Selain Jokowi, Raffi Ahmad dan Dokter Reisa Juga Divaksinasi Covid-19

Sejumlah orang divaksinasi Covid-19 perdana yakni Raffi Ahmad, dokter Reisa hingga pemuka agama

13 Januari 2021

Selain Jokowi, Raffi Ahmad Dokter Reisa Juga Divaksinasi Covid-19
Instagram.com/raffinagita1717 & Instagram.com/reisabrotoasmoro

Pada penyuntikkan vaksin Covid-19 perdana ini tak hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saja yang disuntik.

Ada beberapa tokoh yang juga turut menerima vaksin Covid-19. Dua diantaranya adalah Raffi Ahmad dan Dokter Reisa Broto Asmoro.

Selain kedua orang tersebut, ada pula sejumlah tokoh penting mulai dari Menteri Kesehatan, perwakilan guru, perwakilan pemuka agama, perwakilan bidan dan sebagainya.

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya. 

1. Raffi Ahmad divaksinasi Covid-19 mewakili kaum muda milenial

1. Raffi Ahmad divaksinasi Covid-19 mewakili kaum muda milenial
Instagram.com/raffinagita1717 & Youtube.com/Sekretariat Kepresidenan

Salah satu yang menarik perhatian pada vaksinasi perdana ini adalah kemunculan Raffi Ahmad di Istana Negara. Ternyata Raffi Ahmad jadi salah satu masyarakat sipil yang menerima vaksinasi Covid-19 pertama kali pada Rabu (13/01/2020).

Lewat akun Instagramnya juga Raffi Ahmad menunjukkan undangan dari Sekretariat Negara Republik Indonesia bahwa dirinya akan menerima vaksin Sinovac mewakili kaum milenial.

"Bismillah," ujar Raffi sesaat sebelum dirinya disuntik vaksin Covid-19 dari Sinovac.

Raffi pun mengikuti proses skrining seperti yang dilakukan Jokowi. Ia ditanya mengenai kondisi fisiknya sebelum melakukan vaksinasi.

Ketika divaksinasi, Raffi Ahmad tampak tenang. Vaksinasi Covid-19 kepada Raffi Ahmad berlangsung singkat. Ia langsung mengacungkan jempolnya ketika selesai divaksinasi. Raffi juga harus menunggu selama 30 menit untuk observasi keadaan mengenai efek vaksin kepada tubuhnya. 

Editors' Picks

2. Dokter Reisa Broto Asmoro perwakilan tenaga kesehatan dan kaum milenial

2. Dokter Reisa Broto Asmoro perwakilan tenaga kesehatan kaum milenial
Youtube.com/Sekretariat Kepresidenan

Selain Raffi Ahmad, dokter Reisa Broto Asmoro juga menjadi orang yang menerima vaksin Covid-19 perdana di Istana Negara. Ia menjalani proses administrasi dan proses skirining dengan petugas kesehatan. 

Diungkapkan dokter Reisa jika selama ini banyak hoax terkait vaksin Covid-19. Padahal vaksin Covid-19 ini sudah disertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan sudah mendapat izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Tadi saya sudah disuntikkan vaksin Covid-19 dan tidak ada rasa sakit sama sekali. Sekarang saya akan menunggu 30 menit terlebih dahulu (untuk observasi)," jelas Reisa dalam Youtube Sekretariat Kepresidenan.

Hari ini dokter Reisa juga menjadi pemandu acara penyuntikan vaksin perdana. Hebat banget Mama dua ini. Semangat dokter Reisa!

3. Dokter Tirta mengaku akan divaksinasi Covid-19 di Sleman

3. Dokter Tirta mengaku akan divaksinasi Covid-19 Sleman
Instagram.com/dr.tirta

Dokter Tirta jadi salah satu influencer yang mendukung pemberian vaksin Covid-19 di Indonesia. Lewat akun Instagramnya ia kerap mengkampanyekan pentingnya vaksin ini sebagai salah satu solusi menekan penyebaran Covid-19.

Dokter Tirta menyebut akan menyusul untuk disuntik vaksin Covid-19 pada Kamis (14/1/2021). 

"InsyaAllah nyusul besok ya dari puskesmas. Unboxing (vaksin Sinovac) dari awal, sampe proses vaksin SINOVAC (ditampilkan)! Vaksin yang diterima pakde sama dengan yang diterima rakyat, gratis," jelas Tirta dalam Instagramnya, Rabu (13/1/2021). 

Ia menegaskan dalam Instagramnya agar tidak menyebar kabar hoax dan aneh-aneh. Belum lagi jika informasi tersebut dilandaskan pada hal yang masih simpang siur.

"Masih ada yang sebar aneh-aneh, wah emang dasarane koe absurd (memang dasarnya kamu absurd)," tegas dokter Tirta.

4. Meski sudah divaksinasi, Jokowi ingatkan agar tetap patuh protokol kesehatan

4. Meski sudah divaksinasi, Jokowi ingatkan agar tetap patuh protokol kesehatan
Instagram.com/jokowi

Setelah melakukan proses vaksinasi perdana, Jokowi mengingat kepada seluruh warga Indonesia agar tetap melakukan protokol kesehatan.

Meski vaksin ini adalah salah satu pilihan dan solusi untuk menghentikan mata rantai Covid-19, protokol kesehatan tetap tak boleh dilupakan.

"Vaksinasi Covid-19 in penting dilakukan untuk memutus penularan dan memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan, keamanan bagi kita semuanya. Ini juga membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi. Meski sudah dilaksanakan vaksinasi saya ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya protokol kesehatan. Ini tetap terus dilakukan," tutur Jokowi dalam keterangan persnya di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). 

Disebutkan Jokowi dalam Instagramnya jika vaksin Covid-19 inilah lama ditunggu-tunggu. Penyuntikannya pun baru dilakukan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan suci dan halal untuk digunakan.

"Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar," tutur Jokowi. 

Itulah tadi informasi mengenai Raffi Ahmad dan Dokter Reisa Brotoasmoro yang juga sudah menerima vaksin Covid-19 perdana.

Selain Raffi Ahmad dan dokter Reisa, ada pula sejumlah pihak yang ikut divaksin yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, perwakilan guru, perwakilan pemuka agama dan banyak lagi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.