TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Kondisi Mobil yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran 2022

Mudik tinggal hitungan hari, cek kondisi mobil jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh

24 April 2022

7 Kondisi Mobil Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran 2022
Pexels/Ngrh Mei

Menjelang akhir Ramadan, banyak keluarga yang sudah bersiap untuk pulang ke kampung halaman. Jika mudik dengan mobil, ini kondisi mobil yang harus disiapkan. 

Jika lokasi mudik tidak terlalu jauh, kebanyakan keluarga memilih untuk menggunakan mobil untuk pulang kampung. Selain lebih fleksibel, hadirnya tol juga memudahkan rute perjalanan pulang. 

Namun tak bisa pulang begitu saja tanpa memeriksa kondisi mobil karena akan melewati perjalanan jauh. 

Dirangkum Popmama.com, inilah kondisi mobil yang harus diperhatikan sebelum mudik Lebaran. 

1. Kondisi mesin harus prima

1. Kondisi mesin harus prima
Freepik/valuavitaly

Mesin adalah komponen utama dari sebuah kendaraan. Jika mesinnya bermasalah, kemungkinan besar perjalanan mudik dengan mobil akan terganggu. 

Penting sekali untuk melihat kondisi mesin sebelum perjalanan jauh.  Cara termudah yang bisa dilakukan adalah melakukan tune up standar. Jangan lupa meminta mekanik untuk membersihkan mesin, menyetel ulang klep, busi, dan mengganti oli. 

Yang tak boleh terlupa juga adalah memeriksa saluran bakar ke ruang bakar, apalagi jika ring piston sudah ada gejala aus. Pastikan itu harus diganti. 

2. Melihat kondisi radiator

2. Melihat kondisi radiator
Pexels/ Mike

Jika radiator bermasalah, maka mesin bisa bermasalah juga. Jadi pastikan untuk mengecek kondisinya. 

Radiator merupakan perangkat sistem pendinginan mobil yang sangat penting terutama saat mudik. Saat macet, suhu mobil harus stabil agar bisa meredam panas. Jika radiator bermasalah, maka suhu mobil bisa kelewat tinggi. 

Periksa kondisi cairan di radiator. Jika kondisinya meragukan, jangan ragu untuk menguras dan ganti dengan cairan baru. Cek juga apakah ada kebocoran sehingga bisa segera diganti sebelum berangkat. 

Hindari mengisi dengan air biasa karena bisa memengaruhi performanya jadi tidak maksimal. Radiator punya cara kerja berat dan perlu coolant karena memiliki kandungan yang dibutuhkan. 

Editors' Picks

3. Kondisi kaki-kaki dan rem

3. Kondisi kaki-kaki rem
Freepik/Janteeruk2018

Jika selama membawa mobil suka terdengar bunyi yang konsisten, mungkin itu berasal dari kaki-kaki. Peran kaki-kaki sangat penting untuk perjalanan jauh yang aman dan lancar. 

Pastikan untuk memeriksa komponen mulai dari suspensi, tie rod, ball joint, hingga pelek dan baut-bautnya. Cek pula kondisi kampas rem, jika terlihat ada gejala tidak enak digunakan, segera ganti dengan yang baru. 

4. Kondisi ban yang harus baik

4. Kondisi ban harus baik
Pexels/Bank

Selanjutnya adalah ban yang juga merupakan komponen penting untuk pulang mudik secara aman dan nyaman. kondisi ban yang tidak laik pakai mengurangi daya cengkram pada permukaan jalan. Tentu hal ini sangat berbahaya saat hujan atau di medan yang licin. 

Cukup dengan melihatnya, kamu bisa tahu apakah ban masih tebal atau sudah aus. Jika tidak yakin, bisa juga menggunakan alat pengukur ketebalan ban yang bisa dibeli di e-commerce. Paling mudah, minta sekaligus mengeceknya saat sedang ke bengkel. 

5. Lampu juga jangan sampai ada yang mati

5. Lampu juga jangan sampai ada mati
Pexels/Vraj Shah

Saat mekanik memeriksa mobil, minta juga untuk mengecek kelistrikan. Lihat apakah ada sambungan kabel yang bermasalah, kondisi kabel keseluruhan, serta bohlamnya dalam keadaan yang baik. 

Saat sein bermasalah, maka pengemudi sulit untuk belok atau pindah jalur. Hal ini tentu berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain juga. 

6. Wiper yang bagus

6. Wiper bagus
Freepik/Wirestock

Bulan ini masih suka hujan. Tentu ini berpengaruh jika sedang berada di jalanan saat hujan. Wiper mobil jadi kunci apakah perjalanan kamu tetap aman atau tidak. 

Jika karet wiper sudah kering atau aus, maka tidak bisa maksimal menyeka air yang menempel di kaca. Hasilnya, pemandangan berbayang dan mengganggu pengemudi. Lalu, jangan lupa untuk mengisi cairan wiper, ya. 

7. Pendukung kelengkapan lain

7. Pendukung kelengkapan lain
Freepik/Wavebreakmedia

Selain hal-hal di atas, saatnya melihat kelengkapan mobil. Alat-alat seperti P3K, surat kendaraan, segitiga pengaman, kunci-kunci hingga keperluan lain harus sudah lengkap di dalam. 

Jika semua sudah siap, tinggal masukkan semua perlengkapan yang diperlukan selama di perjalanan dan untuk di tempat tujuan. Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk