TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Inggris Setujui Vaksin Baru Moderna Bivalent

Vaksin Moderna Bivalent masuk menjadi program booster pada September 2022

19 Agustus 2022

Inggris Setujui Vaksin Baru Moderna Bivalent
Pexels/Maksgelatin

Regulator obat Inggris telah menyetujui izin peredaran vaksin Moderna jenis terbaru yang digunakan untuk melawan Covid-19 maupun subvarian Omicron. Izin tersebut telah disetujui pada hari Senin (15/8/2022).

Dikutip Reuters, Regulator Obat-obatan Inggris (MHRA) mengizinkan kombinasi vaksin Bivalent yang dibuat oleh Moderna digunakan sebagai vaksin booster bagi masyarakat berusia di atas 50 tahun.

“Dengan kombinasi itu, vaksin akan mempersenjatai tubuh kita lebih tajam lagi sebagai perlindungan dari virus tersebut yang terus berevolusi,” ujar Direktur Eksekutif MHRA, Dr. June Raine.

Terkait dengan pembaruan jenis vaksin baru Moderna Bivalent yang disetujui untuk melawan Covid-19 varian Omicron, berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta lainnya.

Editors' Picks

1. Vaksin terbaru Moderna menyasar subvarian Omicron

1. Vaksin terbaru Moderna menyasar subvarian Omicron
Pexels/N-voitkevich

Lebih lanjut, setiap dosis yang diberikan akan menyasar varian Covid-19 yang terdeteksi sejak tahun 2020 dan subvarian Omicron BA.1 yang dilaporkan muncul pada November 2021.

Raine menjelaskan bahwa data dari uji klinis menunjukkan vaksin Moderna mendorong "respons kekebalan yang kuat" terhadap virus Covid-19 yang asli dan subvarian Omicron.

Tak hanya itu, MHRA menyebut vaksin Moderna menunjukkan “respons yang baik” terhadap subvarian Omicron BA.4 serta BA.5 yang memicu gelombang Covid-19 di Amerika dan Eropa.

2. Akan jadi program booster pada September mendatang

2. Akan jadi program booster September mendatang
Freepik/rawpixel.com

Menteri Kesehatan Inggris, Steve Barclay mengungkap vaksin baru Moderna akan disiapkan untuk program vaksin booster di seluruh Inggris Raya pada September mendatang.

“Vaksin yang efektif dan aman ini akan memperluas kekebalan dan meningkatkan perlindungan terhadap beberapa varian pada saat kita harus terus hidup berdampingan dengan virus,” katanya.

"Pendekatan ini, kombinasi melindungi dari beberapa jenis varian dari penyakit yang sama, juga diterapkan pada vaksin flu, yang setiap tahun disesuaikan mengikut varian yang ada dan bisa melindungi dari empat jenis varian flu," tambahnya.

3. Inggris jadi yang pertama setujui vaksin untuk melawan Omicron

3. Inggris jadi pertama setujui vaksin melawan Omicron
Freepik/freepik

Dilansir dari Channel News Asia, Direktur Eksekutif Moderna, Stephane Bancel menjelaskan bahwa Inggris menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan vaksin untuk melawan Omicron.

Moderna mengatakan bahwa vaksin Bivalent bekerja lebih baik terhadap Omicron dan virus aslinya dibandingkan dengan vaksin Covid-19 yang sebelumnya, yakni Spikevax.

Setengah dari vaksin Moderna, yang disebut Spikevax Bivalent Original/Omicron, menargetkan virus asli 2020 dan setengahnya varian Omicron BA.1.

Itulah beberapa fakta mengenai jenis vaksin baru Moderna Bivalent yang diklaim ampuh melawan Covid-19 subvarian Omicron. Semoga Indonesia juga mendapat vaksin Moderna yang terbaru, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk