Rapid Test Gratis Bisa Drive Thru, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Beberapa aplikasi pelayanan kesehatan menyediakan rapid test secara gratis

23 April 2020

Rapid Test Gratis Bisa Drive Thru, Bagaimana Cara Mendapatkannya
Freepik

Rapid test mulai masuk ke Indonesia pada Sabtu, 21 Maret 2020 lalu. Rapid test corona akan mendeteksi infeksi Covid-19 melalui antibodi. Caranya dengan pengambilan sample darah manusia.

Banyak sekali yang berharap untuk dapat melakukan opsi test yang dipilih oleh pemerintah kita.

Meski begitu, rapid test awalnya diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah terindikasi saja seperti Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Melihat angka pasien positif yang mulai tinggi, beberapa institusi pemerintah juga swasta memberikan rapid test gratis.

Bagaimana caranya? Pihak mana saja yang menyelenggarakan? Simak ulasan Popmama.com berikut ini. 

1. Penyelenggaraan rapid test gratis oleh Homecare24

1. Penyelenggaraan rapid test gratis oleh Homecare24
Dok. Homecare24

Dari pantauan Popmama.com, terdapat beberapa perusahaan swasta dengan berbagai macam bidang menyelenggarakan rapid test. 

Homecare24, sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan kesehatan di Indonesia, turut berpartisipasi dalam penanganan wabah pendemi ini.

Homecare24 mengadakan 100 ribu Rapid Test Covid-19 secara gratis yang dilakukan oleh 100 perawat terlatih dan tersertifikasi. 

Program Rapid Test Covid-19 yang dicetus Homecare24 ini digelar di 10 titik lokasi yang tersebar di area Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Rapid Test Covid-19 ini nantinya akan dilaksanakan melalui sistemdrive thru.

Masyarakat cukup berada di kendaraannya (mobil atau motor) saat melakukan rapid test.

Selain itu program kemanusiaan ini juga dilaksanakan di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Dalam penerapannya akan ada petugas dari Dinas Kesehatan se-Jabodetabek yang akan mendampingi selama pelaksanaan tes, sehingga pelaksanaan Rapid Test Covid-19 serta hasilnya bisa terjamin keakuratannya

Program ini dilakukan sebagai bentuk kepeduliaan Homecare24 terhadap tingginya kasus virus corona di Indonesia.

“Dalam menggelar program ini, kami bekerjasama secara resmi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” ungkap Theresia Lumban Gaol, CEO Homecare24, melalui siaran pers.

Theresia menambahkan, bahwa program ini dilakukan tidak semata hanya untuk mengidentifikasi pasien positif atau negatif saja. 

Tetapi juga membantu pemerintah dalam melakukan rekap data penderita virus corona di Indonesia.

2. Rapid test gratis oleh Allianz Indonesia bekerja sama dengan Halodoc

2. Rapid test gratis oleh Allianz Indonesia bekerja sama Halodoc
Popmama.com/Halodoc

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan Halodoc menggelar drive thru rapid test secara gratis di DKI Jakarta.

Banyaknya warga DKI Jakarta yang tidak bisa bekerja dari rumah, menjadi hal yang mendasari terjadinya kolaborasi kemanusiaan ini dilakukan. 

Pembina Yayasan Allianz Peduli, Joos Louwerier mengatakan masih melihat sangat tingginya risiko masyarakat terpapar Covid-19 di Jakarta, sehingga perlu adanya inisiatif sebagai bentuk kepedulian. 

"Oleh karena itu, sangat penting bahwa kapasitas rapid test ditingkatkan untuk melawan pandemi dan inisiatif ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami bagi masyarakat," ungkap Joos.

"Sekaligus dukungan kepada upaya pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta yang merupakan epicentrum penyebaran Covid-19," katanya dalam keterangan pers.

Editors' Picks

3. Bagaimana cara mendapatkan rapid test gratis?

3. Bagaimana cara mendapatkan rapid test gratis
Unsplash/National Cancer Institute

Untuk dapat mengikuti rapid test gratis, CEO Halodoc, Jonathan Sudharta menjelaskan, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan oleh masyarakat, terutama yang berada di dua zona merah yaitu Kemayoran, Jakarta Pusat dan Cilandak, Jakarta Selatan. 

Pertama download aplikasi Halodoc, lakukan pendaftaran melalui aplikasi tersebut.

Kedua, pendaftar dapat memilih jadwal, tempat, dan waktu untuk melakukan rapid test.

Ketiga, mengunggah foto atau scan KTP (untuk dewasa) dan Kartu Keluarga (untuk anak) dan setelah itu SMS konfirmasi terkait jadwal tes akan dikirimkan.

Jonathan menegaskan dalam pelaksanaan rapid test ini tidak dipungut biaya untuk penyediaan alat rapid test maupun jasa tenaga medis.

Tidak hanya menyediakan rapid test gratis saja, sejak dimulainya penyebaran virus corona di Indonesia pada awal bulan Maret 2020 lalu, Allianz Indonesia telah menyediakan berbagai layanan serta fasilitas bersama Halodoc, untuk membantu nasabah maupun masyarakat luas agar bisa #PunyaPower melawan virus jahat Corona.

Layanan ini meliputi konsultasi gratis dan tanya dokter online terkait penyakit Covid-19. Serta pemeriksaan dini untuk mengetahui seberapa besar risiko terpapar Covid-19.

Rapid Test Gratis Bisa Drive Thru, Bagaimana Cara Mendapatkannya
live.staticflickr.com

Sedangkan untuk Homecare24, kita harus mengunduh aplikasinya untuk mengisi formulir yang disediakan sebelum melakukan rapid test. 

Berikut area dan waktu penyelenggaraan rapid test Covid-19 yang diadakan Homecare24 :

  • Jakarta Barat

    20 April - 30 April 2020

  • Jakarta Pusat

    22 April - 12 Mei 2020

  • Jakarta Selatan

    22 April - 12 Mei 2020

  • Jakarta Timur

    22 April - 12 Mei 2020

  • Jakarta Barat

    24 April - 14 Mei 2020

  • Jakarta Utara

    24 April - 14 Mei 2020

  • Tangerang Selatan

    24 April - 14 Mei 2020

  • Depok

    24 April - 14 Mei 2020

  • Bekasi

    24 April - 14 Mei 2020

  • Bogor, Sentul

    24 April - 14 Mei 2020

4. Pekerja sektor strategis dapat rapid test gratis

4. Pekerja sektor strategis dapat rapid test gratis
Pexels/Cotton Bro

Beberapa profesi di sektor-sektor strategis akan mendapatkan fasilitas rapid test tersebut secara gratis. 

Kabar gembira ini dibawa oleh Startup telemedicine, SehatQ yang akan memberikan layanan rapid test Covid-19 gratis kepada pekerja sektor strategis.

Sektor tersebut meliputi petugas medis, petugas SPBU, pegawai mini market, pedagang bahan kebutuhan pokok, driver ojek online, dan kurir logistik.

"Para pekerja di sektor strategis yang sifatnya vital dalam kehidupan sehari-hari, bisa menjalani rapid test Covid-19 gratis di Klinik SehatQ dan RS Carolus Salemba," ungkap CEO SehatQ, Linda Wijaya, dalam keterangan pers pada hari Senin (20/4).

Untuk bisa mengikuti program gratis ini, para pekerja di sektor-sektor tersebut cukup berkonsultasi dengan tim dokter melalui fitur Chat Dokter. 

Jika memenuhi syarat, maka rapid test gratis bisa dilakukan di Klinik SehatQ, Karawaci, Tangerang dan RS St. Carolus Salemba, Jakarta.

Untuk proses pemeriksaan serta penyampaian hasil pada aplikasi SehatQ sudah menggunakan sistem informasi kesehatan yang terintegrasi, sehingga pasien dapat langsung melihat hasil tesnya. 

Pasien juga dapat berkonsultasi lebih lanjut secara gratis melalui layanan Chat Dokter.

5. Pendapat salah satu narasumber rapid test gratis

5. Pendapat salah satu narasumber rapid test gratis
wikimedia.org

Narasumber Popmama.com, Ides Tyani terkesan setelah melakukan rapid test secara gratis.

Dirinya menceritakan pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan rapid test gratis itu.

"Sangat memuaskan, ramah, dan semua arahan dan petunjuknya jelas, setiap pos minimal ada 2 petugas yang melayani. Antrian juga sesuai kedatangan, prosesnya pun tidak bertele-tele. Saya datang, konfirmasi data sesuai yang sudah daftarkan pada aplikasi Halodoc. Kemudian antri dan setelah selesai bisa langsung pulang, karena hasilnya akan diinfokan melalui aplikasi halodoc 1 x 24jam," jelasnya.

Ides Tyasni telah mengikuti rapid test gratis yang digelar oleh Halodoc di titik Gedung Trakindo di Cilandak dan dirinya dinyatakan negatif dari virus corona.

Nah Ma, berani ikut langkahnya Mama Ides Tyani untuk melakukan rapid test? Tidak ada salahnya untuk mengecek keberadaan virus tersebut di dalam tubuh ya Ma.

Tapi Ma sesuai ketentuan dan persyaratan dari lembaga penyedia rapid test ya, jangan menentang aturan-aturan yang diberikan pada program gratis ini Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.