Meski Berukuran Kecil, Ada Ragam Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan

Meski memiliki ukuran yang kecil, manfaat telur puyuh bagi kesehatan terbilang beragam

10 April 2019

Meski Berukuran Kecil, Ada Ragam Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan
Freepik

Meski memiliki ukuran yang kecil, manfaat telur puyuh bagi kesehatan terbilang beragam. Hal ini karena telur puyuh mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Dalam telur puyuh terkandung nutrisi penting seperti protein, lemak, vitamin A, vitamin C, kolin, zat besi, dan kalium. Konsumsi telur puyuh secara rutin tak hanya mampu meningkatkan daya imunitas tubuh saja, tetapi juga membawa manfaat lain.

Kamu ingin tahu apa saja? Dilansir dari Style Craze dan Organic Facts, berikut beberapa di antaranya:

1. Menyehatkan mata

1. Menyehatkan mata
Freepik

Kamu yang suka mengonsumsi telur puyuh, mungkin akan memiliki mata yang lebih sehat dibandingkan yang tidak mengonsumsi telur puyuh.

Ingin tahu alasannya mengapa? Alasannya adalah karena telur puyuh mengandung zat zeaksatin dan lutein, yang menujang kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat pada telur puyuh juga dapat membantu degenerasi makula sehingga dapat meminimalisir risiko terkena gangguan mata seperti katarak.  

2. Mencegah anemia

2. Mencegah anemia
Freepik/Katemangostar

Konsumsi telur puyuh secara rutin juga dapat mencegah kamu terkena anemia. Hal ini karena dalam telur puyuh terkandung zat besi, yaitu zat yang berperan penting terhadap produksi hemoglobin.

Jika asupan zat besi harian kamu terpenuhi dengna baik, maka tubuh akan memproduksi hemoglobin secara semisetinya sehingga risiko terserang anemia akan berkurang.

3. Menjaga tekanan darah

3. Menjaga tekanan darah
Freepik

Telur puyuh mengandung mineral penting yang bermanfaat dalam menjaga kestabilan tekanan darah. 

Dalam telur puyuh  terkandung kalium yang cukup tinggi sehingga konsumsi telur puyuh secukupnya dapat mencegah kekurangan kalium yang berdampak buruk terhadap kesehatan.

Nah, dampak buruk dari kekurang kalium bagi kesehatan di antaranya menningkatkan risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi, radang sendi, gangguan pencernaan, jantung, dan stroke.

Editors' Picks

4. Mengatasi alergi

4. Mengatasi alergi
Freepik

Jika kamu termasuk yang alergi terhadap telur ayam, telur puyuh mungkin bisa menjadi asupan pengganti yang sempurna. Sebab berbeda dengan telur ayam, telur puyuh justru dapat mencegah dan mengatasi alergi.

Kamu ingin tahu mengapa demikian? Ini karena dalam telur puyuh terkandung zat bernama ovomucoid, yaitu senyawa yang berfungsi mengatasi gejala alergi yang timbul.  

5. Meningkatkan libido

5. Meningkatkan libido
Freepik/Bearfotos

Kandungan nutrisi yang terkadung dalam telur puyuh beragam, sehingga tak heran memiliki ragam manfaat untuk tubuh, Kandungan fosfor, protein, dan vitamin yang terkadung dalam telur puyuh misalnya, bermanfaat dalam meningkatkan libido seseorang.

Tak hanya itu saja, telur puyuh juga diklaim mampu meningkatkan kesuburan seseornag. Hal ini kaena dalam telur puyuh terkandung zat penting yang dapat meningkatkan kulitas dan kuantitas sperma seperti protein, zinc, dan fosfor.

6. Detoksifikasi tubuh

6. Detoksifikasi tubuh
Freepik/Foodlesfeed

Telur puyuh mengandung zat antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan menambahkan asupan teluur puyuh ke dalam menu makanan yang kamu konsumsi, maka dapat membantu menghilangkan racun dari aliran darah.

Selain itu, kadar vitamin C dan vitamin A yang tinggi dalam telur puyuh juga dapat membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7. Menyehatkan rambut

7. Menyehatkan rambut
Freepik

Untuk kamu yang memiliki rambut rontok, konsumsi telur puyuh bisa menjadi solusi. Sebab, nutrisi yang terkadung dalam telur puyuh diklaim mampu membuat rambut menjadi lebih kuat.

Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi telur pula, rambutmu akan nampak lebih berkilau. Jadi, jangan hanya merawatnya dari luar saja, merawat dari dalam juga perlu lho!

Meski telur puyuh membawa berbagai macam manfaat kesehatan, jangan konsumsi secara berlebih. Apalagi jika kamu termasuk yang menderita kolesterol tinggi karena kandungan lemak yang terdapat pada telur puyuh terbilang cukup tinggi.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!