Soraya Larasati Ungkap Rahasia Mengajarkan Anak Gemar Berolahraga

Kira-kira apa saja tipsnya ya, Ma?

7 Maret 2019

Soraya Larasati Ungkap Rahasia Mengajarkan Anak Gemar Berolahraga
Popmama.com/Mathea F. Gioli

Sebagai seorang Mama, Soraya Larasati berusaha menerapkan pola hidup sehat di keluarga termasuk berolahraga. 

Menurutnya, pola hidup sehat ini memang perlu diterapkan sejak dini agar menjadi sebuah kebiasaan positif yang akan terus dilakukan. 

"Anak itu akan meniru perilaku kedua orangtuanya, baik atau buruk akan dicontoh. Saat aku ingin mereka gemar berolahraga, maka aku berusaha untuk memperlihatkan kecintaanku terhadap olahraga. Mulai dari rajin hingga berkomitmen untuk berolahraga. Dengan begitu, mereka akan dengan sendirinya meniru. Papanya suka banget basket, Dafa pun mulai ikut-ikutan dan semakin tertarik sekarang," ucap Mama dua anak ini. 

Olahraga basket memang salah satu olahraga pilihan yang cocok dimainkan anak-anak apalagi jika dirinya ingin meningkatkan tinggi badan secara optimal. Dalam satu jam permainan basket, tanpa disadari tubuh akan membakar lemak hingga 630-750 kalori. 

Selain itu, permainan bola basket dapat memperkuat  daya tubuh si Kecil menjadi lebih terlatih sempurna karena terbiasa berlari dan melompat. 

Jika Mama ingin berusaha mengajarkan anak-anak di rumah lebih gemar berolahraga, kali ini Popmama.com sudah mewawancarai Soraya Larasati sebagai Millennial Mama of the Month Edisi Maret 2019 mengenai beberapa tips dalam mengajarkan beberapa tips dalam mengajarkan pola hidup sehat khususnya olahraga.

1. Memberi contoh sebagai panutan 

1. Memberi contoh sebagai panutan 
Popmama.com/Mathea F. Gioli

Anak-anak pasti akan meniru orangtuanya ya, Ma. Apalagi kalau yang ditiru seolah memberikan contoh-contoh baik dan positif. 

Tak hanya mencontoh sifat orangtuanya saja, si Kecil pun akan melihat perilaku keseharian dari orang-orang di sekeliling khususnya Mama dan Papa. 

"Sebagai orangtua, kita harus berusaha menjadi memberikan contoh sebagai panutan anak-anak. Jika kita ingin anak mulai berolahraga, maka harus memperlihatkan ke mereka kalau orangtuanya juga rutin olahraga," ucap Soraya Larasati disela waktu pemotretan Millennial Mama of the Month. 

Jika orangtua memberikan contoh yang baik seperti rajin berolahraga dan hidup sehat. Tanpa disadari anak-anak akan menerima banyak pelajaran positif. Dari sinilah perkembangan karakter si Kecil bisa terbentuk sesuai keinginan orangtua. 

Baca juga: Tips Soraya Larasati Saat Mengatasi Kecemburuan Anak Pertama

Editors' Picks

2. Mengajak dan memperkenalkan tempat olahraga ke anak 

2. Mengajak memperkenalkan tempat olahraga ke anak 
Popmama.com/Mathea F. Gioli

Soraya Larasati juga menyarankan untuk para orangtua lebih berusaha memperkenalkan hal-hal kecil yang menjurus ke bidang olahraga. Mama perlu mengajak anak-anak ke tempat yang dapat memicunya hidup sehat. 

"Jika nantinya anak sudah mulai tertarik ke salah satu bidang olahraga, orangtua tidak ada salahnya untuk memasukkan anak-anak ke sebuah klub olahraga," ucap Soraya Larasati. 

Pola pikir Soraya Larasati ini tanpa disadari dapat membuat anak-anak merasa dirinya berharga. Saat dihargai atau sekedar dipuji, si Kecil akan lebih rajin berolahraga dan menjadikan pola hidup sehat menjadi sebuah rutinitas. Selain itu, memasukkan anak-anak ke sebuah klub olahraga dapat membantunya bersosialisasi dengan baik termasuk bekerja sama dalam sebuah tim. 

Cara Soraya Larasati ini bisa menjadi salah satu panutan dalam mengajarkan anak rajin berolahraga nih, Ma!

3. Menciptakan aktivitas berolahraga bersama

3. Menciptakan aktivitas berolahraga bersama
Popmama.com/Mathea F. Gioli

Menciptakan kebersamaan berolahraga dengan anak-anak memang perlu dilakukan orangtua. Selain merasa ditemani dan didukung, cara seperti ini tentu membantu si Kecil lebih semangat untuk berolahraga.

Melalui Instagram pribadinya, Soraya Larasati juga sempat beberapa kali mengajak kedua anaknya berenang. Istri dari Doni Amaldi ini mengakui kalau beberapa kali mengajak anaknya bersepeda. 

Seperti Soraya Larasati, Mama bisa mencari tahu olahraga apa saja yang anak-anak minati. Tujuannya agar menciptakan aktivitas positif dengna berolahraga bersama keluarga. 

Itulah beberapa tips dari Soraya Larasati, kira-kira sudah menemukan inspirasi untuk mengajarkan anak gemar berolahraga belum nih, Ma? 

#MillennialMamaoftheMonthEdisiMaret2019 – Soraya Larasati

Production - Popmama.com 
EditorinChief - Sandra Ratnasari
Fashion&BeautyEditor - Onic Metheany  
FashionStylist – Sarrah Ulfah
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
SocialMedia - Sekar Retno Ayu
Photographer - Mathea F. Gioli
Videographer - Bima Bintoro
ArtDesigner – Rezty Vernita Sari 
Makeup&HairDo – Linda Kusumadewi
Allwadrobeby:
Pyuka Official
Mothercare
Style Theory
Location - Celebrity Fitness Indonesia, Gandaria City

#MillennialMama of the Month

Soraya Larasati
Millennial Mama

Soraya Larasati

"Motherhood is a choice I make everyday"

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!