Mempermudah, Beli 5 Macam Kebutuhan Ini dengan Belanja Online

Kebutuhan aman tanpa harus keluar rumah

23 Maret 2020

Mempermudah, Beli 5 Macam Kebutuhan Ini Belanja Online
Pexels/PhotoMIX Ltd

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona, pemerintah menetapkan Social Distancing atau jaga jarak sosial dengan cara bekerja dan beraktivitas di rumah. Bagi warga juga dianjurkan menjalani karantina selama masa mengkhawatirkan berlangsung.

Diterapkannya karantina di rumah ini juga menyebabkan setiap orang memasok kebutuhan pokok dan rumah tangga, sehingga tidak perlu sering-sering untuk keluar rumah.

Selain kebutuhan pokok dan rumah tangga, kebutuhan obat-obatan juga perlu disiapkan, khususnya bagi orang-orang yang saat ini membutuhkan penanganan rumah sakit khususnya apotek.

Bagi orang-orang yang saat ini tengah membutuhkan penanganan rumah sakit khususnya apotik mungkin akan mengalami kendala saat masa karantina.

Beberapa penyakit kronis membutuhkan penanganan dan pengobatan khusus. Serta penting untuk mengonsumsi obat secara rutin yang dipantau oleh ahli kesehatan

Melalui sebuah media rilis, diberitahukan bahwa ada pilihan baru untuk belanja obat secara online. “Fokus kami adalah membantu pasien agar lebih mudah untuk mendapatkan obat. Tidak perlu mengantri, apalagi sampai kehabisan obat. Apalagi untuk situasi sekarang ini, kita upayakan agar Lifepack bisa membantu pasien untuk mendapatkan obat, tanpa harus antri di apotik,” menurut Natali Ardianto, CEO Lifepack.

Walaupun efektif, Social Distancing juga menyebabkan terbatasnya mobilitas setiap orang. Beberapa masyarakat mengantisipasi hal ini dengan membeli kebutuhan pokok di online agar tidak perlu lagi repot untuk keluar rumah dan kebutuhan saat karantina tetap terpenuhi.

Kali ini Popmama.com akan membahas tentang 5 cara belanja online kebutuhan saat karantina dirumah berdasarkan press release peluncuran aplikasi Lifepack yang turut mengundang narasumber Natali Ardianto selaku CEO PT Indopasifik Teknologi Medika Indonesia (ITMI).

1. Memenuhi kebutuhan obat-obatan yang dilengkapi dengan jasa konsultasi dan pengingat

1. Memenuhi kebutuhan obat-obatan dilengkapi jasa konsultasi pengingat
Press Release/Lifepack

Beberapa penyakit memerlukan penanganan dan pengobatan khusus namun saat ini permasalahan terkendala situasi yang terjadi. Seperti jarak apotek yang jauh atau tidak menemukan waktu yang tepat untuk pergi membeli obat. Ditambah lagi dengan antrian yang panjang saat membeli obat.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Natali Ardianto yang baru saja meluncurkan aplikasi Lifepack.

Sebuah apotek digital yang menawarkan layanan lengkap dan didukung oleh tim dokter dan apoteker yang berpengalaman. Sehingga, pasien tidak perlu mengantri, mengatur obat atau kehabisan obat.

“Kami harap, dengan adanya Lifepack, kebutuhan obat bagi para orangtua penderita penyakit kronis dapat terpenuhi. Orangtua yang wajib mengkonsumsi obat secara rutin setiap hari tidak perlu kesusahan mengatur obat," kata Natali.

Pada aplikasi ini pengguna yang tidak memiliki resep, akan dibantu dengan fitur konsultasi dokter secara online. Penyediaan obat yang terjamin dan difokuskan pada penyakit kronis seperti diabetes, jantung, hipertensi dan stroke, sehingga pengiriman obat dilakukan maksimal 4 jam. 

Pengguna juga dapat berlangganan obat untuk penyakit kronis sesuai resep dokter dan akan mendapat reminder untuk minum obat berdasarkan catatan riwayat medis dan minum obat. 

Editors' Picks

2. Belanja kebutuhan sayur dan buah untuk menjaga kesehatan sehari-hari

2. Belanja kebutuhan sayur buah menjaga kesehatan sehari-hari
Freepik

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap terjaga ditengah maraknya penyebaran virus corona serta penyakit-penyakit lainnya.

Serta diterapkannya social distancing yang menyebabkan orang membeli kebutuhan pokok berlebihan yang membuat sayur dan buah-buahan menjadi cepat habis dipasaran. 

Dalam memenuhi kebutuhan sayur serta buah-buahan, beberapa aplikasi menyediakan jasa untuk layanan membeli dan pengantaran berbagai macam sayuran dan buah. Aplikasi-aplikasi tersebut menampilkan stok di setiap supermarket terdekat, pasar tradisional, atau bekerjasama dengan petani sehingga menjual produk dengan kualitas yang tinggi dengan harga yang bersahabat. 

Pada aplikasi tertentu juga bekerjasama dengan e-commerce sehingga kamu tidak perlu lagi untuk mengunduh aplikasi baru.

Jasa penjualan dan pengiriman sayur ini sangat berguna bagi kamu yang tidak ingin menyetok banyak dalam kulkas dan tidak ingin sering-sering keluar rumah untuk membeli bahan makanan.

Kebersihan adalah suatu hal yang tidak dapat ditawar lagi karena hal tersebut termasuk ke dalam syarat Quality Control operasional. 

Salah satunya yang seperti HappyFresh jalani, membekali para tim operasional lapangan seperti Personal Shopper dan Rider berupa masker mulut dan cairan antiseptik yang harus dikenakan pada saat sebelum dan sesudah berbelanja serta sebelum dan setelah pengantaran.

Tidak hanya itu kini para tim operasional diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu sebelum berjaga di supermarket. 

Apabila ditemukan tim operasional yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat celsius maka orang yang bersangkutan akan diliburkan untuk melakukan self quarantine di rumah. Walaupun operasional tetap berjalan, keamanan dan kesehatan tim operasional harus tetap terlindungi. 

Filippo Candrini, selaku Managing Director HappyFresh Indonesia menyampaikan, “Bersama-sama dengan para Personal Shopper, Rider, mitra supermarket dan pelanggan kita semua bersatu dan bertekad untuk melawan tantangan luar biasa yang telah ditimbulkan oleh pandemik Covid-19.” 

Baca juga:

Ingin Belanja Tanpa Keluar Rumah? Ini Dia 5 Aplikasi Groceries Online!

3. Jaga rumah agar tetap bersih dengan menyiapkan kebutuhan pembersih rumah

3. Jaga rumah agar tetap bersih menyiapkan kebutuhan pembersih rumah
Freepik/Bearfotos

Menurut WHO, virus corona dapat menempel pada permukaan-permukaan tertentu, bahkan dapat bertahan di permukaan selama beberapa jam atau hingga beberapa hari tergantung pada kondisi yang berbeda.

Selain virus corona, penting untuk menjaga kebersihan rumah karena seringkali orang menyentuh atau memegang barang tertentu yang kita tidak tahu terdapat virus atau bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. 

Untuk menghindarinya kamu dapat membeli beberapa pembersih rumah yang mengandung disinfektan yang bermanfaat untuk menghilangkan virus, bakteri, atau kuman yang berada di permukaan barang.

Beberapa e-commerce menyediakan cairan disinfektan yang memiliki berbagai ukuran untuk menyesuaikan kebutuhanmu di rumah. 

Pastikan kamu mengikuti cara penggunaan dari setiap produk agar dapat menjaga kebersihan rumah menjadi lebih maksimal serta menjaga kesehatan tubuh untuk terhindar dari berbagai penyakit.

4. Menghindari pusat perbelanjaan dengan membeli kebutuhan pakaian di e-commerce

4. Menghindari pusat perbelanjaan membeli kebutuhan pakaian e-commerce
Pexels/Pixabay

Fenomena social distancing yang diperpanjang hingga bulan Mei 2020 ini, menyebabkan setiap orang menghindari tempat keramaian termasuk pusat perbelanjaan. Sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan tambahan seperti pakaian, sepatu, kemeja, dan lain-lain.

Di tambah lagi, Idul Fitri 1441H jatuh pada bulan Mei mendatang yang dimana identik dengan perayaan sehingga banyak orang yang membeli pakaian baru. 

Kemudahan dalam berbelanja kini memang tidak diragukan lagi, banyak e-commerce yang menjual kebutuhan pakaian dari kaus, kemeja, blouse, celana, rok, sepatu, serta aksesorisnya. Dan kita tidak perlu lagi datang ke toko.

Cukup pastikan kualitas barang seperti bahan, warna dan ukuran agar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

5. Mengisi waktu dirumah dengan membeli atau menyewa film dari internet

5. Mengisi waktu dirumah membeli atau menyewa film dari internet
Freepik/Branin

Bioskop menjadi salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu pada akhir pekan bersama keluarga ataupun sahabat. Sayangnya, saat maraknya penyebaran virus corona membuat orang menghindari pusat keramaian. Bahkan banyak film yang juga ditunda penayangannya akibat virus ini. Namun, kini kamu dapat tetap menyaksikan film-film favoritmu bersama keluarga di aplikasi streaming online. 

Kamu dapat memilih untuk berlangganan sehingga dapat mengunduh film kesukaanmu. Atau kamu juga dapat menyewa dan membeli sehingga kamu tidak perlu berlangganan setiap bulannya.

Banyak pilihan film dari berbagai jenis genre yang dapat kamu pilih sehingga walaupun akhir pekan dirumah, tetap seru bersama keluarga. 

Nah tadi merukapan 5 cara belanja online untuk memenuhi kebutuhanmu agar mengurangi aktivitas diluar rumah. Jaga kesehatan dengan makan makanan yang mengandung gizi serta vitamin agar sistem kekebalan tubuh meningkat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.