Apa Penyebab Pasangan Gancet? Ketahui Penjelasan Ilmiahnya

Jangan salah kira ya, Ma

9 Oktober 2019

Apa Penyebab Pasangan Gancet Ketahui Penjelasan Ilmiahnya
Pexels/Luizclas

Beberapa kali beredar video viral di mana ada pasangan gancet ketika melakukan hubungan badan. Laki-laki tidak memisahkan tubuhnya dari sang perempuan. Ini sungguh heboh dan memalukan. 

Namun pada kondisi kesehatan tertentu, kejadian pasangan gancet ternyata memang bisa terjadi. Jangan dihina, orang yang mengalaminya ternyata benar-benar membutuhkan pertolongan cepat.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya untuk kamu ketahui.

1. Apa itu pasangan gancet?

1. Apa itu pasangan gancet
thegloss.com

Pasangan gancet adalah kondisi penis tidak bisa keluar dari vagina pada saat bersenggama. Fenomena ini sering dikaitkan dengan ketulah jika seseorang berhubungan badan padahal mereka bukan pasangan sah. 

Sebenarnya, dalam dunia medis ada istilah Penis Captivus yang masuk sebagai salah satu bentuk dari Vaginismus. Kamu perlu mengetahui penjelasan ilmiahnya lebih lanjut.

Editors' Picks

2. Otot vagina mengencang hingga penis tidak bisa dicopot saat penetrasi

2. Otot vagina mengencang hingga penis tidak bisa dicopot saat penetrasi
Pexels/Ana Maria Moroz

Vaginismus adalah gangguan pada vagina perempuan, di mana otot di sekitar vagina mengencang dengan sendirinya saat mengalami penetrasi seksual. Vaginismus tidak memengaruhi gairah seksual seseorang, namun dapat menghambat ketika melakukan hubungan badan. 

Seorang perempuan yang mengalami vaginismus akan kesulitan mengontrol area vaginanya. 

Hal ini juga bisa terjadi pada anus, di mana pasangan sejenis melakukan hubungan melalui lubang belakang dan ini dianggap tidak wajar.

Sementara Penis captivus adalah kejadian langka dalam hubungan seks ketika otot vagina menjepit penis jauh lebih kuat ketimbang biasanya, sehingga penis tidak bisa lepas atau ditarik keluar dari vagina. Masalah kesehatan ini sudah dimuat di British Medical Journal sejak tahun 1979. 

Kasus paling awal yang pernah terdokumentasi dalam jurnal kesehatan terjadi pada tahun 1947.

3. Penyebab gancet karena vaginismus bisa dipicu faktor fisik atau psikis

3. Penyebab gancet karena vaginismus bisa dipicu faktor fisik atau psikis
Pexels/Roberto Nickson

Vaginismus yang menyababkan pasangan gancet bisa terjadi karena faktor fisik. Seorang perempuan yang sudah tua, dirinya bisa saja mengalami kontraksi otot vagina yang tidak normal ini. Namun selain itu ada faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat menjadi pemicu kondisi ini. 

Misalnya dari segi fisik masalah kejang otot vagina dapat terjadi karena ada infeksi pada labia, luka bekas melahirkan yang tidak sembuh sempurna, atau gangguan pada selaput dara.

Dari segi psikologis, kejang otot vagina ini mungkin muncul sebagai reaksi penolakan, ketakutan atau trauma. Misalnya karena takut hamil, trauma terhadap kekerasan seksual, khawatir atau kaget saat dipergoki berhubungan badan.

Berhubungan badan secara diam-diam juga bisa memicu pasangan gancet bagi perempuan yang memiliki riwayat vaginismus.

Misal, ketika sedang bercinta lalu tiba-tiba dipergoki oleh si Kecil. Ini juga cukup mengagetkan dan memicu ketegangan termasuk bagi otot vagina secara mendadak.

Itulah penyebab pasangan gancet dan penjelasannya secara ilmiah. Gancet saat bercinta bisa terjadi pada siapa saja. Pastikan kamu dan pasangan melakukannya dengan rileks agar bisa menikmati hubungan cinta di atas ranjang.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!