itu, suasana hati juga langsung bereaksi terhadap sistem penciuman dan syaraf. Area yang terkena pengaruhnya adalah hipokampus di otak dan sistem serotonin. Imbasnya, energi negatif terlepas dari diri. 

Kamu bisa menggunakan minyak esensial ylang-ylang sebagai minyak pijat atau aromaterapi. Wanginya bisa memunculkan rasa damai, percaya diri, dan kesadaran untuk lebih mencintai diri sendiri. 

2. Pembangkit gairah pasangan

2. Pembangkit gairah pasangan
Freepik/lookstudio

Afrodisiak mengarah pada zat kimia untuk merangsang daya seksual. Zat ini bisa ditemukan di makanan, maupun wangi-wangian tertentu. 

Minyak esensial ylang-ylang dipercaya bisa membangkitkan gairah pasangan. Kamu cukup mengoleskannya di pergelangan tangan dan area leher dan bisa langsung menarik perhatian Papa. 

Editors' Picks

3. Sebagai antiseptik untuk luka

3. Sebagai antiseptik luka
Healthline.com

Para peneliti dari Departemen Riset di Universitas Rajshahi, Bangladesh menemukan bahwa ylang-ylang punya khasiat antibakteri.

Selain itu, fitokemikal dari bunga ini juga sitotoksis dan antijamur bila digunakan secara topikal ataupun dikonsumsi.

Jika ada luka bakar atau luka lecet, bisa ditangani dengan mengoleskan minyak esensial ylang-ylang. Di mana, minyak ini bisa menghambat pertumbuhan mikroba sekaligus membersihkan luka, sehingga membantu mencegah sepsis dan tetanus. 

4. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

4. Membantu menjaga kesehatan pencernaan
Freepik/diana.grytsku

Salah satu kegunaan lain dari ylang-ylang adalah bisa membantu meredakan permasalahan pencernaan karena kembung, sebah, sembelit, dan kram. 

Kamu bisa mengoleskan minyak tersebut ke area perut sambil memijatnya pelan.

5. Membantu menurunkan tekanan darah

5. Membantu menurunkan tekanan darah
Freepik/xb100

Dalam pengobatan alternatif, ylang-ylang dijadikan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah. Lebih baik lagi, minyak ini tidak memiliki efek samping bagi penderita tekanan darah tinggi. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Exercise Rehabilitation menyebutkan bahwa ylang-ylang punya agen efektif dalam pengobatan hipertensi. 

Minyak terapeutik grade bisa digunakan sebagai suplemen makanan dengan menambahkan 1-2 tetes ke dalam minuman. 

6. Mencegah penuaan dini

6. Mencegah penuaan dini
Freepik/master1305

Minyak esensial ylang-ylang juga banyak digunakan untuk kecantikan. Minyak ini populer untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mencegah datangnya tanda-tanda penuaan dini. 

Ylang-ylang juga menunjukkan peran dalam memerangi perkembangan kanker kulit melanoma. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak ylang-ylang yang berkualitas tinggi bisa berperan sebagai terpenoid. 

Di mana terpenoid merupakan senyawa yang bisa menghambat proliferasi dan metastasis sel kanker melalui berbagai mekanisme. 

7. Mengatasi peradangan kulit

7. Mengatasi peradangan kulit
freepik/dimaberlin

Banyak penyebab peradangan bisa terjadi pada kulit. Mulai dari alergi, hormon, termasuk dermatitis seboroik. 

Dermatitis seboroik menyebabkan produksi sebum tidak teratur dan menyebabkan infeksi sel-sel epidermis. Kondisi ini bisa terjadi pada kulit kepala, pipi, dan alis. 

Gejala dermatitis seboroik ini sangat mengganggu karena membuat kulit tampak bersisik dan pucat. 

Salah satu alternatif pengobatan yang bisa ditempuh adalah menggunakan minyak esensial ylang-ylang. Minyak ini bisa mengatur produksi sebu, mengobati infeksi, sehingga meminimalkan iritasi kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan. 

Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan, jangan lupa untuk meminta saran dari yang ahli untuk penggunaan minyak esensial ylang-ylang, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.