5 Sumber Vitamin C yang Murah dan Mudah Didapat

Vitamin C bisa membantu meningkatkan imun, tak perlu yang mahal

7 April 2020

5 Sumber Vitamin C Murah Mudah Didapat
freepikcom/freepik

Salah satu cara menguatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Sayangnya, kini banyak suplemen vitamin C yang habis karena diburu banyak orang. Selain itu, buah-buahan yang dikenal kaya vitamin C pun jadi langka dan mahal. 

Jangan dulu menyerah, karena masih banyak sumber vitamin C lain yang tak kalah tinggi kandungannya. Kabar baiknya lagi, sumber ini pun murah dan mudah didapat. 

Sumber vitamin C ini ada yang berasal dari buah dan ada yang berasal dari sayur. Apa saja? Berikut rangkumannya dari Popmama.com.

1. Tomat

1. Tomat
Freepik/azerbaijan_stockers

Banyak yang memandang sebelah mata tomat dalam urusan kandungan vitamin. Padahal, buah sayur ini memiliki kandungan vitamin C mencapai 58 mg per 100 grnya. 

Tomat dikenal baik mampu menjaga kesehatan kulit dan juga menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa mendapatkan 1 kg tomat hanya dengan harga sekitar Rp 12.000-Rp 15.000 saja. 

Sedangkan cara mengonsumsinya pun banyak. Bisa dimakan langsung, dibuat jus, atau dicampur dalam menu makanan. Sama-sama enak, kok!

Editors' Picks

2. Kubis

2. Kubis
Freepik

Tahukah kamu, bahwa kandungan vitamin C yang ada di kubis bahkan lebih tinggi dari jeruk. Dalam 1 cangkir kubis, terkandung vitamin C sebanyak 80,4 mg. 

Selain vitamin C, kubis juga mengandung mineral dan asam lemak yang baik untuk tubuh. 

Kubis sangat mudah didapatkan di mana-mana dan tersedia dalam beberapa jenis. Kamu bisa membuat kubis sebagai campuran salad, atau masuk dalam menu masakan. 

3. Pepaya

3. Pepaya
Freepik/bowonpat

Pepaya juga memiliki kandungan yang tingginya mirip dengan kubis yaitu sekitar 88,3 mg per 1 cangkir. Buah berwarna oranye ini juga bisa membantu membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang. 

Harga per kg nya sangatlah murah. Ada yang mulai Rp 10 ribu saja. 

Sedangkan untuk penyajiannya bisa dipotong-potong dan disiram perasan jeruk nipis untuk rasa yang segar. Ingin yang gurih? Campurkan pepaya dengan susu putih atau santan segar. 

4. Jeruk peras

4. Jeruk peras
Freepik/drobotdean

Akhir-akhir ini jeruk jadi buah yang banyak dicari karena dikenal sebagai sumber vitamin C. Tak heran harganya jadi tinggi. Bahkan seringnya jeruk habis karena banyak yang membeli. 

Selain membeli jeruk buah, kamu masih bisa membeli jeruk peras. 

Dalam 100 gr buah jeruk peras terkandung 30 IU vitamin C. Kamu bisa memeras buah sebanyak yang diinginkan dan kebutuhan vitamin C tubuh pun terpenuhi dengan mudah. 

Harga 1 kg jeruk peras sekitar Rp 15.000 dan bisa dibuat sari jeruk sekitar 2 gelas. Sangat cukup untuk keperluan vitamin C harian kamu.

5. Jambu klutuk

5. Jambu klutuk
Freepik

Jambu klutuk merah sedang musim sekarang ini, saatnya memborong. Buah ini memiliki kandungan 200 mg vitamin C dalam per 100 grnya. 

Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi jus. Namun pastikan untuk tidak terlalu banyak memasukkan gula atau susu dalam jusnya, ya. 

Itulah alternatif sumber vitamin C yang bisa kamu cari untuk memenuhi kebutuhan asupan harian. Masih banyak pilihan sehat dan terjangkau untuk menjaga imunitas tubuh. Tetap sehat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.