Peringati Hari Kesehatan, Ingat Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak Muda

Mulai kontrol asupan gula yang masuk ke tubuh dari sekarang nggak perlu menunggu menua

7 April 2021

Peringati Hari Kesehatan, Ingat Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak Muda
Pixabay/stevepb

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2021, Tropicana Slim mengadakan kegiatan #BeatDiabetes Online Festival 2021 dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mencegah dan melawan diabetes.

Tahun ini, Tropicana Slim mengangkat tema baru tentang salah satu isu yang sangat dekat dengan keseharian masyarakat, yaitu perubahan iklim dan dampaknya terhadap kesehatan, khususnya pada diabetisi.

Diabetes adalah kondisi medis yang serius, namun umum. Jika kamu menderita diabetes, kamu perlu mengelola gula darah. Juga secara teratur memonitornya untuk memastikan asupan makanan.

Dalam acara ini, “Learn from Sobat Diabet Community” bersama dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD (pendiri Komunitas Sobat Diabet), membahas tentang hubungan anak muda, perubahan iklim dan risiko diabetes serta bagaimana anak muda perlu makin sadar akan pentingnya hidup sehat dan mencegah diabetes sejak dini yang dirangkum Popmama.com.

Batasi Asupan Gula

Batasi Asupan Gula
Pixabay/GabiSanda

Dalam acara ini membahas mengenai beberapa jenis diabetes. Saat ini, diabetes tak hanya menyerang orangtua saja, tapi juga anak muda.

Diharapkan, anak muda pun mulai lebih peduli dengan kesahatan. Juga memperhatikan asupan makanan yang masuk, termasuk jumlah gula yang tak melebihi yang disarankan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yaitu empat sendok makan.
 

Editors' Picks

Ketahui Jenis Diabetes

Ketahui Jenis Diabetes
Freepik/spukkato

Ada beberapa jenis diabetes. Dua jenis utama adalah jenis diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kamu mungkin memiliki gejala diabetes yang tiba-tiba, atau diagnosis dadakan. Gejalanya telah bertahap selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Gejala diabetes dapat terjadi dari waktu ke waktu atau dapat muncul dengan cepat. Beberapa cirinya, yaitu:

  • Suka merasa haus
  • Mulut kering
  • Sering buang air kecil
  • Kelaparan
  • Kelelahan
  • Luka yang tidak sembuh dengan cepat

Makan Nasi Bisa bikin Diabetes?

Makan Nasi Bisa bikin Diabetes
Pixabay/SpencerWing

Nasi putih disebut-sebut menjadi penyebab munculnya diabetes. Dalam acara ini, dr. Rudy Kurniawan meluruskan mitos tersebut.

Menurutnya, nasi tidak menyebabkan diabetes. Apalagi, nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat di Indonesia.

Namun hal yang perlu diperhatikan yaitu asupan nasi atau karbohidrat dalam tubuh. Sama seperti gula, karbohidrat juga perlu dibatasi.
 

Asupan Ideal Karbohidrat

Asupan Ideal Karbohidrat
Pexels/mikhail-nilov

Asupan karbohidrat yang ideal yaitu sekitar 70-90 gram total karbohidrat, atau 20% kalori dari karbohidrat. Jumlah karbohidrat yang optimal juga dapat bervariasi oleh individu, karena setiap orang memiliki respons unik terhadap karbohidrat.

Atau untuk amannya, bisa mengikuti panduan yang dikeluarkan oleh Kemenkes. Dalam satu piring makan, lebih banyak sayuran atau buah untuk dikonsumsi.

Jadi, semakin sedikit karbohidrat yang kamu makan, semakin sedikit gula darah kamu akan naik.

Untuk menghindari diabetes, mulai diet rendah karbohidrat yang sehat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.