13 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

Mengonsumsi buah beri bagus untuk daya ingat, benarkah?

12 Januari 2020

13 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami
Pexels/Bruce Mars

Setiap orang tentunya memiliki waktu tertentu saat melupakan sesuatu, terutama ketika sedang dalam waktu yang sibuk. Hal ini normal terjadi pada setiap orang, namun ketika memiliki ingatan yang buruk bisa membuat kita menjadi frustasi.

Genetika menjadi salah satu faktor ingatan yang buruk, terutama dalam kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup ternyata memiliki dampak besar pada daya ingat.

Menurunnya daya ingat dapat berdampak pada demensia di kemudian hari, demensia sendiri merupakan sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental.

Untuk terhindar dan mencegah hal tersebut, berikut Popmama.com rangkum 13 cara alami untuk meningkatkan daya ingatmu. Yuk, disimak!

1. Jangan terlalu banyak mengonsumsi gula

1. Jangan terlalu banyak mengonsumsi gula
Pinterest/Irene Perry

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Apalagi jika makan terlalu banyak gula tambahan, selain menyebabkan banyak masalah kesehatan dan penyakit kronis, juga dapat menyebabkan penurunan ingatan.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang yang sering mengonsumsi banyak gula tambahan mungkin memiliki ingatan yang lebih buruk dan volume otak yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit gula.

Dengan mengonsumsi gula secara tidak berlebihan, tentunya membantu daya ingatmu dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Coba suplemen minyak ikan 

2. Coba suplemen minyak ikan 
Pinterest/babyologist

Satu studi dari 36 menunjukan bahwa orang dewasa dengan gangguan ingatan ringan berubah secara signifikan setelah mereka mengonsumsi suplemen minyak ikan selama 12 bulan.

Alasannya karena minyak ikan memang kaya akan asam lemak Omega-3 AsamEikosapentaenoat (EPA) dan AsamDocosahexaenoic (DHA) yang baik untuk meningkatkan daya ingat.

Mengkonsumsi minyak ikan akan membantu meningkatkan memori jangka pendek, kerja dan episodik, terutama pada orangtua.

3. Luangkan waktu untuk meditasi

3. Luangkan waktu meditasi
Shutterstock

Latihan meditasi dapat secara positif memengaruhi kesehatan dalam banyak cara. Meditasi berguna untuk mengurangi stres dan rasa sakit, menurunkan tekanan darah, bahkan meningkatkan daya ingat. Faktanya, meditasi telah terbukti meningkatkan materi kelabu di otak.

Teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan daya ingat jangka pendek pada orang orang dari segala usia. Meditasi tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga baik untuk otak. 

4. Istirahat yang cukup

4. Istirahat cukup
Shutterstock

Pakar kesehatan merekomendasikan orang dewasa tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal. Tidur membantu mengkonsolidasikan ingatan dan juga membuat tubuh lebih segar.

Kurangnya istirahat atau tidak cukup tidur juga menjadi faktor ingatan yang buruk untuk beberapa waktu. Jika kamu memiliki waktu tidur yang kurang, itu akan berdampak negatif pada memori ingatanmu. Jadi, tetap jaga pola istirahat, ya!

5. Berlatih mindfulness 

5. Berlatih mindfulness 
Shutterstock

Mindfulness adalah keadaan mental di mana kamu tetap fokus pada situasi saat itu, menjaga kesadaran akan lingkungan dan perasaan. Mindfulness sangat efektif untuk menurunkan stres dan meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

Satu studi dari 293 siswa psikologi menunjukkan bahwa, mereka yang menjalani pelatihan mindfulness telah meningkatkan kinerja memori ingatan ketika mengingat objek dibandingkan dengan siswa yang tidak menerima pelatihan mindfulness.

Berlatih teknik mindfulness telah dikaitkan dengan peningkatan kinerja memori kamu lho. Jadi, luangkan waktu untuk melakukannya, yuk!

Editors' Picks

6. Kurangi minuman beralkohol

6. Kurangi minuman beralkohol
massgainsource.com

Mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dapat merusak kesehatan, selain itu juga berdampak negatif pada memori ingatanmu.

Sebab alkohol menunjukkan efek neurotoksik pada otak. Berulang kali meminum alkohol maka dapat merusak hippocampus, bagian dari otak yang memainkan peran penting dalam memori.

Memiliki efek neurotoksik pada otak, termasuk mengurangi kinerja memori, menghindari asupan alkohol berlebihan adalah cara cerdas untuk melindungi daya ingatmu. Yuk, mulai kurangi konsumsi alkohol!

7. Latih otak dengan berbagai permainan

7. Latih otak berbagai permainan
educationdocs.us

Melatih keterampilan kognitif dengan memainkan permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat.

Banyak permainan melatih otak yang dapat kamu lakukan, seperti teka-teki silang, permainan penarikan kata, tetris dan bahkan aplikasi seluler yang didedikasikan untuk pelatihan memori adalah cara terbaik untuk memperkuat daya ingat.

Ditambah lagi, permainan pelatihan otak telah terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua. Selain menyenangkan, ternyata bisa membantu mengingatkan daya ingatmu nih!

8. Kurangi makanan dengan karbohidrat halus

8. Kurangi makanan karbohidrat halus
Recipes.instantpot.com

Mengkonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah besar seperti kue, sereal, nasi putih, dan roti putih ternyata juga bisa merusak daya ingat.

Makanan-makanan ini memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti tubuh mencerna karbohidrat ini dengan cepat, menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Ada baiknya kamu mengonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat halus secukupnya, karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, bukan?

9. Tingkatkan kadar vitamin D

9. Tingkatkan kadar vitamin D
Life Advancer

Vitamin D adalah nutrisi penting yang memainkan banyak peran vital dalam tubuh. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi ingatan.

Kekurangan vitamin D sangat umum, terutama di daerah yang beriklim dingin, dan telah dikaitkan dengan penurunan ingatan dan demensia terkait usia. Jika kamu berpikir memiliki kadar vitamin D yang rendah, segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui hal tersebut.

Selain dari suplemen vitamin D, kamu bisa mengonsumi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, ikan tuna, kuning telur, hati sapi, dan lain-lain.

10. Berolahraga rutin

10. Berolahraga rutin
Happily Grey/John Hillin

Olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Olahraga juga bermanfaat bagi otak dan dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang-orang dari segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan berolahraga kamu bisa meningkatkan sekresi protein pelindung saraf dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan neuron, yang mengarah pada peningkatan kesehatan otak.

11. Pilih makanan anti peradangan

11. Pilih makanan anti peradangan
Show Me The Yummy

Makanan anti-inflamasi sangat bagus untuk otak, mengonsumsi antioksidan membantu menurunkan peradangan dalam tubuh dengan mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kamu dapat mengonsumsi antioksidan dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan teh.

Salah satu buah yang kaya akan antioksidan adalah buah beri, mengonsumsi buah ini mungkin bisa membantumu dalam mencegah penurunan daya ingat. Sudah coba?

12. Pertahankan berat badan yang sehat

12. Pertahankan berat badan sehat
Pinterest/Spasterfield Sportswear

Mempertahankan berat badan yang sehat sangat penting untuk kesejahteraan hidup, selain itu juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh dan pikiran dalam kondisi prima.

Beberapa penelitian telah menetapkan obesitas sebagai faktor risiko penurunan kognitif.

Obesitas juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan peradangan, yang keduanya dapat berdampak negatif pada otak. Obesitas juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer, penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi kognitif.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu rutin melakukan olahraga dan menjaga pola hidup agar berat badan kamu tetap dalam kondisi yang sehat.

13. Mengonsumsi coklat juga baik untuk otak

13. Mengonsumsi coklat juga baik otak
Detoxinista

Kakao tidak hanya lezat tetapi juga bergizi, memberikan dosis antioksidan yang kuat yang disebut flavonoid. Mereka dapat membantu merangsang pertumbuhan pembuluh darah, neuron, dan meningkatkan aliran darah di bagian otak yang terlibat dengan memori.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari cokelat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70%, itu akan membantu memastikan mengandung sejumlah besar antioksidan seperti flavonoid.

Memilih cokelat hitam dengan 70% kakao atau lebih tinggi membantumu mendapatkan dosis antioksidan yang terkonsentrasi. Sehingga nantinya akan membantu meningkatkan daya ingat otakmu.

Bagaimana, dari cara-cara yang sudah dipaparkan apakah kamu sudah mencobanya? Yuk, coba dan buktikan sendiri untuk meningkatkan daya ingat otakmu.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.