Kabar Baik! Unair, BNPB dan BIN Klaim Temukan Obat Covid-19

Ada 5 kombinasi obat diklaim efektif melawan virus Corona dalam 72 jam

14 Juni 2020

Kabar Baik Unair, BNPB BIN Klaim Temukan Obat Covid-19
Freepik/jcomp

Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Intelejen Negara (BIN) mengklaim telah menemukan obat virus Corona.

Pengumuman tersebut diungkapkan oleh Rektor Universitas Airlanggan Mohammad Nasih. Dilansir dari video Kompas TV, Unair telah menguji coba beberapa regimen sehingga ditemukan 5 kombinasi obat yang mampu menonaktifkan virus Corona dalam tubuh.

"Proses yang panjang itu kami merekomendasikan dari penelitiannya memperoleh beberapa hasil yang cukup signifikan berupa lima kombinasi obat yang dinilai sangat efektif untuk mencegah masuknya virus dan menghentikan perkembang biakan virus," ujar Mohammad Nasih.

Hal ini tentunya merupakan kabar baik ya, Ma.

Kira-kira apa saja kombinasi obat dan bagaimana fakta terkait ditemukannya obat Corona ini?

Berikut Popmama.com rangkum informasinya.

Editors' Picks

1. Berhasil menonaktfikan virus Corona dalam 72 jam

1. Berhasil menonaktfikan virus Corona dalam 72 jam
Freepik

Dilansir dari youtube TV One News, Peneliti Unair dokter Purwati mengungkapkan kombinasi obat tersebut diuji di labolatorium Unair.

Pengujian awalnya berasal dari 14 regimen, hingga akhirnya ditemukan 5 kombinasi regimen atau obat yang efektif bisa menghentikan perkembangan Covid-19 dalam tubuh.

"Hasil tersebut dapat diikuti bertahap dari 24 jam, 48 jam dan 72 jam, dan virus tersebut yang jumlahnya ratusan ribu berkurang hingga tak terdeteksi," jelas Purwati.

Kombinasi obat yang ditemukan tersebut punya cara kerja yang efektif, mulai dari menghambat virus ke sel hingga mampu menghentikan perkembangan virus. Kombinasi ini sesuai dengan potensi dan efektivitasnya.

Kemudian, dengan adanya kombinasi kedua obat tersebut akan mengurangi toksisitas daripada ketika obat-obat tersebut diberikan secara tunggal. 

2. Tersedia di pasaran, ini 5 kombinasi obat Corona

2. Tersedia pasaran, ini 5 kombinasi obat Corona
Freepik

Rektor Unair sendiri, mengumumkan bahwa 5 kombinasi obat Corona temuan kampusnya terjamin keamanannya.

Selain itu, kombinasi ini bisa digunakan dengan cepat karena obat-obat tersebut sudah ada di pasaran sebelumnya.

Adapun 5 kombinasi obat Corona tersebut yakni:

  • Loprinavir/Ritonavir + Azitromisin
  • Loprinavir/Ritonavir + Doxixiclin
  • Loprinavir/Ritonavir + Klaritomisin
  • Hidroksiklorokuin + Azitromisin
  • Hidroksiklorokuin + Doksisiklin

3. Menunggu tindak lanjut dari pemerintah

3. Menunggu tindak lanjut dari pemerintah
Pexels/Cotton Bro

Mengingat hasil kombinasi obat tersebut sudah tersedia di pasaran, tapi masih ada hal yang perlu dilakukan sebelum bisa digunakan di berbagai rumah sakit.

"Untuk obat yang dipakai sudah beredar di pasaran, yang kemudian kami buat kombinasinya. Selanjutnya, masih diperlukan tindakan untuk follow up. Tugas kami sebagai peneliti menemukan kombinasi obat Covid-19. Sudah kita serahkan hasilnya, untuk selanjutnya kami serahkan kepada pemerintah untuk ditindak lanjuti terkait dengan fase klinis dan produksi," jelasnya.

Harapan Purwati sendiri setelah ditemukannya obat Covid-19 bisa bermanfaat bagi masyarakat indonesia untuk menangani virus Corona utamanya dalam bidang treatment medical. 

"Hal ini bisa memberikan pijakan dan panduan untuk tim medis bahwa kita sudah punya dasar yang kuat dari hasil riset ini untuk obat-obat yang akan digunakan ke depannya," imbuhnya.

Semoga dengan kabar baik ini, penanganan Covid-19 di Indonesia bisa lebih cepat teratasi ya, Ma.

Meski sudah ditemukan obatnya, Mama harus tetap punya langkah preventif untuk menjaga keluarga terhindar dari virus ini tentunya. Tetap jaga kesehatan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.