Menkes Sarankan Kirim Angpao Secara Digital saja, Ini 5 Aplikasinya

Solusi untuk mengirim angpao saat Imlek, Ma

9 Februari 2021

Menkes Sarankan Kirim Angpao Secara Digital saja, Ini 5 Aplikasinya
Freepik/Dragana_Gordic

Demi menekan angka penyebaran virus corona, Menteri Kesehatan (Menkes) menyarankan bagi-yang hendak mengirim angpao dilakukan dengan cara digital saja.

Imlek seyodyanya akan jatuh di hari Jumat (12/1), minggu ini. Biasanya, bagi kamu yang merayakannya, adalah waktu untuk berkumpul bersama keluarga disertai dengan bagi-bagi angpao untuk anak dan keluarga yang lebih muda. 

Dikarenakan pandemi, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyarankan untuk merayakan hari raya Imlek dengan cara baru. Tidak menghilangkan esensi perayaan Imlek, hanya saja dikemas dengan cara yang berbeda. 

Beberapa di antaranya adalah berkirim makanan dengan jasa ojek online, menampilkan acara barongsai via Youtube, dan membagikan angpao melalui dompet digital. 

Nah, untuk angpao sendiri dimana itu menjadi kebahagiaan yang cukup ditunggu, Popmama.com punya daftar aplikasi dompet digital nih Ma. berikut beberapa aplikasi dompet digital yang bisa jadi pilihan untuk mengirimkan angpao digital. Simak ya Ma.

1. Gopay, mulai dari bayar pulsa, tagihan, pembayaran toko offline, dan pastinya berkirim angpao

1. Gopay, mulai dari bayar pulsa, tagihan, pembayaran toko offline, pasti berkirim angpao
gojek.com

Berawal dari aplikasi pemesanan kendaraan online, kini melebar menambah dompet digital. Dikenal dengan nama Gopay, kamu bisa melakukan banyak transaksi di sini. 

Mulai dari bayar pulsa, bayar tagihan, maupun bayar di toko offline. Selain itu, kamu juga bisa transfer ke antar pengguna Gopay maupun ke bank, dengan biaya transfer sekitar Rp 2.500 sekali transaksi. 

Editors' Picks

2. Dana, kini sudah terhubung dengan ATM Bersama

2. Dana, kini sudah terhubung ATM Bersama
facebook.com/Danawallet

Berdiri dengan konsep awal dompet online, Dana juga memberikan banyak sekali fitur yang memudahkan penggunanya. Kamu bisa membayar segala macam tagihan dan menggunakannya sebagai salah satu metode pembayaran di merchant terkait. 

Dana juga sudah terhubung dengan ATM Bersama. Dengan memasukkan nomor telepon, kamu sudah bisa memiliki akunnya dan mentransfer ke sesama pengguna dengan memasukkan nomor telepon penerima. 

Untuk menarik atau memasukkan uang secara mandiri, kamu bisa juga memasukkan akun rekening bank. 

3. OVO, Aplikasi yang kini digandeng oleh Grab

3. OVO, Aplikasi kini digandeng oleh Grab
ovo.id

Satu lagi pilihan dompet digital lainnya adalah OVO. Aplikasi yang kini digandeng oleh Grab, sekarang merambah ke dompet digital dan memiliki banyak fitur. 

Tak hanya bisa membayar apa saja, bisa juga untuk transfer ke sesama pengguna dan ke bank juga. Yang paling favorit, OVO memiliki banyak promo baik di offline maupun di aplikasi. Sehingga aplikasi ini diminati banyak anak muda.

Kamu bisa menjumpai layanan dompet digitalnya melalui aplikasi Grab di toko aplikasi pada masing-masing gawaimu. 

4. Sakuku dari bank BCA

4. Sakuku dari bank BCA
bca.co.id

Bank juga mengeluarkan aplikasi untuk dompet online. Dikeluarkan oleh Bank Central Asia (BCA) kamu bisa memiliki Sakuku di ponsel hanya dengan memasukkan nomor telepon. 

Seperti layanan dompet digital lain, yang satu ini juga tidak dibebankan biaya bulanan, meski dikeluarkan oleh bank. 

Kamu bisa membeli paket data, pulsa, tiket bioskop, membayar di toko buku, dan lainnya di sini. Yang paling penting, bisa transfer ke sesama pengguna maupun ke akun bank lainnya. 

5. LinkAja, pioneer E-Wallet di Indonesia

5. LinkAja, pioneer E-Wallet Indonesia
linkaja.id

Inilah salah satu pioneer E-wallet di Indonesia. Berasal dari Bank Mandiri, ada dompet digital bernama LinkAja. 

Sebelumnya, aplikasi ini bernama tCash dan bisa digunakan dengan ditempelkan ke ponsel. Kini sudah berubah menjadi LinkAja dan bisa digunakan untuk berbagai transaksi offline dan online. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk pembayaran dan transfer ke sesama pengguna dan ke antar bank. 

Itulah 5 aplikasi dompet online yang bisa jadi pilihan untuk kirim-kirim angpao ke keluarga dan saudara besar. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.