Popmama.com Segera Luncurkan Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi

Generasi Pandemi adalah anak-anak yang lahir dan tumbuh di masa pandemi Covid-19 melanda dunia

27 Oktober 2021

Popmama.com Segera Luncurkan Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi
Popmama.com/ Shania Tabina Anandanoe

Generasi pandemi tumbuh menjadi generasi yang unik. Generasi yang tumbuh di masa pandemi mengalami hal-hal yang tidak dialami oleh anak-anak dari generasi sebelumnya. Segala hal yang terjadi terkait kondisi ini membuat tumbuh kembang, perilaku, dan karakter mereka unik.

Untuk kondisi ini, Mama dan Papa perlu memiliki panduan untuk memahami dan mengerti cara memberikan stimulasi terbaik untuk mereka.

Di sinilah Popmama.com kemudian mengambil peran dengan membuat buku Parenting Guide for Pandemic Generation, panduan mengasuh generasi pandemi untuk semua orangtua.

Buku panduan pengasuhan generasi pandemi ini adalah salah satu rangkaian program Popmama.com Parenting Academy 2021: Parents Support Parents.

Buku dengan format e-book ini nanti bisa didownload dari website Popmama.com.

Mengapa Popmama.com merasa Mama dan Papa perlu membaca buku ini?

1. Karakter unik generasi pandemi perlu pemahaman khusus

1. Karakter unik generasi pandemi perlu pemahaman khusus
Freepik/freepik

Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang yang cocok untuk kondisi generasi pandemi ini.

Generasi pandemi memiliki karakter unik karena mereka tumbuh dan berkembang di situasi dunia yang bingung dan kalut karena virus penyakit.

Anak-anak generasi pandemi menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah saja, berinteraksi hanya dengan orangtua atau keluarga dekatnya, serta sangat akrab dengan teknologi sebab mereka belajar dan bersosialisasi melalui gadget. 

Generasi pandemi juga menjadi generasi yang menjalani hari-harinya dengan rasa waspada akan kesehatan. Mereka menjadi generasi yang terbiasa hidup lebih sehat dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat: mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. 

Beberapa dari mereka mengalami masa sekolah online yang membosankan, mengalami kesulitan berinteraksi dengan anak sebaya, namun menjadi sangat akrab dan intim dengan orangtuanya. 

Editors' Picks

2. Popmama.com mengundang pakar untuk mengupas tuntas generasi pandemi

2. Popmama.com mengundang pakar mengupas tuntas generasi pandemi
dok. Popmama.com

Untuk memberi panduan yang bisa segera dan mudah diterapkan semua orangtua, Popmama.com mengundang pakar-pakar yang ternama dan ahli di bidangnya untuk terlibat di dalam pembuatan buku ini.

Mereka adalah psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, M.Psi dari Tiga Generasi dan psikolog Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHP.Ed, peneliti dari Puskapa Universitas Indonesia Ni Luh Putu Maitra Agastya, dokter spesialis anak dari RSPI Puri Indah dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, dan penasihat keuangan dari Finansialku Rista Zwestika S.Sos AWP CFP.

Mereka memberikan ilmunya dalam bahasan empat pilar di dalam buku yaitu: pendidikan anak, kesehatan anak, keuangan keluarga dan pencegahan kekerasan pada anak.

3. Popmama.com melakukan penelitian dibantu pembaca sehingga sangat nyata

3. Popmama.com melakukan penelitian dibantu pembaca sehingga sangat nyata
dok. Popmama.com

Dalam penyusunan materi buku ini, Popmama.com dibantu oleh pembaca-pembaca Popmama.com yang tergabung di dalam What’s App Group Komunitas Popmama.com.

Para mama memberikan masukan, ide, dan juga menceritakan pengalaman mereka selaku orangtua dari generasi pandemi.

Dari pengalaman mereka itulah Popmama.com memetakan kondisi yang dialami generasi pandemi, tantangannya, dan apa yang diperlukan oleh orangtua agar generasi pandemi ini kelak bisa menjadi orang yang masa depannya sangat gemilang.

4. Buku ini ditulis dengan sistematis dan mudah dibaca

4. Buku ini ditulis sistematis mudah dibaca
hippopx.com/CC0

Seperti ciri khas artikel-artikel Popmama.com yang memakai gaya bahasa mudah dipahami, buku panduan generasi pandemi ini pun memakai bahasa yang sistematis dan mudah dibaca.

Cara menulis dengan daftar langkah-langkah akan memudahkan orangtua untuk melakukan hal terbaik tanpa perlu berpikir keras. Buku ini juga dihiasi ilustrasi-ilustrasi unik yang segar dan menyenangkan mata.

5. Buku ini bisa diunduh gratis di Popmama.com

5. Buku ini bisa diunduh gratis Popmama.com
Popmama.com/Shania Tania

Bagaimana cara mendapatkan buku ini? Mudah saja, Popmama.com akan membagikan buku ini secara gratis untuk Mama dan Papa.

Nanti, akan ada link untuk mengunduh buku ini di situs Popmama.com.

Ditunggu saja ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.