5 Cara Merawat Kesehatan Kulit Kering dan Sensitif pada Anak

Mama nggak mau kan kalau kulit si Kecil kering, ini Ma cara merawatnya agar si kecil sehat dan ceria

10 September 2018

5 Cara Merawat Kesehatan Kulit Kering Sensitif Anak
Unsplash/MI PHAM

Perawatan kulit anak itu sebaiknya sudah dimulai sejak bayi. Sehingga Mama juga bisa mengenali jenis kulit si Kecil dengan baik.

Bayi belum bisa merawat kulitnya sendiri, jadi bantuan Mama sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit bayi tetap terjaga. Begitu pun setelah beranjak besar, anak mulai belajar mandi sendiri, kadang kebersihannya mungkin belum maksimal. Mama perlu mengecek kembali.

Kadang si Kecil mengeluhkan kulitnya gatal, kering atau terasa kasar. Mama perlu perhatikan lagi, bagaimana cara mandi dan merawat kesehatan kulit untuk anak-anak.

Kenapa sih perlu memerhatikan kesehatan kulit si Kecil sejak anak masih bayi?

Semua orangtua pasti mencari produk perawatan kulit yang cocok dan aman untuk kulit bayi, namun sebenarnya seperti apa produk perawatan kulit yang dibutuhkan bayi?

“Kondisi kulit bayi tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Secara fisiologis, kulit bayi memiliki struktur, komposisi dan fungsi yang berbeda dengan orang dewasa sehingga kulit bayi lebih rentan terhadap paparan berbagai zat berbahaya. Apalagi bayi dalam fase oral memang memiliki kebiasaan mouthing atau memasukkan tangan ke dalam mulut. Mouthing ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk eskplorasi bayi terhadap dunia sekitarnya. Tidak perlu dilarang, namun orang tua perlu menjaga jangan sampai ada zat berbahaya yang ikut masuk ke dalam mulut bayi, termasuk dari produk perawatan kulit yang digunakan bayi,“ ujar dokter spesialis kulit dr. Nanny Shoraya, Sp.KK, FINS-DV pada acara Young Living Seedlings, Rabu (05/08).

Mama berkewajiban memenuhi kebutuhan si Kecil, termasuk memberikannya kenyamanan. Perawatan kulit bayi yang baik dan benar sangat berpengaruh dengan kualitas istirahat si Kecil. Kalau si kecil cukup istirahat, ia tidak akan rewel dan merasa nyaman. Ini baik untuk tumbuh kembangnya.

Perawatan kesehatan kulit anak akan tercapai bila perawatan kulit optimal dan menjauhkan anak dari lingkungan yang negatif seperti terpapar dari asap rokok dan polusi udara lainnya.

Berikut ini Popmama.com bagikan cara merawat kesehatan kulit kering dan sensitif untuk anak-anak:

1. Sabun mengandung pelembab

1. Sabun mengandung pelembab
Unsplash/Ana Tavares

Bukan sekedar wangi, sabun juga harus mengandung pelembab. Dengan memilih sabun yang mengandung pelembab, risiko kulit kering akan lebih lama. Kulit anak juga lebih lembut dan terlindungi.

2. Perhatikan durasi saat mandi

2. Perhatikan durasi saat mandi
Unsplash/Lubomirkin

Hindari mandi terlalu lama. Apa lagi jika terbiasa menggunakan air hangat. Ini bisa membuat kulit semakin kering dan pecah-pecah.

Editors' Picks

3. Harus bersih

3. Harus bersih
Unsplash/Sharon McCutcheon

Setelah memakaikan sabun sampai rata ke seluruh tubuh, bilas hingga bersih. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa.

Lihat kembali pada lekukan tubuh seperti ketiak, selangkangan dan belakang kuping. Ini juga harus diperhatikan apakah sudah benar-benar dibilas sampai bersih atau masih licin.

4. Gunakan pelembab setelah mandi

4. Gunakan pelembab setelah mandi
Popmama.com/Novy Agrina

Agar kulit si Kecil terjaga kelembabannya, gunakan pelembab setelah mandi. Usapkan ke bagian tubuhnya merata, terutama ke bagian tubuh yang mudah kering seperti kaki, siku dan dengkul. Perawatan seperti ini akan membuat si Kecil merasa lebih nyaman.

“Dan memang benar bahwa kulit yang sehat, akan membuat bayi nyaman sehingga bisa beristirahat dengan tenang. Bayi yang kulitnya mengalami masalah misalnya ruam, biasanya akan rewel karena merasa gatal, sehingga bayi tidak bisa tidur tenang. Jika anak kurang istirahat cenderung akan berkurang imunitas tubuhnya sehingga lebih rentan terkena infeksi virus ataupun bakteri. Mama pun akan sulit beristirahat bila bayinya rewel, sehingga lebih rentan terinfeksi juga. Apalagi seorang Mama yang baru melahirkan biasanya juga masih dalam proses adaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi.”ujar dokter spesialis kulit dr. Nanny Shoraya.

Jadi, penting kan Ma untuk serius menjaga kesehatan si Kecil termasuk kesehatan kulitnya.

5. Mengeringkan dengan handuk lembut

5. Mengeringkan handuk lembut
Unsplash/Joy Tyson

Pilih handuk dengan serat yang lembut. Handuk yang terlalu kasar bisa mengurangi perlindungan pada kulit anak. Menggosok kulit saat mengeringkan kulit juga cukup pelan-pelan saja, tidak perlu menggunakan tenaga secara berlebihan. Di bagian muka, cukup diusap saja, di bagian paha cukup di tepuk-tepuk saja.

Itulah tips atau cara merawat kesehatan kulit kering dan sensitif pada anak yang bisa Mama terapkan sehari-hari. Selain menggunakan cara tadi, Mama juga harus melakukannya dengan penuh kelembutan. Selamat mencoba ya Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!