7 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Perut kamu buncit? Jangan khawatir, ada cara alami untuk mengatasinya kok!

29 Mei 2019

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit
lifehubcenter.com

Memiliki perut buncit memang dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, apalagi jika hal ini dialami oleh para perempuan. Sebab tak hanya membuat sebagai perempuan bebas menggunakan busana tertentu saja, sebagian perempuan juga merasa tidak nyaman saat disangka hamil oleh orang lain karena kondisi perutnya yang membuncit.

Kamu termasuk yang demikian? Jika iya, yuk segera ubah pola hidupmu. Hal ini karena perut buncit   dapat terjadi saat kamu tidak menjaga pola makan dan pola hidup dengan baik.

Kamu yang hobi mengonsumsi makanan berlemak, gemar mengonsumsi camilan tidak sehat, dan malas berolahraga sangat rentan untuk mengalami perut buncit.

Adapun bagi kamu yang mengalaminya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut buncit.

Dilansir dari berbagai macam, berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit secara alami:

1. Batasi konsumsi gula

1. Batasi konsumsi gula
Freepik/user11011977

Seperti yang dilansir dari Healthline, kamu perlu membatasi asupan gula jika ingi perut buncitmu berkurang. Studi menunjukkan bahwa gula dapat memiliki efek berbahaya pada kesehatan metabolisme. Gula yang merupakan setengah glukosa, setengah fruktosa ini hanya dapat dimetabolisme oleh hati dalam jumlah yang terbatas.

Saat kamu mengonsumsi banyak makan yang mengandung gula tambahan, hati tidak sanggup untuk memetabolsime seluruh fruktosa dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak.

Efeknya, penumpukan lemak dan di hati bisa kamu alami.

2. Memperbanyak konsumsi makanan berserat

2. Memperbanyak konsumsi makanan berserat
Pexels/Kaboompics.com

Kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan kacang-kacangan karena makanan ini kaya akan kandungan serat.

Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat lebih lancar dan dapat lebih baik lagi dalam melarutkan lemak. 

Bahkan tak hanya membantu mengecilkan perut saja, konsumsi makanan berserat yang tinggi setiap harinya juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Editors' Picks

3. Atur porsi makan

3. Atur porsi makan
Pexels/Tookapic

Untuk mengecilkan perut buncitmu, ada baiknya untuk mengontrol porsi makan. Kamu disarankan untuk makan dalam porsi yang kecil, untuk menghindari makan berlebih.

Caranya sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu untuk mengganti piring yang biasa kamu pakai untuk makan dengan piring yang lebih kecil. Sebab uukuran piring yang kamu gunakan saat makan dapat memengaruhi porsi makan yang kamu ambil.

Nah, agar asupan makanan yang kamu konsumsi tidak mengurangi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh, penuhi piringmu dengan sayur dan buah terlebih dahulu sebelum mengambil makanan berkarbohidrat. Lalu, pastikan dalam piringmu juga terdapat makanan yang mengandung protein. Protein dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga dapat membantu menghindari makan berlebih.

4. Olahraga rutin

4. Olahraga rutin
www.healthline.com

Salah satu penyebab perut buncit adalah kurangnya olahraga sehingga untuk mengatasi perut buncit, salah satu langkah yang tidak boleh kamu abaikan adalah rutin berolahraga.

Olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap harinya dapat membantu mengecilkan perut buncit sekaligus penurunan berat badan. Olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut beragam, mulai dari kardio, yoga, hingga sit-up dan push-up.  

5. Tidur yang cukup

5. Tidur cukup
Freepik/Tirachardz

Kurang tidur juga bisa menyebabkan perut buncit. Untuk itu, pastikan tidurmu tercukupi dengan baik agar perut buncit dapat teratasi.

Caranya sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu mengatur kembali jadwar tidurmu, apalagi jika jadwal tidurmu selalu berantakan. 

Disarankan untuk mematikan lampu saat akan tidur dan hindari memainkan gadget karena hal ini bisa membuat kantukmu hilang. Kemudian, tidurlah di jam yang sama agar rutinitas tidurmu menjadi teratur.

6. Kelola stres dengan baik

6. Kelola stres baik
Freepik/Kate Mangostar

Tak disangka, stres turut berkontribusi terhadap terjadinya penumpukan lemak di perut sehingga perlu untuk mengelola stres dengan baik agar masalah perut buncit dapat teratasi dengan baik.

Stres dan perut buncit berkaitan karena saat stres, kelenjar adrenal akan melepas hormon kortisol secara berlebih sehingga mampu meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut.

7. Konsumsi makanan pengecil perut

7. Konsumsi makanan pengecil perut
Pixabay/ponce_photography

Beberapa makanan juga dipercaya mampu membantu mengecilkan perut. Dilansir dari Health.com, makanan yang dapat membantu mengecilkan perut di antaranya pisang, pepaya, timun, buncis, biji-bijian utuh, asparagus, yogurt, jahe, lemon, alpukat, kacang almond, hingga teh hijau.

Makanan-makanan tersebut dapat membantu mengecilkan perut jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Namun perlu diingat pula, kamu tetap harus menyeimbanginya dengan upaya yang telah disebutkan lainnya karena konsumsi makanan tersebut saja tidaklah memberikan hasil yang maksimal.

Berikut tadi informasi mengenai beberapa cara mengecilkan perut buncit secara alami.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.