Lengkap! Ini 5 Protokol Kesehatan Naik Ojek Online di Jakarta

Jangan lupa dicatat ya, agar naik ojol lebih waspada!

5 Juni 2020

Lengkap Ini 5 Protokol Kesehatan Naik Ojek Online Jakarta
IDN Times/Feny Maulia Agustin

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang PSBB dengan berbagai pelonggaran. Salah satunya adalah membolehkan ojek online dan ojek pangkalan kembali beroperasi mulai 8 Juni 2020.

Namun, protokol kesehatan wajib dilakukan baik oleh Mama dan keluarga sebagai penumpang, driver ojek online hingga penyedia layanan ojek online sendiri.

Nah, menyambut kenormalan baru untuk penggunaan ojek online ini hal utama dalam protokol kesehatan yaitu memastikan kehigienisan alat yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

Berikut Popmama.com rangkum hal-hal yang perlu Mama dan keluarga siapkan ketika memakai jasa ojek online sebagai transportasi sehari-hari.

1. Wajib membawa helm pribadi

1. Wajib membawa helm pribadi
Freepik/cookie_studio

Helm jadi alat keselamatan wajib ketika Mama atau keluarga sebagai penumpang ojek online.

Namun, untuk menjaga higienitas dan kesehatan, kita wajib membawa dan menggunakan helm pribadi ketika ojek online sudah bisa beroperasi dalam new normal mulai 8 Juni 2020 mendatang.

Tentunya penggunaan helm pribadi ini untuk mencegah transmisi penularan karena helm driver ojek online biasanya bergantian dipakai selama satu hari tersebut. 

Jadi, jangan lupa siapkan helm masing-masing ya, Ma!

Editors' Picks

2. Memakai sarung tangan

2. Memakai sarung tangan
Pixabay/un perfekt

Menyambut new normal, selain helm pribadi ternyata sarung tangan juga jadi barang yang wajib dibawa ketika menggunakan jasa ojek online.

Hal ini agar Mama atau keluarga bisa terlindungi dari transmisi bakteri atau virus dari tangan. 

Jangan lupa untuk menyiapkan 2-3 sarung tangan bersih untuk dibawa setiap hari ya Ma.

3. Selalu gunakan masker

3. Selalu gunakan masker
Freepik

Penggunaan masker ini wajib hukumnya untuk seluruh masyarakat yang keluar rumah untuk beraktivitas. Penggunaan masker juga sudah diimbau dari beberapa waktu lalu. 

Oleh karenanya, penggunaan masker ini tidak boleh ketinggalan ya Ma.

4. Membawa hand sanitizer dan tisu basah

4. Membawa hand sanitizer tisu basah
Freepik

Tak beda dengan penggunaan masker yang wajib hukumnya, membawa hand sanitizer juga jadi hal penting ya, Ma. Mengingat transmisi bakteri dan virus bermula dari tangan. Jadi menjaga kebersihan tangan adalah hal yang penting.

Selain itu, agar Mama bisa mengelap benda yang banyak tersentuh orang lain selama naik ojek online seperti jok motor bisa menggunakan tisu basah.

5. Membawa sabun cuci tangan

5. Membawa sabun cuci tangan
Freepik

Membawa hand sanitizer adalah langkah preventif ketika tidak ada air untuk mencuci tangan. Namun, ada baiknya Mama juga membawa sabun cuci tangan.

Tujuannya tentu agar lebih sering mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Meski menggunakan hand sanitizer sudah cukup membunuh kuman, virus dan bakteri bukankah lebih baik sering mencuci tangan?

Itulah tadi langkah-langkah yang bisa Mama ikuti agar keluarga aman menggunakan ojek online selama new normal. Semoga langkah-langkah tersebut bisa melindungi Mama dan keluarga agar tetap sehat. Jangan lupa dicatat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.