Harga Minyak Goreng Curah Turun Rp. 11 Ribu Per 1 Februari 2022

Kebijakan sebelumnya masih tetap berlaku kok Ma

28 Januari 2022

Harga Minyak Goreng Curah Turun Rp. 11 Ribu Per 1 Februari 2022
Canva.com/free

Kementerian Perdagangan akan memberlakukan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) bagi minyak goreng curah maupun minyak goreng kemasan premium.

Aturan ini nantinya akan mulai berlaku pada 1 Februari 2022 loh Ma! Seperti apa sih aturan tersebut Popmama.com punya rangkumnya untukmu. 

Editors' Picks

1. HET minyak goreng curah turun

1. HET minyak goreng curah turun

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi membeberkan nanti per 1 Februari 2022, HET untuk Minyak goreng curah ditetapkan sebesar Rp 11.500 per liter.

Sedangkan minyak goreng kemasan sederhana jadi sebesar Rp 13.500 per liter. Sedangkan minyak goreng kemasan premium jadi sebesar Rp 14.000 per liter

"Seluruh harga eceran tertinggi tersebut sudah termasuk PPN di dalamnya," ujar Mendag Lutfi saat konferensi pers virtual, Kamis (27/1/2022).

2. Kebijakan yang sebelumnya tetap berlaku

2. Kebijakan sebelum tetap berlaku
Freepik.com/Pmvchamara

Meski HET minyak gorenv curah turun, Lutfi memastikan kebijakan satu harga minyak goreng yang saat ini tengah berlangsung masih berlaku.

Sehingga selama mastransisi sampai 1 Februari 2022, harga Rp 14.000 per liter di toko ritel moderen masih bisa ditemukan masyarakat.

“Selama masa transisi dari mulai hari ini hingga 1 Februari 2022, maka kebijakan satu harga Rp 14.000 per liter tetap berlaku dengan mempertimbangkan waktu produsen dan pedagang melakukan penyesuaian,” jelasnya pada awak media.

3. Imbauan agar masyarakat tidak melakukan panic buying

3. Imbauan agar masyarakat tidak melakukan panic buying
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Selain mengumumkan HET minyak goreng curah, Mendag Lutfi juga meminta produsen minyak goreng untuk segera mempercepat penyaluran minyak goreng sehingga kepastian stok tetap terjaga sampai pada tingkat pedagang atau pengecer.

Juga mengimbau pada masyarakat Republik Indonesia agar tidak melakukan pembelian panik atau panic buying. 

"Kami juga terus menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying atau membeli dalam jumlah banyak," tutup Lutfi.

Demikian informasi yang bisa kami rangkum mengenai harga eceran minyak goreng curah yang akn turun per 1 Februari 2022 mendatang, semoga informasi ini berguna untukmu ya Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk