Walau Langka, Ini 5 Manfaat Buah Gandaria alias Jatake untuk Kesehatan

Ada yang sudah mengenal buah ini? 

26 Desember 2019

Walau Langka, Ini 5 Manfaat Buah Gandaria alias Jatake Kesehatan
specialtyproduce.com

Gandaria (Bouea macrophylla Griffith) atau sering dikenal dengan jatake sebagai nama lokal biasanya hidup di daerah tropis. 

Buah ini asli Indonesia dan dapat ditemui di beberapa tempat seperti Sumatera Utara, Jawa Barat serta Semenanjung Malaysia. Meskipun begitu, buah gandaria sudah mulai dibudidayakan di wilayah Indonesia bagian Thailand

Perlu Mama ketahui bahwa buah gandaria masih masuk ke dalam famili dari mangga. Hal inilah yang membuatnya hampir menyerupai mangga bulat berukuran kecil hanya saja berbentuk oval dengan ukuran panjang sekitar 4-7 cm. 

Gandaria yang berwarna hijau biasanya digunakan sebagai campuran sambal, asinan bahkan rujak. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui manfaat alami dari buah gandaria, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Cari tahu informasi baru mengenai buah gandaria ini yuk, Ma!

1. Meningkatkan kesehatan mata menjadi lebih optimal

1. Meningkatkan kesehatan mata menjadi lebih optimal
star2.com

Mirip seperti mangga, buah ini memiliki biji berwarna putih serta ungu muda di dalam buahnya. Ketika dikonsumsi, buah gandaria memiliki nutrisi serta khasiat yang cukup beragam. Salah satu yang bisa dirasakan usai mengonsumsi buah gandaria yakni meningkatkan kesehatan mata. 

Sebagai indera yang begitu penting sebagai penglihatan, maka kesehatan mata perlu dijaga dari berbagai jenis masalah dan penyakit. 

Perlu Mama ketahui bahwa buah gandaria mengandung beta karoten di mana zat tersebut akan berubah menjadi vitamin A saat berproses dalam tubuh, sehingga ini akan baik untuk kesehatan mata. 

Demi menghindari berbagai hal yang tak diinginkan, maka asupan makanan bergizi termasuk buah gandaria mampu menjaga kemampuan mata agar tetap berfungsi secara optimal. 

2. Melembapkan dan menjaga kesehatan kulit 

2. Melembapkan menjaga kesehatan kulit 
Freepik/Katemangostar

Kulit kusam dan timbul jerawat tentu menjadi salah satu masalah utama yang seringkali membuat seseorang menjadi tidak nyaman, terutama dalam menjalani aktivitas keseharian. Tak jarang beberapa orang mengutamakan mengonsumsi buah serta sayuran bergizi untuk menjaga kesehatan kulit. 

Demi mengatasi berbagai permasalahan kulit, buah gandaria bisa menjadi salah satu solusi karena mengandung vitamin C. Perlu Mama ketahui bahwa vitamin C yang terdapat pada buah ini mampu memproduksi kolagen secara maksimal, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit. 

Kolagen juga memiliki peran penting bila ada luka di kulit karena bisa mempercepat penyembuhan luka serta membantu peremajaan kulit. Peremajaan ini mampu menghambat atau memperbaiki kulit yang sudah mulai berubah akibat bertambahnya usia, sehingga perlahan-lahan mampu mengembalikan ke keadaan kulit saat usia masih muda.

Selain itu, kandungan air di dalam buah gandaria mampu melembapkan kulit yang selalu terasa kering. Beberapa orang mengolah buah ini menjadi sebuah jus, sehingga menjaga kesehatan kulit menjadi lebih optimal. 

Editors' Picks

3. Mencegah terjadinya masalah pencernaan, termasuk sembelit 

3. Mencegah terjadi masalah pencernaan, termasuk sembelit 
Freepik/jcomp

Sembelit atau konstipasi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang memicu seseorang merasa kesulitan untuk buang air besar. Ketidaknyamanan ini seringkali membuat perut seolah sesak bahkan segala jenis makanan yang dikonsumsi seolah-olah membuat tubuh semakin bertambah berat. 

Sebelum masa pencernaan menganggu kesehatan, maka ada baiknya dicegah dengan mengonsumsi buah gandaria. Kandungan yang cukup memiliki banyak serat mampu melancarkan pencernaan. 

Jika dikonsumsi secara rutin, setidaknya ini dapat membantu mengurangi masalah sembelit. 

4. Mengoptimalkan sirkulasi darah dan kinerja otak

4. Mengoptimalkan sirkulasi darah kinerja otak
Freepik/Korrakot-sittivash

Ma, sudah tahu belum kalau tubuh manusia terdapat air sebanyak 55%, sehingga perlu sekali dicukupi kadarnya agar jumlahnya masih dapat dikategorikan normal. Darah pun membutuhkan kadar air yang cukup karena bermanfaat untuk menjaga sistem peredaran darah tetap lancar. 

Kadar air yang cukup di dalam tubuh juga mapu menjaga kelancaran serta kekentalan dalam sistem peredaran darahnya. 

Darah kita membutuhkan air untuk menjaga kekentalan dalam sistem peredaran darahnya. Konsumsi jus buah gandaria dapat memberikan asupan air yang baik bagi peredaran darah dan membuatnya menjadi lebih lancar. 

Dengan mengonsumsi buah gandaria, kandungan airnya juga dapat menjaga fungsi otak menjadi lebih baik. Apalagi perlu diketahui bahwa 70% otak terdiri dari air. 

5. Menjaga kesehatan jantung dari berbagai macam penyakit 

5. Menjaga kesehatan jantung dari berbagai macam penyakit 
Freepik

Ketika aliran darah sudah mengalir cukup baik ke seluruh tubuh usai mengonsumsi buah gandaria, maka kinerja berbagai organ tubuh pun semakin baik. Hal ini pun juga akan membantu organ jantung berfungsi dengan lebih baik. 

Sebuah hasil penelitian yang dikumpulkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada September tahun 1999 pun mengatakan bahwa serat pada buah gandaria mampu mengoptimalkan organ dalam seperti jantung untuk melawan berbagai penyakit.  

Maka dari itu, tidak ada salahnya mengonsumsi buah gandaria karena kaya akan serat. Demi membantu kesehatan agar terhindar dari penyakit yang menyerang jantung nih, Ma. 

Buah gandaria cocok untuk diolah menjadi jus yang menyehatkan, rujak atau manisan karena kandungan air serta rasanya yang manis. Pengoalahan yang tepat dapat meningkatkan khasiatnya untuk tubuh. 

Semoga informasi baru kali ini mengenai buah gandaria bisa berguna ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!