Dimakamkan di Tanah Kusir, Glenn Fredly Wafat Bukan karena Covid-19

Suasana physical distancing tetap dilakukan saat prosesi ibadah penglepasan

9 April 2020

Dimakamkan Tanah Kusir, Glenn Fredly Wafat Bukan karena Covid-19
Instagram.com/glennfredly309

Dunia musik Indonesia kembali kehilangan sosok musisi kebanggaan Tanah Air. Glenn Fredly, penyanyi asal Ambon, Maluku pada Rabu (8/4/2020) menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Bedasarkan keterangan yang beredar dari perwakilan keluarga bernama Mozes Latuihamalo mengungkapkan bahwa penyanyi yang bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo meninggal dunia dalam usia 44 tahun di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan akibat meningitis.

"Beliau sempat mengeluhkan penyakitnya ini beberapa waktu lalu, namun masih sanggup beraktivitas seperti biasa. Satu bulan terakhir, Glenn mulai merasa tidak nyaman atas penyakit yang dideritanya sehingga memutuskan untuk menjalani rawat-inap. Meski kondisinya menurun selama tiga hari terakhir, namun masih bisa berinteraksi hingga akhirnya menghembuskan napas yang terakhir pada 8 April 2020," ungkap Mozes Latuihamalo. 

Melalui pernyataan tertulis tersebut, pihak keluarga meminta doa dari rekan-rekan musisi, kerabat, teman, dan seluruh masyarakat Indonesia untuk almarhum Glenn Fredly dan memaafkan segala kesalahan yang pernah beliau lakukan, baik sengaja mau pun tidak disengaja.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, kami berharap agar para pelayat tidak hadir dalam prosesi pemakaman dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan saat ini. Doa rekan-rekan sekalian di mana pun berada sudah lebih dari cukup untuk menguatkan kami dalam rasa duka ini," katanya. 

Glenn Fredly akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Glenn Fredly akan Dimakamkan TPU Tanah Kusir
Instagram.com/glennfredly309

Jenazah Glenn Fredly rencananya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Kamis (9/4/2020). Menurut Ucie yang merupakan adik kandung Glenn Fredly, pelantun lagu Terpesona ini disemayamkan di Gereja Sumber Kasih, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Keputusan ini merupakan keinginan dari orangtua dan keluarga dari suami Mutia Ayu ini. "Sebelum dimakamkan, akan ada ibadah pelepasan pada jam 11 siang," katanya saat bertemu wartawan pada Kamis (9/4/2020).

Berikut ini serangkaian acara dan ibadan yang telah disiapkan pihak keluarga. 

  • 08.00 Ambulance datang membawa peti ke ruang atas
  • 08.00 Ruang Sudah di dekor
  • 11.00-11.15 Kata Sambutan dari Majelis Jemaat, Perwakilan Keluarga Om Olop, Membacakan Riwayat Hidup Geffin
  • 11.15-12.15 Ibadah Penglepasan
  • 12.15-12.30 Penghormatan Terakhir BC
  • 12.30-12.40 Tutup Peti
  • 12.40-12.45 Persiapan Konvoi Mobil ke Pemakaman
  • 12.45-13.00 Perjalanan dari Gereja ke Tanah Kusir
  • 13.00 Ibadah Pemakaman

Pada prosesi ibadah penglepasan, suasana physical distancing tetap dilakukan demi menaati peraturan pemerintah ditengah wabah virus corona.  

Editors' Picks

Pesan Terakhir Glenn Fredly Sebelum Meninggal Dunia

Bagi Ucie, kepergian sang Kakak begitu cepat. Ucie mengatakan bahwa Glenn Fredly tak pernah menunjukkan bahwa dirinya sakit. "Saat ulang tahun Mutia, kita masih berkumpul bersama," ucapnya.

"Glenn merupakan orang yang sederhana dan low profile, dia nggak  mau orang lain tahu kalau dia sedang sakit," ujarnya.

Di hari-hari terakhirnya, Glenn sempat mengungkapkan pesan terakhir untuk keluarganya. "Pesannya, family stick together," ucap kata Ucie Patty di rumah duka Heaven Dharmais, Jakarta Barat, Kamis (9/4/2020) dini hari.

Pemilihan Tempat Peristirahatan Terakhir Glenn Fredly

Gereja Sumber Kasih dipilih sebagai tempat terakhir Glenn karena ini adalah tempat yang paling yang sangat baik sebagai persemayaman terakhir. 

Menurut Ucie , tempat ini dipilih keluarga karena Glenn banyak menghabiskan waktunya sedari kecil di gereja tersebut.

"Memang dia bertumbuh disitu," ungkap Ucie. 

Keluarga Menegaskan Bahwa Glenn Tidak Mengidap Covid-19

Keluarga Menegaskan Bahwa Glenn Tidak Mengidap Covid-19
Instagram.com/Glennfredly309

Banyak kabar berhembus mengenai penyebab meninggalnya Glenn Fredly, namun telah dibantah dan ditegaskan oleh keluarga bahwa Glenn mengidap meningitis sebelum meninggal.

Salah satu keponakan Glenn Fredly, bernama Sabilsa dengan tegas mengatakan bahwa Glenn Fredly meninggal bukan karena terinfeksi Covid-19. "Mohon dicatat dan diklarifikasi, Glenn tidak sakit Covid-19 sedikit pun," kata Sabilsa. 

Itulah informasi seputar prosesi pelepasan terakhir Glenn Fredly. Selamat jalan putra terbaik bangsa. Rest in love!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.