Banyak UMKM Perempuan Unjuk Gigi di Citra SEMASA Piknik 2024

Masih banyak tantangan bagi UMKM perempuan untuk terus berkembang di Indonesia

1 Juni 2024

Banyak UMKM Perempuan Unjuk Gigi Citra SEMASA Piknik 2024
Popmama.com/Putri Syifa N

Pameran kreatif SEMASA sudah memasuki tahun kesekian penyelenggaraannya di 2024 ini. Gunawan Lo, Co-Founder SEMASA menuturkan dari tahun ke tahun, jumlah tenant lokal milik perempuan yang berpartisipasi di kegiatan SEMASA semakin meningkat.

Ini yang membuatnya menarik, karena jika dibandingkan sebagian besar UMKM yang berpartisipasi dalam SEMASA juga memang kebanyakan perempuan.

"Maka, penting untuk mendukung mereka agar dapat terus berkarya, lebih mandiri dan berdaya," jelasnya dalam acara Piala Citrapreuner di Citra SEMASA Piknik 2024, Jumat, (31/5/2024).

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Gerakan mendukung perempuan terus berkarya di Indonesia

1. Gerakan mendukung perempuan terus berkarya Indonesia
Dok. Citra

Dalam acara Citra SEMASA Piknik 2024, terlihat banyak tenant dari berbagai kategori mengisi di sana.

Sebagai salah satu komitmen untuk mendukung para perempuan terus berkarya, Citra hadir program “Tangan-tangan Cantik Citra” yang kali ini mengapresiasi dan mendukung para perempuan yang berkarya di bidang kreatif.

Dengan menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) dan SEMASA untuk membantu perkembangan usaha 135 UMKM berbasis ekonomi kreatif, dan memberikan penghargaan “Piala Citrapreneur” bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik.

Acara puncak penghargaan ini digelar di “Citra SEMASA Piknik 2024” pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng.

2. Mayoritas pelaku UMKM di Indonesia disokong oleh perempuan

2. Mayoritas pelaku UMKM Indonesia disokong oleh perempuan
Popmama.com/Putri Syifa N

Bukan tanpa sebab gerakan ini diusung pasalnya peranan UMKM perempuan yang semakin menjadi primadona di industri kreatif Tanah Air. Dari 60,5 persen kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional. Datanya yakni hampir 65 persen pelaku UMKM dimotori tangan-tangan cantik perempuan Indonesia.

Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai USD 135 miliar pada 2025. Namun dibalik itu, masih ada banyak tantangan yang mereka hadapi, salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami oleh 40 persen UMKM perempuan.

Demi mendorong sepak terjang mereka, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menuturkan mendorong program 3G: Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) karena kita tidak bisa sendiri, dan Gaspol untuk mendukung para UMKM terus berkembang terutama yang dibuat dan diinisiasi oleh para perempuan.

"Tahun ini juga jumlah tenant-nya meningkat, menunjukan bahwa ini event yang sangat strategis. Jadi saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolaborator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

3. Potensi perempuan terus didorong mendukung Indonesia maju

3. Potensi perempuan terus didorong mendukung Indonesia maju
Popmama.com/Putri Syifa N

Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI berkomentar, masih banyak potensi dari UMKM perempuan di bidang kreatif masih sangat besar.

"Dengan segala keunikannya, perempuan terbukti mampu bekerja secara mandiri, sensitif terhadap pasar, berani berinovasi, dan luwes dalam hal beradaptasi ataupun membentuk network dengan berbagai pihak," jelasnya.

Yessiow, seniman mural dan ilustrator muda mengatakan tidak mudah untuk perempuan bisa merasa 'setara' di berbagai sektor. Sudah berkarier selama 17 tahun pun ia masih merasakan sejumlah tantangan.

“Selama 17 tahun berkarya, pastinya ada banyak tantangan yang aku temui, tapi peluangnya pun tidak kalah besar. Dengan kerja keras dan kemauan untuk berkembang, aku bersyukur karyaku kini semakin dikenal dan diapresiasi. Belakangan ini, aku sering menjadikan sosok perempuan sebagai inspirasi karena ingin memperlihatkan bahwa mereka punya kemampuan untuk berkreasi dan patut diberikan kesempatan," jelasnya.

Puncak penghargaan “Piala Citrapreneur” diadakan di “Citra SEMASA Piknik 2024”, ada 20 pemenang berkesempatan memamerkan dan memasarkan produk andalan mereka. Yang tidak kalah istimewa, sejalan dengan value Citra sebagai produk yang natural dan ramah lingkungan, terdapat kategori spesifik yaitu “Ecopreneur”; apresiasi kepada pelaku UMKM perempuan yang mengedepankan bahan natural, atau menjalankan bisnisnya dengan prinsip sustainability.

Baca juga:

The Latest