TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pengertian Self Healing Serta Cara Melakukannya, Jangan Salah Kaprah

Sekarang, semua hal yang dilakukan atas nama healing

24 November 2022

Pengertian Self Healing Serta Cara Melakukannya, Jangan Salah Kaprah
Freepik/jcomp

Beberapa tahun belakangan, masalah mental sudah bukan hal yang tabu lagi. Sehingga, jika ada yang merasa terguncang, bisa dengan mudah menyebut pelariannya sebagai self healing

Sedang sakit hati, kamu bisa melakukan apa saja atas nama healing. Sedang sedih akan keadaan yang menimpamu, kamu bisa saja mengabaikan keamanan dan keselamatan diri atas nama healing. 

Sebelum makin liar, mari ketahui bersama apa itu arti healing dan hal apa saja yang termasuk dalam kegiatan untuk healing bersama Popmama.com

1. Kata 'healing' yang sering disalahartikan

1. Kata 'healing' sering disalahartikan
Freepik/spukkato

Saat ini, banyak orang yang menggunakan kata healing untuk melakukan hal yang diinginkannya ketika ia merasa terluka, sedih, atau depresi. Padahal, belum tentu yang dilakukannya benar-benar healing. 

"Kata healing saat ini sering jadi abuse word," ujar seorang mental health practitioner, Adjie Santosoputro dalam acara peluncuran Bio Oil (Natural).

Lebih lanjut, Adjie mengungkapkan bahwa yang dilakukannya bisa bertolak belakang dengan healing. 

"Misal, waktu sedih, aku mau healing yaitu jadian dengan orang baru. Itu bukan healing tapi namanya pelampiasan," lanjutnya. 

Jangan sampai melakukan hal yang sebenarnya tidak baik untuk diri dan orang lain, atas dasar nama healing.

Editors' Picks

2. Healing tidak sama dengan pelarian atau pelampiasan

2. Healing tidak sama pelarian atau pelampiasan
Freepik/yanalya

Kata yang satu ini identik dengan kesehatan mental. Self healing atau penyembuhan diri sendiri tidak sesimpel melakukan apa saja yang diinginkan, walaupun itu salah. 

Dilansir dari laman unair.ac.id, self healing termasuk teknik yang dilakukan ketika terjadi gangguan psikologis. Penyembuhan luka batin ini bisa dilakukan dengan cara relaksasi pernapasan, meditasi, dan yoga. 

"Healing itu bukan pelarian atau pelampiasan. Menemui apa adanya pikiran dan perasan kita, tapi tidak terseret itu semua, itu healing," lanjut Adjie. 

3. Mengenal jenis self healing

3. Mengenal jenis self healing
Freepik

Sebenarnya, tidak terbatas apa saja kegiatan yang bisa jadi wadah untuk self healing, asal tidak disalah maknakan. 

Beberapa jenis kegiatan self healing yang bisa dilakukan adalah me time, berbicara dengan diri sendiri dengan sejujur-jujurnya, dan memaknai masa lalu. 

Kegiatan lain yang bisa dicoba adalah menulis ekspresif. Di mana kamu bisa menuliskan apa saja yang sedang dirasakan pada saat itu. Dengan teknik ini, proses penyembuhan bisa lebih baik dan memberikan gambaran dari sudut pandang lain. 

4. Cara mudah melakukan healing

4. Cara mudah melakukan healing
Freepik/wayhomestudio

Adjie pun sempat membagikan bagaimana cara melakukan healing yang benar dan tepat. Tak perlu alat, hanya perlu diri kamu dan pikiran kamu sepenuhnya. 

"Kita bisa latihan dengan duduk diam, pejamkan mata dan menerima semua perasaan yang muncul. Sadari, temui, tidak diusir, namun kita tidak terseret dengan itu semua," ungkapnya. 

Jika mulai terbawa perasaan yang mungkin tidak nyaman atau tidak menyenangkan, maka pastikan bahwa kamu cukup kuat untuk melawan dan mempertahankan perasaan. 

Jika merasa pengalaman buruk yang dialami terlalu berat untuk diingat sendiri, jangan ragu untuk mendatangi bantuan profesional untuk mendapat tuntunan yang tepat. 

Jadi, jangan salah anggap tentang self healing lagi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk