Tragis, Tragedi Helikopter Merenggut Nyawa Presiden Iran Ebrahim Raisi

Selain merenggut presiden Iran, tragedi ini merenggut beberapa pejabat

20 Mei 2024

Tragis, Tragedi Helikopter Merenggut Nyawa Presiden Iran Ebrahim Raisi
reuters.com

Kabar duka datang dari kancah internasional, yaitu dari negeri Iran. Diberitakan bahwa helikopter yang mengangkut presiden Iran bernama Ebrahim Raisi dan beberapa pejabatnya jatuh di Azerbaijan Timur.

Selain Ebrahim Raisi, beberapa pejabatnya yang berada di dalam helikopter tersebut turut menjadi korban dari tragedi ini. Tragedi ini menjadi pebincangan internasional dan menuai respons belasungkawa yang mendalam.

Siapa saja yang menjadi korban dan bagaimana kronologinya? Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum terkait tragedi helikopter merenggut nyawa Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Yuk, disimak informasinya!

1. Presiden Iran dan beberapa pejabatnya menjadi korban

1. Presiden Iran beberapa pejabat menjadi korban
Instagram.com/LindeboomJean-Bapt
Ilustrasi

Helikopter yang jatuh di Azerbaijan Timur ini membawa presiden Iran Ebrahim Raisi dan 9 orang lainnya. Sembilan orang tersebut merupakan 3 pejabat, seorang imam, dan anggota tim penerbangan dan keamanan.

Sembilan orang tersebut di antara lain Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, gubernur provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem. Beberapa korban dinyatakan tewas sesudah tidak lagi ditemui tanda-tanda kehidupan dari lokasi kejadian.

2. Melakukan kunjungan bilateral ke Azerbaijan

2. Melakukan kunjungan bilateral ke Azerbaijan
Pexels/MohanReddy
Ilustrasi

Sebelum tragedi ini terjadi, presiden Iran Ebrahim Raisi dan presiden Azerbaijan Ilham Aliyev bertemu untuk meresmikan salah satu proyek yang berada di Azerbaijan. Ada proyek bendungan di perbatasan antara Iran dengan Azerbaijan.

Tragedi memilukan ini terjadi pada Minggu sore waktu setempat. Diketahui, kejadian tragis ini terjadi di daerah pegunungan Zagros yang menjadi perbatasan antara Iran bagian barat dan Azerbaijan.

3. Respons dunia internasional

3. Respons dunia internasional
Pexels/GintareKairaityte

Kabar duka dari tragedi ini mengundang reaksi cepat dari komunitas internasional. Pemimpin dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Rusia, dan negara-negara di Eropa serta Timur Tengah, menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran.

Tragedi ini merupakan pukulan besar bagi Iran dan meninggalkan banyak pertanyaan mengenai masa depan politik negara tersebut. Sementara investigasi masih berlangsung, dunia menantikan perkembangan lebih lanjut terkait penyebab kecelakaan dan langkah-langkah yang akan diambil oleh pemerintah Iran pasca kehilangan pemimpin mereka.

Seperti itulah rangkuman penjelasan terkait tragedi helikopter merenggut nyawa presiden Iran Ebrahim Raisi. Semoga tragedi ini segera diusut hingga tuntas dan diberikan kelancaran, ya.

Baca juga:

The Latest