Cara Inspiratif Ifan Seventeen Bantu UMKM, Sandiaga Uno beri Dukungan

Dengan memberi open endorsement yang hasilnya untuk sesama musisi

16 September 2021

Cara Inspiratif Ifan Seventeen Bantu UMKM, Sandiaga Uno beri Dukungan
Instagram.com/ifanseventeen

Pandemi menghantam semua orang dengan keras. Di tengah keterbatasan diri, Ifan dan istri tetap berusaha untuk jadi berguna bagi sesama. 

Banyak ranah pekerjaan yang terkena imbas pandemi Covid-19, salah satunya adalah seniman. Di mana semua acara live harus dihentikan sementara, konser harus ditunda sampai waktu yang tak ditentukan, dan acara yang menggunakan live musik pun hampir tak ada. 

Para pelaku industri seni pun sudah saling bahu-membahu saling menjaga selama pandemi berlangsung. Salah satu kegiatan yang dibesut Ifan Seventeen dan Citra Monica cukup inspiratif hingga menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Seperti apa programnya? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Apakah I'mPossible Movement itu?

1. Apakah I'mPossible Movement itu
instagram.com/impossiblemovement

Dalam vlog milik Ifan Seventeen, dijelaskan mengenai proyek  I'mPossible Movement. Di mana, menurut Ifan, di setiap kata "impossible", ada kata-kata "I'm" (aku) dan "possible" (mampu/mungkin).

"Ini adalah gerakan di mana kita mampu kok melakukan sesuatu meskipun sekarang kita lagi dalam keadaan susah atau di rumah saja," tutur Ifan dalam vlognya di Youtube channel miliknya. 

Lebih lanjut, Ifan mengungkapkan bahwa karirnya sebagai pemusik pun turut terimbas karena pandemi. Namun, menurut suami dari Citra Monica ini, hal tersebut tidak menyurutkan keinginan mereka untuk berbagi kepada sesama. 

Editors' Picks

2. Seperti apa cara turut serta dengan program ini?

2. Seperti apa cara turut serta program ini
instagram.com/impossiblemovement

"Pada dasarnya, ini adalah open endorsement namun kita beri diskon 70%. Jadi hanya bayar 30% dari ratecard kita," ujar Citra. 

Targetnya adalah, para pebisnis kecil dan pelaku UMKM bisa mendaftarkan usahanya dan bisa diiklankan di sosial media dan platform lainnya sehingga bisa mencapai pasar yang lebih luas. 

Yang menarik adalah, bayaran yang diterima tidak untuk diri sendiri.

"Hasi uang yang kamu dapatkan akan kami donasikan untuk para pedagang kaki lima, korban Covid, dan musisi yang sudah lama sekali tidak manggung," demikian ujar Ifan. 

3. Mendapat apresiasi dari Menparekraf 

3. Mendapat apresiasi dari Menparekraf 
Instagram.com/ifanseventeen

Proyeknya ini mendapat perhatian dari Menparekraf Sandiaga Uno, dalam reels yang dibuat oleh Ifan Seventeen, terlihat bagaimana Sandiaga mengapresiasi langkahnya. 

"Menggagas I'mPossible Movement, ini luar biasa, menurut saya sangat inspiratif," ujar Mas Menteri. 

Apresiasinya ini diungkapkan karena Ifan dianggap membantu banyak UMKM dan pelaku industri kreatif agar bisa terus berjalan dan berjuang di masa yang tidak mudah seperti ini. 

4. Program ini juga mengadakan konser

4. Program ini juga mengadakan konser
Instagram.com/ifanseventeen

Sebagaimana keinginan mereka untuk membantu sesama musisi, program ini juga menggelar konser yang diberi judul mirip yaitu I'mPossible Concert.

"Nantinya, akan ada konser live di ruang terbuka yang tak dibayangkan, seperti di atas perahu, di tebing, di dalam gua, dan lainnya," lanjut Ifan. 

Untuk konser gelombang pertama, terlihat Ifan menjadi vokalisnya dan ada satu pemusik tamu yang bernama Mas Yuyun. Menurut penjelasan, Mas Yuyun merupakan seorang gitaris yang tak bisa bekerja karena keterbatasan penglihatannya yang semakin parah dan tidak bisa membeli obat lagi. 

Dengan diadakannya konser ini, diharapkan bisa memberikan dampak baik dan semangat untuk terus percaya bahwa keadaan akan perlahan naik dan membaik. 

Konser pertama telah digelar pada tanggal 17 Agustus 2021. Sedangkan gelombang kedua sedang dipersiapkan dekat-dekat ini. 

5. Syarat dan keuntungan jika mengikuti program ini

5. Syarat keuntungan jika mengikuti program ini
instagram.com/impossiblemovement

Sebenarnya, tak ada syarat khusus untuk mengikuti program ini. Selama produk kamu merupakan UMKM, brand lokal, atau online shop, maka bisa langsung menghubungi nomor kontak terkait. 

Sedangkan keuntungan yang bisa didapat antara lain:

  • Logo produk akan ditampilkan di I’mpossible Concert
  • Produk akan mendapatkan promo review di vlog Ifan Seventeen dan video tersebut akan tersebut akan dikirimkan dalam bentuk file asli
  • Setiap produk UMKM mendapatkan hak untuk mempromosikan video review dari Ifan & Citra di akunnya masing-masing secara bebas dan tak terbatas
  • Video review tersebut akan dipromosikan juga di Instagram Story @ifanseventeen ( 3,1M Followers ), @citra_monica ( 371K Followers ), @impossibleconcert ( 51,2K Followers ), @IS_Management ( 115K Followers ), dan juga akan ada di story facebook SEVENTEEN BAND (1M followers) dan Ifan Seventeen (148k followers)

Untuk Mama yang memiliki usaha dan merasa endorsement ini cocok dengan target pasar, jangan ragu untuk ikutan, ya!

Hidup memang tak selamanya mulus dan lancar, pasti ada saja rintangan dan tantangan yang akan datang. Bagaimana kita bertahan dan berjuang, itulah yang penting. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.