Belum Vaksin? Yuk Daftar via Aplikasi dan Datangi Sentra Vaksinasi Ini

Masih bingung cari tempat vaksin? Yuk, cek daftarnya di sini!

24 Agustus 2021

Belum Vaksin Yuk Daftar via Aplikasi Datangi Sentra Vaksinasi Ini
Pexels/Markus Winkler
Ilustrasi

Mendukung percepatan vaksin bagi keamanan hidup di masa pandemi Covid-19, harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selain Pemerintah tentunya, kita sebagai masyrakat juga seharusnya merespons niat baik tersebut dengan benar.

Sebaiknya kamu divaksin Ma! Kalau bingung harus kemana Popmama.com punya rekomendasi perusahaan yang memiliki perhatian terhadap percepatan vaksin di Indonesia.

Jadi kamu bisa kangsung daftar deh, simak informasinya berikut ini.

1. Via Jaki

1. Via Jaki
Popmama.com/Bima Bintoro

Kalau kamu berdomisili Jakarta kamu bisa mendaftar melaui Jakarta Kini (JAKI).

Melansir dari keterangan resmi di google play, JAKI adalah informasi resmi seputar Jakarta langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

JAKI juga menjadi portal integrasi berbagai layanan publik di Jakarta, memberikan ruang baru untuk melapor permasalahan kota, dan aplikasi berbasis kota pertama yang dikembangkan oleh Unit Pengelola Jakarta Smart City.

Nah, di JAKI kamu bisa daftar vaksin nih Ma untuk lengkapnya kamu bisa lihat di sini ya Ma. 

Editors' Picks

2. Via program kolaborasi Kalbe untuk ibu hamil

2. Via program kolaborasi Kalbe ibu hamil
Pexels/SHVETS production

Kalbe berkolaborasi dengan Kompas Gramedia serta BKKBN gelar sentra  vaksinasi khusus bagi ibu hamil.

Ma, ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar Covid-19. 

Oleh karena itu Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi covid-19 bai ibu hamil.

Kalbe berkolaborasi dengan Kompas Gramedia (KG), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menyelenggarakan pembukaan Sentra Vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat khususnya menyasar ibu hamil.

Sentra vaksinasinya sendiri sudah dimulai pada 17 Agustus 2021 sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia, ulang tahun ke -55 Kalbe dan 58 tahun KG.

Sentra vaksinasi dilaksanakan di kantor BKKBN Jakarta dan SMKN 26 Jakarta.

Rencananya sentra vaksinasi yang bertema Bangkit untuk Merdeka dari Covid-19 juga akan diselenggarakan di beberapa kota lainnya di Indonesia, antara lain Kabupaten Bandung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gresik, dan kota Pekanbaru.

3. Via pedulilindungi

3. Via pedulilindungi
pedulilindungi.id

Melansir dari laman resmi www.peduliLindungi.id, pedulilindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan dan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Nah, dalam aplikasi ini kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk divaksin bila belum nih Ma. Untuk panduan lengkap mendaftarnya bisa disini Ma.

Selain bisa daftar vaksin, aplikasi ini juga akan mengirim notifikasi jika kamu berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

4. Via Yayasan Ronald McDonald House Charities

4. Via Yayasan Ronald McDonald House Charities
Dok. YRMHC

Ya, kamu tidak salah dengar McDonalds! Mendukung upaya Pemerintah terkait percepatan

pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Indonesia, Yayasan Ronald McDonald House Charities
(YRMHC) bersama McDonald’s Indonesia dan PT Sinar Sosro, di bawah naungan Rekso
Group, berkontribusi dengan mendirikan Sentra Vaksinasi dan Mini Sentra Vaksinasi.

Berbahagialah kamu yang berdomisili di DKI Jakarta dan Tangerang karena sentra vaksinasinya berada di wilayah tersebut.

Tidak hanya itu Rekso Group juga membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi di berbagai
kegiatan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ma.

Reskso  Group bersama Kemenkes dan Dinas Kesehatan, berkontribusi dengan menyediakan layanan vaksinasi salah satunya ialah Sentra Vaksinasi Sosro di Cakung Jakarta Timur yang didirikan sejak bulan April 2021, serta membuat Mini Sentra Vaksin di berbagai Kecamatan DKI Jakarta seperti Kec. Cengkareng, Kec. Johar Baru & Kec. Tanah Abang.

Sentra Vaksinasi ini terbuka untuk masyarakat umum, baik yang berdomisili Jakarta maupun
luar Jakarta, dan buka setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 13.30.

Masyarakat dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu via online, melalui link yang tercantum di keterangan bio instagram @rmhc_indonesia atau langsung datang ke lokasi saja Ma.

“Pendiri Rekso Grup memegang teguh filosofi ‘niat baik akan mendapat hasil baik’, maka sudah sewajarnya kami memberikan dukungan penuh kepada pemerintah dan meneruskan niat baik, ke masyarakat melalui kegiatan Sentra Vaksinasi Sosro maupun mini sentra vaksin yang kami laksanakan bersama dengan RMHC dan McDonald’s Indonesia. Kami berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan sentra-sentra vaksinasi in,” ucap Devyana Tarigan, selaku Vice General Manager Marcomm & PR PT Sinar
Sosro.

Adapun sentra vaksinasi YRMHC, McDonald’s dan PT Sinar Sosro yang sudah berjalan diantaranya, sentra vaksinasi sosro, gerai vaksin presisi Polres Jakarta Selatan (24-25 Juli 2021), gerai vaksin merdeka Polres Tangerang Selatan (11-17 Agustus 2021), gerai vaksin pancoran Soccer Field di Jakarta Selatan (3-16 Agustus 2021).

Bersama dengan YRMHC dan PT Sinar Sosro, kami telah selesai memberikan vaksin kepada lebih dari 50.000 orang, mulai dari usia remaja 12-17 tahun, lansia, tenaga didik, pekerja ekraf, hingga warga rawan dan rentan.” pungkas Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia.

Nah jadi kapan nih kamu vaksin Ma. Sudah ada empat perusahaan dan lembaga berbeda yang menyediakannya lho Ma. Jadi tunggu apalagi yuk divaksin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.