5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lelah saat Bangun Tidur

Suasana tidur yang tidak nyaman bisa jadi salah satu penyebabnya

22 Juni 2021

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Lelah saat Bangun Tidur
Freepik/wayhomestudio
Dok. Jovee

Tidur merupakan salah satu cara beristirahat untuk mengembalikan energi. Namun bagaimana kalau ternyata kamu tetap lelah setelah tidur?

Menurut aturan dari National Sleep Foundation AS, orang dewasa baiknya memiliki waktu tidur antara 7 sampai 9 jam setiap harinya. Jika kurang dari itu, bukan tidak mungkin kamu bisa tetap merasa lelah meski sudah tidur. 

Nah, selain pengaruh durasi tidur, ternyata ada penyebab lainnya yang mungkin Mama sering lakukan juga. 

Dilansir dari Medical News Today, Popmama.com akan merangkumkan apa saja penyebab kamu lelah saat bangun tidur.

1. Kebiasaan tidur yang kurang tepat

1. Kebiasaan tidur kurang tepat
Freepik/wayhomestudio

Ternyata, tidur perlu persiapan yang matang juga. Menurut National Sleep Foundation, kebiasaan dan cara tidur yang tepat bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang sehingga bisa bangun dengan segar dan aktif. 

Lalu, apa saja sih kebiasaan tidur yang kurang tepat? 

Pertama, tidak punya jam tidur yang rutin sehingga tubuh kesulitan mengatur jam biologis. Kemudian, melakukan tidur siang lebih dari 30 menit sehingga kesulitan tidur malam. 

Juga, sering melihat komputer dan ponsel 2 jam sebelum tidur. Hal ini membuat otak sulit beristirahat dengan cepat, meski matamu sudah sangat mengantuk. 

Jadi, pastikan untuk mengatur segalanya agar tubuh dan otak sama-sama beristirahat saat tidur malam, ya. 

Editors' Picks

2. Suasana tidur yang kurang mendukung

2. Suasana tidur kurang mendukung
Freepik/yanalya

Selain kebiasaan pendukung, kamu juga bisa bangun tidur dengan kelelahan karena suasana dan tempat tidur yang tidak nyaman. 

Menurut salah satu peneliti tentang tidur di Henry Ford Hospital, Detroit, AS, Christopher Drake, PhD, tidur dengan lampu menyala bisa mengurangi kualitas tidur seseorang sehingga membuatnya mudah lelah saat siang. 

Menurut Drake, menjelang tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin dan adanya cahaya bisa memperlama tubuh memproduksi hormon tersebut. Tak heran ya jika kamu sering merasa lelah meski telah tidur semalaman. Mungkin bisa coba matikan lampu, Ma. 

Hal ini berlaku juga untuk suasana tidur yang terlalu berisik. Di mana otak kesulitan untuk beristirahat karena kerap terjaga mendengar suara di sekitar. 

3. Kasur dan bantal yang tidak nyaman

3. Kasur bantal tidak nyaman
Freepik/jcomp

Saat lelah, kamu bisa saja langsung tertidur tanpa memerdulikan di mana kamu merebahkan badan. Namun jika terus tidur dengan kasur dan bantal yang tidak nyaman, maka bisa membahayakan tubuh dan mental. 

Dari sleepadvisor.org disebutkan bahwa salah satu penyebab kamu sering merasa lelah setelah tidur lama adalah karena kasur dan bantal yang tidak nyaman. 

Jika dibiarkan, hal ini bisa memengaruhi suasana hati, perasaan lelah sepanjang hari, dan kesulitan berkonsentrasi saat bekerja. 

Kalau memang perlu mengganti kasur atau bantal, jangan ditunda-tunda, ya!

4. Pilihan makanan dan minuman sebelum tidur

4. Pilihan makanan minuman sebelum tidur
Freepik/teksomolika

Penting sekali untuk bijak dalam memilih makan dan minuman yang akan dikonsumsi pada malam hari. Salah satunya adalah minuman yang terlalu banyak kafein bisa membuat kamu sulit tidur. 

Meski tubuh dan mata sudah sangat lelah, namun jantung tetap berdebar dan kewaspadaan terus meningkat. Sehingga, kamu akan lebih sulit tidur. Sedangkan sifat kafein yang diuretik membuat kamu harus sering bolak balik ke toilet. 

Kafein tak hanya ada di kopi namun juga ada di teh dan coklat. Jadi, perhatikan asupan sebelum tidur, ya!

5. Mengalami gangguan tidur

5. Mengalami gangguan tidur
Freepik/karlyukav

Ada banyak gangguan tidur yang bisa dialami seseorang dan mungkin tidak disadarinya. Seperti sleep movement disorders yang membuat orang kerap melakukan gerakan saat tidur. 

Beberapa contohnya adalah menggerakkan kaki saat tidur dan mengatupkan atau menggertakkan gigi saat tidur. 

Bisa juga karena sleep apnea yaitu gangguan yang menyebabkan pernapasan berhenti berkala saat tidur. Penderita sleep apnea sering merasa lelah saat bangun tidur, bangun dengan mulut kering, dan sering pusing saat bangun. 

Jika gangguan tidur mulai meresahkan, jangan ragu untuk mendatangi tenaga profesional untuk mendapat bantuan yang tepat. 

Itu dia beberapa kemungkinan penyebab kamu kerap merasa lelah setelah tidur dianggap sudah cukup. Segera cari tahu masalahnya dan perbaiki agar pagi hari kamu lebih segar, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.