Atasi Dehidrasi dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Banyak minum air putih dan konsumsi makanan yang mengandung banyak air untuk mencegah dehidrasi

31 Juli 2021

Atasi Dehidrasi Mengonsumsi Makanan Minuman Ini
Freepik

Rasa haus merupakan sinyal bahwa tubuh membutuhkan air. Ketika merasa haus berarti sudah mengalami sedikit dehidrasi. Dehidrasi ditandai dengan rasa lelah, haus, pusing, mulut terasa kering, kesulitan fokus, atau bahkan pingsan.

Melansir dari Healthline, dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan cairan lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Banyak hal yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti demam, gangguan pencernaan (muntah, diare), kepanasan, kelelahan, dan obat-obatan tertentu, seperti obat diuretik yang dapat menyebabkan buang air kecil secara berlebihan.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu mengatasi dehidrasi, dilansir dari Healthline. Langsung cek ulasannya yuk, Ma!

1. Air kelapa

1. Air kelapa
Parentinghealthybabies.com

Ketika mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh, seperti keringat dan urin, juga harus terisi kembali.

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan tubuh dan menjaga detak jantung dalam ritme yang teratur. Beberapa mineral tersebut adalah sodium, kalsium, magnesium, dan kalium.

Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat mengalami dehidrasi karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan serta mengandung elektrolit dan beberapa karbohidrat. Mengonsumsi air kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot.

Salah satu studi menunjukkan bahwa dengan minum air kelapa bisa mengisi kembali cairan yang hilang selama berolahraga. Jika mengalami mual atau muntah, pastikan untuk minum perlahan air kelapanya.

Editors' Picks

2. Semangka dan melon

2. Semangka melon
Freepik/jcomp

Semangka dan melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan dapat membantu mengatasi dehidrasi.

Satu cangkir (152 gram) porsi semangka yang dipotong dadu, misalnya, mengandung hampir 92% (139 mL) air. Melon dalam porsi serupa mengandung sekitar 90% kadar air.

Simpan semangka atau melon di lemari es sebelum dikonsumsi. Semangka atau melon dalam kondisi dingindapat membantu mendinginkan tubuh jika dehidrasi disebabkan oleh panas atau kelelahan.

3. Kaldu dan sup

3. Kaldu sup
earthfoodandfire.com
Cara membuat kaldu ayam

Seperti air kelapa, kaldu dan sup mengandung air dan elektrolit yang tinggi. Kombinasi ini adalah kunci mengatasi rehidrasi.

Terlebih lagi kaldu tulang dan sup lainnya dengan protein hewani juga menyediakan kolagen. Ini penting membantu perbaikan jaringan sel tubuh dan untuk kesehatan sendi khususnya jika dehidrasi disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan.

Jika membuat kaldu tulang di rumah, ingatlah bahwa memasaknya selama lebih dari 8 jam akan meningkatkan kandungan kalsium dan magnesiumnya. Mineral ini penting untuk tulang dan otot serta menambahkan sayuran yang berbeda pada kaldu juga meningkatkan nutrisi.

Kaldu tulang yang berasal dari hewan juga menyediakan kolagen, yang membantu perbaikan jaringan dan kesehatan sendi.

4. Smoothie

4. Smoothie
Freepik

Minum smoothie adalah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak cairan saat mengalami dehidrasi. Untuk membuat smoothie bisa gunakan susu atau jus tanpa pemanis, lalu ditambah segenggam buah dan sayuran, dan bisa tambahkan juga yogurt untuk tambahan protein.

Mama juga dapat menggunakan susu nabati atau bubuk protein sebagai pengganti produk susu. Smoothie yang lembut, manis, dan menyegarkan dapat mengisi kembali cairan yang hilang.

Contohnya, smoothie stroberi mengandung banyak vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Ini sangat penting jika dehidrasi disebabkan oleh demam atau infeksi.

Jika perut terasa perih dan mual, coba tambahkan jahe atau mint ke dalam campuran smoothie tersebut. Ini bisa membantu menangkal mual dan mengurangi gangguan pencernaan.

5. Susu

5. Susu
Freepik/jcomp

Segelas susu memberikan cairan serta protein, karbohidrat, dan sedikit lemak. Ini adalah pilihan yang baik untuk mengatasi dehidrasi karena mengandung banyak elektrolit yang bermanfaat.

Nutrisi di dalam susu, seperti laktosa, natrium, dan kalium, membantu tubuh memperlambat laju penyerapan cairan dan seberapa cepat ini diekskresikan dalam urin. Susu adalah pilihan yang baik jika mengalami nafsu makan yang buruk atau mual.

Susu mengandung banyak air serta memiliki elektrolit dan nutrisi penting. Ini adalah pilihan yang bagus jika mengalami dehidrasi karena kelelahan atau panas, atau jika Anda mengalami nafsu makan yang buruk.

Mencegah dehidrasi berarti minum cukup air dan makan makanan yang mengandung banyak air. Rasa haus adalah sinyal tubuh kekurangan cairan, maka pastikan untuk tetap terhidrasi sebanyak mungkin agar terhindar dari dehidrasi.

Namun, jika mengalami dehidrasi yang parah, segera cari bantuan medis. Semoga informasi yang Popmama.com sajikan ini bermanfaat, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.