TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Suhu di Arab Saudi Capai 50 Derajat Celcius, Kaki Jemaah Haji Melepuh

Seorang jemaah haji alami luka melepuh pada bagian kaki usai berjalan tanpa alas kaki

15 Juni 2022

Suhu Arab Saudi Capai 50 Derajat Celcius, Kaki Jemaah Haji Melepuh
Unsplash/ekrem osmanoglu

Ketua Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Husnul Maram mendapatkan laporan yang menunjukkan suhu di Arab Saudi sedang panas. Pada siang hari waktu setempat, suhunya bahkan bisa mencapai 46 derajat hingga tembus 50 derajat celcius.

Mengetahui hal tersebut, Maram pun mengimbau kepada para jemaah haji agar tidak lupa menggunakan alas kaki dan perbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi selama berada di Tanah Suci.

Untuk lebih jelasnya, simak rangkuman beberapa fakta yang sudah Popmama.com kumpulkan tentang suhu di Arab Saudi capai 50 derajat secara lebih detail.

1. Imbau untuk tetap gunakan alas kaki ketika berjalan keluar

1. Imbau tetap gunakan alas kaki ketika berjalan keluar
Pexels/Nothing Ahead

Dikarenakan suhu panas sedang terjadi di Arab Saudi, Maram memberikan imbauan kepada jemaah haji agar tidak lupa menggunakan alas kaki seperti sandal dan sepatu. Hal ini sangat berguna untuk mengantisipasi telapak kaki jemaah supaya tidak melepuh.

"Suhu di sana saat ini 50 derajat celcius. Jika Bapak Ibu keluar dari kamar, jangan lupa untuk memakai alas kaki, sandal ataupun sepatu," tutur Maram, Selasa (14/6/2022) kemarin.

2. Kaki jemaah haji melepuh

2. Kaki jemaah haji melepuh
Dok. PPIH Embarkasi Surabaya

Peristiwa tidak diinginkan terjadi pada seorang jemaah haji asal Tuban, Jawa Timur. Ia dikabarkan mengalami luka melepuh di kedua kakinya usai kehilangan sandalnya setelah beribadah di Masjid Nabawi, Madinah.

Laki-laki yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil Kementerian Agama Jatim ini menjelaskan bahwa jemaah tersebut terpaksa kembali ke hotel tanpa menggunakan alas kaki, sehingga kakinya melepuh.

"Ada jemaah kita yang kehilangan sandalnya saat keluar dari masjid. Akhirnya terpaksa jalan tanpa alas kaki, sehingga telapak kakinya melepuh," ujarnya.

3. Perbanyak minum air putih untuk hindari dehidrasi

3. Perbanyak minum air putih hindari dehidrasi
Pexels/Pixabay

Selain mengimbau untuk tetap gunakan alas kaki, Maram juga berpesan kepada jemaah haji agar memperbanyak minum air putih. Hal ini perlu dilakukan oleh jemaah haji untuk menghindari dehidrasi.

"Misal kalau urine Bapak Ibu berwarna kuning, mohon untuk tidak keluar kamar dulu. Perbanyak minum air putih dulu sampai air kencingnya bening kembali, agar tidak terjadi dehidrasi," pesan Maram.

Itulah rangkuman informasi yang berhasil dihimpun tentang suhu panas di Arab Saudi. Mari kita doakan semoga suhu panas di Arab Saudi dapat segera membaik. Dengan begitu, para jemaah haji yang saat ini berada di Tanah Suci dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk