Hadapi #NewNormal, Ini Cara Ririn Ekawati sebagai Orangtua agar Tak Resah

Ririn bagikan ceritanya mengajarkan Cattleya hidup sehat di #NewNormal

27 Juni 2020

Hadapi NewNormal, Ini Cara Ririn Ekawati sebagai Orangtua agar Tak Resah
Popmama.com/Michael Andrew

Dalam menghadapi masa #NewNormal, untuk Mama kayaknya masih ada kekhawatiran tersendiri. Terutama bagi yang masih memiliki anak balita. Ternyata keresahan menyambut masa new normal juga dirasakan oleh Ririn Ekawati. 

Melalui wawancara ekslusif dengan Popmama.com, Ririn mengungkapkan bagaimana ia mengajarkan Cattleya, putri bungsunya untuk menghadapi masa new normal. Tak hanya itu, Mama dua anak ini pun membagikan tips-nya sebagai orangtua agar siap dan tidak panik selama new normal ini.

Buat Mama yang penasaran, berikut Popmama.com bagikan tips dari selebriti Mama Ririn Ekawati yang menjadi Millennial Family of the Month Juni 2020!

1. Ririn ajarkan ke Cattleya hidup bersih dan sehat saat #DirumahAja

1. Ririn ajarkan ke Cattleya hidup bersih sehat saat DirumahAja
Instagram.com/ririnekawati

Menjelaskan pada balita atau anak di bawah 5 tahun soal hidup bersih dan sehat agak sulit. Namun, hal itu bukan menjadi halangan Ririn untuk bisa mengajarkan ke putri kecilnya Abigail Cattleya Putri. 

Sebagai Mama ia berusaha untuk menjelaskan agar putrinya itu tetap menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya sendiri. Meski Ririn dan kedua putrinya tetap berada di rumah, ia tetap menekankan bahwa hidup bersih dan sehat harus dilakukan setiap hari, ada atau tidak ada pandemi Covid-19.

"Jadi yang saya terapkan di rumah ini, kita harus rajin cuci tangan dan bersih-bersih karena kesehatan itu penting sekali," ujar Ririn dalam wawancara ekslusif sekaligus virtual photoshoot itu. 

Untuk mengajarkan Cattleya hidup bersih, Ririn memulaianya dengan mencuci tangan secara rutin. Agar Cattleya tertarik, kadang Ririn menunjukkan cara cuci tangan yang baik dan benar lewat animasi. 

"Saya mengajarkan Cattleya (cuci tangan) lewat video dan ternyata itu berpengaruh untuk anak kecil seumur dia. Karena kalau dikasih tahu atau diberi contoh responsnya dia akan biasa aja," jelas Ririn.

Editors' Picks

2. Meski Cattleya masih kecil, ia sudah tahu bahaya virus Covid-19 lho

2. Meski Cattleya masih kecil, ia sudah tahu bahaya virus Covid-19
Popmama.com/Michael Andrew

Meski umurnya masih dibawah 5 tahu, putri kecil Ririn yang satu ini sudah cukup mengerti dengan pandemi Covid-19. Diungkapkan Ririn bahwa dengan gaya Cattleya yang lucu, anaknya tersebut seolah menganggap pandemi ini sangat jahat.

Karena ia dan temannya tidak bisa bermain, bahkan Cattleya juga terpikirkan pekerjaan Ririn yang terhambat karena pandemi ini. 

"Makanya Cattleya bisa ngomong 'kenapa ya virus Corona ini jahat?'. Dari sana, karena dia sudah tahu virus akan membuatnya sakit maka saya terus ajarkan agar Cattleya selalu menjaga kesehatan dengan minum vitamin, cuci tangan dan sebagainya," tutur Ririn.

3. Ririn sudah ajarkan anak tentang protokol kesehatan sebelum adanya virus corona mewabah

3. Ririn sudah ajarkan anak tentang protokol kesehatan sebelum ada virus corona mewabah
Instagram.com/ririnekawati

Sebagai orangtua, Ririn tentunya ingin yang terbaik bagi anaknya. Tak terkecuali masalah kesehatan pasti ia ingin agar kedua anaknya yaitu Jasmine Salsabila Abeng dan Cattleya selalu sehat ke depannya.

Berkat keteguhan Ririn yang mengajarkan Cattleya selalu menjaga kesehatan, kini putri kecilnya itu sudah tidak susah lagi lho menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker ketika keluar rumah dan selalu mencuci tangan secara teratur.

"Dia (Cattleya) sudah tahu cara cuci tangan yang benar itu bagaimana, pakai masker (kalau keluar rumah) dia juga sudah mengerti," ujar perempuan yang mau menginjak usia ke 38 tahun pada November 2020 ini.

Bagaimana agar Cattleya bisa memahami itu? Ririn menyebutkan selain dirinya memberi contoh langsung, ia juga menunjukkan cara-cara untuk menjaga kesehatan melalui video animasi. Hal itu lebih mudah dipahami Cattleya karena ia menyukai kartun tersebut.

"Kita memperlihatkan video-video (animasi). Menjelaskan juga kenapa dia tidak boleh keluar (rumah) lewat video (animasi)," tutur Ririn.

5. Bagaimana cara Ririn mengajarkan Cattleya agar tetap #DirumahAja?

5. Bagaimana cara Ririn mengajarkan Cattleya agar tetap DirumahAja
Popmama.com/Michael Andrew

Diungkapkan Ririn jika anak bungsunya itu gemar sekali bermain dengan teman-temannya di sekitar rumah. Istilahnya, Ririn menyebut Cattleya 'anak komplek' karena ia gemar bersosialisasi dan ramah terhadap anak lain.

"Dia ini anak komplek, dan suka sekali main dengan anak-anak ke taman. Tapi, sekarang kan sudah tidak boleh. Jadi saya bilang ke dia kalau Cattleya (selama pandemi Covid-19) tidak boleh ikut main karena sekarang harus berjarak," jelas Ririn.

Sebagai Mama, Ririn juga mencontohkan kepada Cattleya perilaku yang benar dalam menjaga jarak. 

"Saya mengajarkan kepada Cattleya kenapa kita harus berjarak karena penularan virus ini berbahaya. Dan untungnya Cattleya cukup mengerti itu. Dia juga udah cukup mengerti kalau penularan virus Covid-19 cukup cepat," tutur Ririn. 

4. Pesan dari Ririn Ekawati untuk Mama agar tak resah!

4. Pesan dari Ririn Ekawati Mama agar tak resah
Instagram.com/ririnekawati

Menjadi kekhawatiran setiap orangtua mengenai kesehatan anak selama pandemi Covid-19. Namun, sebagai Mama, Ririn tak mau terlalu terbawa suasana yang panik tidak karuan.

Sebagai manusia, Ririn berusaha untuk menjaga seluruh keluarganya tetap sehat. Selain menjaga kesehatan dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat, ia juga tak lupa selalu percaya terhadap kekuatan doa kepada sang pencipta. 

"Keresahan itu pasti ada tapi saya tidak mau kayak parno gitu," jelas perempuan tangguh tersebut.

Baca juga:

#MillennialMama of the Month Edisi Juni 2020 – Ririn Ekawati

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Astika Alivia
Photographer - Michael Andrew

#MillennialMama of the Month

Ririn Ekawati
Millennial Mama

Ririn Ekawati

"Setiap Mama punya cerita perjuangannya masing-masing"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.