Cara Memblokir Nomor Telepon yang Tak Dikenal di Android dan iPhone

Mendapatkan nomor dari orang tidak dikenal terkadang mengganggu, ya!

26 November 2021

Cara Memblokir Nomor Telepon Tak Dikenal Android iPhone
Pixabay/JESHOOTS-com

Mama pasti pernah menerima telepon dari nomor-nomor yang tidak dikenal, bukan? Telepon ini bisa berasal dari telemarketer suatu perusahaan yang menawarkan pinjaman atau pembuatan kartu kredit atau juga penelepon yang iseng.

Nomor telepon yang diterima bisa juga berasal dari seseorang yang berniat jahat ingin menipu, seperti melakukan hipnotis kepada si penerima telepon. Korban mungkin akan mendapat kerugian materiil yang besar, sedangkan si penipu bersenang-senang meraup keuntungan yang didapat.

Tentu saja telepon dari nomor-nomor tidak dikenal ini sangat mengganggu dan mengusik privasi, apalagi ketika Mama sedang fokus pada sesuatu dan tidak mau diganggu.

Namun, tenang saja Ma, karena ini bisa diatasi dengan cara memblokir nomor telepon yang tidak dikenal sehingga tidak mengganggu lagi. 

Untuk itu, berikut Popmama.com telah merangkum informasi dari berbagai sumber mengenai beberapa cara memblokir nomor telepon yang tidak dikenal. Cara-cara ini bisa dengan mudah Mama lakukan, baik itu sebagai pengguna ponsel Android ataupun iPhone.

1. Cara blokir nomor telepon di Android melalui pengaturan telepon

1. Cara blokir nomor telepon Android melalui pengaturan telepon
Dok: Rezki Apriliya

Cara pertama yang bisa Mama lakukan untuk memblokir nomor telepon yang tidak dikenal adalah melalui aplikasi bawaan, yakni telepon (Phone App). Aplikasi ini biasanya mempunyai ikon gagang telepon.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi telepon (Phone App)
  • Klik titik tiga vertikal di atas layar
  • Pilih "settings" -> "block numbers"
  • Klik "add a number". Kemudian, masukkan nomor yang ingin diblokir dan konfirmasi dengan klik "block".

2. Cara blokir nomor telepon di Android melalui riwayat panggilan (recents call)

2. Cara blokir nomor telepon Android melalui riwayat panggilan (recents call)
www.wikihow.com

Jika ingin lebih praktis, Mama juga bisa memblokir nomor telepon yang tidak dikenal melalui riwayat panggilan atau log panggilan terakhir (recents call) di Phone App.

Caranya, buka Phone App -> pilih tab "Recents" -> lalu tekan dan tahan nomor yang ingin diblokir. Kemudian, Mama akan disajikan beberapa opsi di menu drop down, lalu klik opsi "block/report spam".

Selanjutnya, Mama hanya perlu centang kotak "report call as spam" dan konfirmasi dengan klik "block".

Editors' Picks

3. Cara blokir nomor telepon di Android menggunakan aplikasi Truecaller

3. Cara blokir nomor telepon Android menggunakan aplikasi Truecaller
truecaller.com

Aplikasi Truecaller adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengelola panggilan telepon. Aplikasi ini bisa memberikan informasi soal nomor yang tidak dikenal dan juga memungkinkan Mama untuk memblokirnya.

Untuk memblokir nomor telepon, langkah pertama yang perlu diakukan adalah mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Play Store.

Untuk mulai masuk ke dalam aplikasi, cukup menekan tombol "Get Started" yang berada di bagian bawah layar. Setelah berhasil masuk, Mama akan dibawa ke halaman berikutnya dan di sini Mama harus mengisi nama depan, nama belakang, nomor telepon yang masih aktif, dan alamat e-mail yang valid.

Tunggu beberapa detik hingga aplikasi mengirimkan kode verifikasi sebanyak tiga digit melalui pesan singkat. Jika sudah Mama terima, masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan dan Mama akan langsung dibawa masuk ke halaman berikutnya.

Untuk dapat memblokir nomor telepon yang tidak dikenal, Mama bisa melakukannya dengan cara memasukkan nomor telepon secara manual, dari phonebook, pesan singkat atau call log, dan lainnya. Pada saat nomor yang ditandai sebagai spam mencoba menghubungi Mama kembali, secara otomatis aplikasi akan memutuskan sambungan telepon, sedangkan bagi si penelepon, panggilannya akan dialihkan.

4. Cara blokir nomor telepon di iPhone menggunakan fitur Do Not Disturb

4. Cara blokir nomor telepon iPhone menggunakan fitur Do Not Disturb
Pexels/photoMIX Ltd.
  • Buka menu pengaturan iPhone (“Settings”). Menu ini ditandai ikon roda gigi abu-abu yang ditampilkan di home screen iPhone.
  • Lalu, klik fitur Do Not Disturb. Opsi ini berada di bagian atas menu, di samping ikon berwarna ungu dengan gambar bulan di dalamnya.
  • Kemudian, klik opsi Allows Calls From yang berada di bagian tengah layar.
  • Klik opsi All Contacts. Opsi ini berada pada segmen menu "Groups". Sekarang setiap kali fitur Do Not Disturb diaktifkan, hanya nomor-nomor yang tersimpan di kontak yang bisa menghubungi Mama.
  • Geser home screen atau halaman kunci ke arah atas dan sentuh ikon lingkaran dengan bulan sabit di bagian atas jendela “Control Center” untuk mengaktifkan atau mematikan fitur Do Not Disturb.

5. Cara blokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal di iPhone

5. Cara blokir panggilan dari nomor tidak dikenal iPhone
lifewire.com
  • Buka aplikasi Phone. Aplikasi ini ditandai oleh ikon warna hijau dan berada di pojok kiri bawah home screen ponsel iPhone dengan ikon gambar gagang telepon.
  • Klik fitur "Recents" yang ditandai ikon jam dan berada di pojok kiri bawah layar.
  • Klik ikon (i) di samping nomor yang tidak dikenali. Ikon berwarna biru ini berada di sisi kanan layar.
  • Geser layar dan klik "Block This Caller" yang berada di bagian bawah menu.
  • Lalu, klik "Block Contact". Sekarang panggilan dari nomor tersebut tidak akan diterima oleh ponsel iPhone.

6. Cara blokir nomor yang tidak dikenal lewat aplikasi FaceTime di iPhone

6. Cara blokir nomor tidak dikenal lewat aplikasi FaceTime iPhone
macrumors.com
  • Di riwayat panggilan FaceTime, ketuk tombol (i) di samping nama, nomor telepon, atau alamat e-mail kontak yang ingin Mama blokir.
  • Geser layar ke bawah, klik "Block This Caller", lalu klik "Block Contact".
  • Kemudian, pilih kontak yang ingin Mama blokir.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memblokir nomor telepon yang tidak dikenal, baik di ponsel Android maupun iPhone. Cara-cara tersebut pun relatif mudah untuk dilakukan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.