Self Love Marshanda: Mencintai Diri Sendiri saat Sedang Tidak Baik

Mencintai diri sendiri tak hanya saat sedang merasa senang atau bahagia saja

29 Oktober 2021

Self Love Marshanda Mencintai Diri Sendiri saat Sedang Tidak Baik
Instagram/Marshanda99

Salah satu artis yang terbuka dengan keadaan dirinya adalah Marshanda. Ia mengungkapkan bahwa self love bisa dilakukan kapan saja. 

Di kala banyak orang masih merasa tabu dengan perbincangan mengenai kesehatan mental, Marshanda sudah terbuka. Memang tidak bisa diterima semua orang, namun kejujurannya kini mendapat sambutan baik dari banyak pihak. 

Ia pun mengungkapkan bagaimana caranya menjalani hidup dengan bipolar, serta bagaimana menjaga semuanya agar tidak jatuh dalam episode yang bisa menenggelamkan dirinya lagi. 

Dirangkum Popmama.com, inilah cara Marshanda mencintai dan menemukan dirinya sendiri. 

1. Penting untuk selalu mencintai diri sendiri

1. Penting selalu mencintai diri sendiri
instagram.com/marshanda99

Saat ini sedang ramai diperbincangkan masalah mengenai self love atau mencintai diri sendiri. Menurut Marshanda, yang penting adalah bagaimana kamu bisa menerima dan tetap mencintai diri sendiri saat sedang tidak baik-baik saja. 

"Self love itu nggak cuma sayang sama diri kita pas lagi baik-baik saja, tapi kalau kita lagi breakdown, kita nggak apa-apa sama proses itu, itu salah satu dari self love," ungkapnya dalam salah satu wawancara di Youtube. 

Perempuan berumur 32 tahun itu melanjutkan, seringnya orang akan memendam perasaan tidak nyamannya tersebut karena takut mengganggu keseharian, atau dianggap sedang tidak baik-baik saja. Padahal, hal ini bisa jadi besar di kemudian hari. 

Jadi, tak apa jika sedang tidak baik-baik saja. Akui, validasi, dan terima dengan sebaik-baiknya. 

Editors' Picks

2. Tengah mengurangi dosis obat untuk bipolarnya

2. Tengah mengurangi dosis obat bipolarnya
Pexels/Anna Shvets

Mama 1 anak ini mengaku sudah mengonsumsi obat untuk bipolarnya sejak 2007. Sedangkan selama 3 bulan terakhir ini ia sedang berusaha menurunkan dosisnya. 

"Tujuan aku memang sedang mengurangi dosis obat-obatan bipolar, salah satunya terapi ke AS karena ada beberapa yang tidak ada di Indonesia," lanjutnya. 

Di sana, ia melakukan 4 jenis terapi berbeda, salah satunya adalah suntik ketamin. Meski di Indonesia obat tersebut ilegal, namun tidak dengan di California, AS. 

"Aku di klinik kesehatan, dengan dokter, dan menggunakan dosis yang bahkan dihitung sesuai berat badan, jadi nggak over," ujarnya.

Ia mengaku, dengan menjalani terapi ini, proses pengurangan dosisnya bisa berjalan dengan lebih mulus dan tidak terlalu bergejolak. 

3. Memutuskan untuk berhenti mengikuti label kecantikan yang diakui

3. Memutuskan berhenti mengikuti label kecantikan diakui
instagram.com/marshanda99

Seperti diketahui, Marshanda sedang mengadakan kampanye body positivity. Bukan tanpa alasan, ia melakukannya karena menyayangi dirinya sendiri. Selama ini, ia selalu mengonsumsi obat pengurang nafsu makan agar berat badannya tetap ideal.

Dalam salah satu vlognya, ia pernah berkata ia harus berhenti membunuh diri sendiri agar orang lain bisa hidup. Yang maksudnya, ia harus berhenti berpura-pura mengikuti standar yang diakui masyarakat agar dirinya bisa diterima. 

"Sebagai perempuan, apalagi di dunia entertainment, harus kurus, jadi mau nggak mau aku minum obat pengurang nafsu makan. Tapi beberapa bulan lalu aku mutusin buat nggak, aku mau berhenti, mau sehat, mau menerima diri sendiri," ujarnya. 

Ia mengetahui bahwa setelah berhenti obat pengurang nafsu makan, otomatis akan ada lonjakan berat badan karena efek dari obat bipolarnya. 

"Aku tahu ketika berhenti obat penahan nafsu makan, pasti ada beberapa bulan beratnya akan naik banget karena efeknya kayak rebound," lanjutnya. 

Namun ia memilih untuk menerima dirinya sendiri dan tak memerdulikan apa kata orang lain. Meski itu harus keluar dari standar kecantikan yang diakui masyarakat. 

"Aku rasa aku bisa bikin orang lain nggak ngerasa sendiri,"

4. Ia tak ingin terpaku pada satu tujuan saja

4. Ia tak ingin terpaku satu tujuan saja
Instagram.com/marshanda99

Dahulu, saat ditanya ingin jadi apa, anak-anak akan menjawab satu jenis jawaban saja. Padahal, kamu bisa saja melakukan banyak hal dan tetap jadi yang terbaik. 

Inilah yang akhirnya diputuskan oleh Marshanda. Ia tak ingin memiliki satu jenis karya saja. Ia ingin mencoba semuanya dan menurutnya tak ada yang salah akan hal tersebut. 

"Kamu nggak akan pernah tahu apa nama karya yang kamu buat dan akan selalu seperti itu. Nanti kamu akan menemukan jawabannya dalam setiap kali membuat proses dalam karya itu sampai selesai. Proses hidup kamu akan terus begitu. Nggak ada gunanya mempertanyakan itu, terima diri kamu yang penuh warna dan nggak usah merasa salah seakan-akan ada keharusan harus satu," tuturnya saat ditanya ingin terkenal sebagai apa. 

Seperti diketahui, Marshanda adalah artis yang cukup multitalenta. Ia bisa berakting, bernyanyi, dan banyak lagi. 

Itu dia bentuk Marshanda dalam mencintai dirinya sendiri, serta bagaimana ia menemukan dirinya sendiri. Semoga bisa jadi inspirasi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk