Cepat dan Mudah Dibuat, Ini Dia 9 Menu Sarapan Sehat

Cocok nih untuk menu sarapan bersama keluarga

5 Maret 2020

Cepat Mudah Dibuat, Ini Dia 9 Menu Sarapan Sehat
Freepik

Hal penting yang seringkali diabaikan oleh banyak orang adalah sarapan. Ada banyak orang yang terbiasa untuk tidak sarapan di pagi hari karena waktu yang tidak banyak. Padahal, sarapan adalah kunci penting bagi tubuh untuk menunjang segala aktivitas yang dilakukan sepanjang hari.

Selain bermanfaat bagi tubuh, sarapan pagi juga bermanfaat untuk menunjang kerja otak. Itulah mengapa sarapan di pagi hari sangat penting dan tidak boleh terlewatkan.

Namun, kurangnya waktu membuat banyak orang pada akhirnya melewatkan sarapan dan mengambil jalan pintas dengan membeli fastfood atau makanan cepat saji.

Padahal, terlalu sering mengonsumsi fastfood tidak baik untuk kesehatan tubuh karena bisa dengan mudah menimbulkan beberapa macam penyakit seperti kolesterol.

Nah berikut ini Popmama.com telah merangkum 9 menu sarapan yang mudah di buat namun tetap menyehatkan bagi tubuh. Yuk, disimak!

1. Roti tawar cocok untuk sarapan anak

1. Roti tawar cocok sarapan anak
Pixabay/FotoshopTofs

Jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga yang bingung memberikan sarapan untuk anak yang akan berangkat sekolah, roti tawar bisa menjadi pilihan yang mudah dan bergizi bagi mereka. Oleskan selai sesuai selera, roti tawar buatanmu siap kamu sajikan padanya atau bisa kamu panggang terlebih dahulu agar lebih menggunggah selera.

2. Salad sayur/buah yang mudah dan menyehatkan

2. Salad sayur/buah mudah menyehatkan
Irenamacri.com

Jika kamu pecinta sayur atau pun buah-buahan, kamu bisa menjadikan bahan-bahan menyehatkan ini sebagai menu sarapan lho.

Cukup ambil sayur atau buah yang kamu inginkan, cuci bersih semua bahan kemudia potong sesuai selera. Selanjutnya campurkan minyak zaitun, mayones atau madu sesuai dengan selera kamu. Nah kamu juga bisa menambahkan chips atau taburan kacang biar salad buatanmu lebih nikmat.

3. Sandwich untuk menemani perjalanan menuju kantor atau sekolah

3. Sandwich menemani perjalanan menuju kantor atau sekolah
Freepik/lazy_bear

Selain roti tawar, sandwich juga bisa kamu jadikan sarapan cepat dan menyehatkan. Cukup siapkan bahan-bahan utama seperti telur dadar maupun goreng, tambahkan selada, tomat, bawang bombay dan saus ke dalamnya. Kamu bisa langsung menyantapnya di rumah atau dibawa untuk perjalanan menuju kantor ataupun anak sekolah.

Editors' Picks

4. Omelet yang mudah dibuat dan lezat

4. Omelet mudah dibuat lezat
Freepik/Lifeforstock

Menu telur juga selalu menjadi andalan para Mama ataupun orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan. Selain mudah dibuat, rasanya yang lezat juga bisa menambah energi tubuhmu.

Seperti omelet atau telur dadar. Kamu bisa menambahkan berbagai macam campuran di dalamnya seperti sayur, cabai, ataupun bawang agar terasa lebih enak dan gurih. Mudah dan lezat, bukan?

5. Minum segelas susu juga bisa nih!

5. Minum segelas susu juga bisa nih
Freepik

Menu paling mudah dan nggak memakan banyak waktu. Cukup dengan segelas susu, kamu sudah memenuhi kebutuhan energi pagimu. Cobalah dengan memilih susu segar atau kental manis untuk pilihan sarapanmu. Soal pilihan rasa, kamu bisa  menyesuaikan dengan selera kamu dan keluargamu.

6. Gampang banget, coba oatmeal yuk!

6. Gampang banget, coba oatmeal yuk
Freepik/valeria_aksakova

Oatmeal juga bisa menjadi menu sarapan yang mudah, cepat, serta praktis. Selain cepat dan praktis, makanan berjenis oatmeal juga menyehatkan karena mengandung serat yang cukup tinggi.

Oatmeal juga memiliki kandungan manfaat lainnya seperti mengurangi obesitas, menurunkan kolesterol dan hipertensi atau darah tinggi, juga mengandung anti oksidan.

Kamu hanya perlu menuangkan sedikit air panas atau memanaskan oatmeal sebentar saja di atas kompor.  Setelah itu bisa kamu tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan potongan buah segar atau almond sebagai pelangkap oatmeal, dijamin semakin lezat!

7. Smoothie buah, simple dan bisa dibawa kemana saja!

7. Smoothie buah, simple bisa dibawa kemana saja
Freepik

Bagi para pecinta buah-buahan, tentu saja smoothie buah bisa kamu jadikan sarapan mudah dan menyehatkan. Cukup siapkan buah-buahan kesukaan kamu atau keluargamu, potong semua bahan dan blender dengan mencampurkan sedikit air tanpa tambahan gula. Smoothie ini bisa kamu simpan dalam tumbler untuk dibawa ke kantor atau bekal anak sekolah.

8. Menu yang agak berat tapi mudah, coba pecel aja!

8. Menu agak berat tapi mudah, coba pecel aja
resepasia.com

Orang Indonesia biasanya belum afdol kalau belum makan makanan yang berat. Menu yang Indonesia banget ini bisa kamu coba sebagai sarapan yang mudah dan menyehatkan lho. Yup, pecel!

Kamu tinggal mencuci sayur-sayuran seperti tauge, bayam, dan kacang panjang lalu merebus semua bahan. Terakhir, tambahkan sambal pecel yang sudah diseduh dengan air panas. Pecel atau salad sayur versi Indonesia ini siap kamu sajikan!

9. Tumis sayuran yang sehat, cuma 5 menit kok!

9. Tumis sayuran sehat, cuma 5 menit kok
Freepik/timolina

Tumis sayur juga bisa kamu jadikan menu sarapan karena tidak akan memakan waktu yang lama untuk membuatnya. Sediakan dan cuci bersih sayuran kesukaan kamu dan keluarga, lalu tumis sebentar dengan tambahan bumbu sederhana seperti bawang putih dan sedikit garam, tumis sayur siap kamu sajikan!

Itulah 9 menu sarapan sehat yang mudah dibuat untuk keluarga. Mau pilih menu apa nih buat sarapan besok pagi? Yang jelas jangan pernah melewatkan sarapan ya, karena ini adalah sumber energimu di pagi hari sebelum beraktivitas seharian. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.