TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

IMGS 2022: Ada Banyak Kesempatan yang Muncul di Tengah Pandemi

Kesempatan bisa muncul di segala bidang, termasuk kesehatan

29 September 2022

IMGS 2022 Ada Banyak Kesempatan Muncul Tengah Pandemi
Pexels/Anna Shvets

Dalam acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit 2022, di The Tribrata, Dharmawangsa Hari Jumat (29/9), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kalau sebenarnya ada banyak kesempatan yang muncul di tengah pandemi ini.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 adalah hal baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sehingga meski pandemi termasuk krisis, ini mengajarkan kita untuk terus berjuang dan memanfaatkan apa yang ada di sekitar, termasuk hal yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkum pemaparan lengkap dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

1. Pandemi memberikan banyak hal baru yang bisa dipelajari

1. Pandemi memberikan banyak hal baru bisa dipelajari
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Pandemi punya banyak hal yang bisa dipelajari, khususnya di dua tahun ini ya,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Tentunya masa Pandemi Covid-19 merupakan hal yang baru bagi setiap orang. Dimana ini memberikan dampak yang luar biasa, baik dari segi ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan.

Tapi di satu sisi, Menteri Kesehatan mengajak masyarakat khususnya generasi Millennial dan Gen Z untuk sama-sama mengambil adanya kesempatan di tengah krisis ini.

2. Digitalisasi bisa bantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik

2. Digitalisasi bisa bantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan lebih baik
Freepik

Secara tidak langsung, pandemi Covid-19 menuntut kita untuk bekerja lebih cepat dan lebih praktis. Terlebih jika mengingat di awal-awal pandemi, banyak masyarakat yang terdeteksi positif Virus Corona.

Karenanya, Kementerian Kesehatan mengambil langkah tepat untuk memanfaatkan digitalisasi, seperti layanan sosial media WhatApp dan Telemdicine.

“Digitalisasi bisa jadi fasilitas untuk meningkatkan layanan informasi,” kata Menteri Kesehatan.

Salah satu contohnya yaitu program vaksinasi, yang kala itu memanfaatkan WhatsApp, untuk bantu menyebarkan informasi ke masyarakat. Selain itu, ada juga layanan Telemedicine yang bisa bantu mengirimkan obat dan kebutuhan bagi pasien Covid-19.

“Telemedicine kita bisa bantu layani 50.000 lebih pengiriman obat. Baru kali ini Kemenkes dipuji,” ungkapnya.

3. Tidak menutup kemungkinan hal ini akan diteruskan ke depannya

3. Tidak menutup kemungkinan hal ini akan diteruskan ke depannya
Freepik/rawpixel.com

Dengan keberhasilan pemerintah dalam menangani masalah pandemi Covid 19 ini, tidak menutup kemungkinan semua program yang telah berjalan akan diteruskan ke depannya.

“Semua kebaikan yang ada di pandemi, pastinya akan diteruskan,” tambahnya.

Namun lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa hal ini tak hanya terbatas pada pandemi Covid-19. Tapi termasuk masalah kesehatan lainnya seperti penyakit komorbid yang banyak di derita masyarakat, misalnya diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk