Kabar Baik! China Setujui Vaksin Sinovac untuk Anak dan Remaja

Penggunaan vaksin jenis Sinovac kini sudah bisa diberikan pada anak usia 3-17 tahun

5 Juni 2021

Kabar Baik China Setujui Vaksin Sinovac Anak Remaja
Pexels/Alena Shekhovtcova

Ada kabar baik bagi Mama yang memiliki anak usia 3-17 tahun, pasalnya, penggunaan vaksin virus Covid-19 buatan Sinovac Biotech saat ini sudah dusetujui oleh Otoritas China untuk anak-anak dan remaja.

Dilansir dari Reuters, hasil awal dari uji klinis Fase I dan II menunjukkan vaksin Sinovac dapat memicu respons imun peserta uji berusia 3-17 tahun dan sebagian besar reaksinya bersifat ringan.

Untuk mengetahui informasi terkait persetujuan vaksin Sinovac pada anak dan remaja, berikut Popmama.com telah merangkum ulasan selengkapnya dari berbagai sumber.

Editors' Picks

1. Melakukan uji coba pada vaksin pada kelompok usia muda

1. Melakukan uji coba vaksin kelompok usia muda
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Hingga Kamis (03/06), China dikabarkan sudah melakukan penyuntikan kepada warga di atas usia 18 tahun sebanyak 723,5 juta dosis vaksin.

Meski demikian, produsen vaksin China lainnya yang didukung negara, Sinopharm juga telah melakukan uji coba dan telah mengirimkan data untuk izin pemberian kepada kelompok usia yang lebih muda.

Sementara untuk vaksin jenis lain yakni dari Cansino Biologics, saat ini juga sedang memasuki uji coba Fase II yang melibatkan warga berusia sekitar 6-17 tahun.

2. Adanya peningkatan antibodi pada tubuh anak dan remaja

2. Ada peningkatan antibodi tubuh anak remaja
Pexels/Gustavo Fring

Pimpinan Sinovac Biotech Ltd, Yin Weidong mengungkapkan, saat ini vaksin Sinovac sudah menyelesaikan uji klinis Fase II dengan menyuntikkan dosis ketiga pada peserta yang sebelumnya pernah menerima dua suntikan vaksin Covid-19.

Dari hasil tersebut, dilihat bahwa adanya peningkatan 10 kali lipat tingkat antibodi dalam kurun waktu sepekan. Selain itu, Yin juga mengungkapkan bahwa peningkatan antibodi pada anak dan remaja ini juga bisa mencapai 20 kali lipat dibandingkan sebelumnya dalam kurun waktu setengah bulan.

3. Masih menunggu rekomendasi pihak berwenang

3. Masih menunggu rekomendasi pihak berwenang
Freepik/prostooleh

Meski sudah ditemukan adanya peningkatan antibodi pada tubuh kelompok usia muda setelah disuntik vaksin, Yin memperingatkan, Sinovac masih perlu menyelesaikan pengamatan jangka panjang dari durasi antibodi sebelum akhirnya diberikan rekomendasi kepada pihak berwenang untuk penetapan waktu pemberian dosis ketiga. 

Demikian informasi mengenai vaksin jenis Sinovac yang sudah disetujui Otoritas China bagi usia anak-anak dan remaja. Meski sudah disetujui penggunaannya, namun hingga kini, pemerintah Indonesia masih terus mendalami sebelum memberikannya pada kelompok usia yang lebih muda.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.