Anti Repot saat WFH, Ini 5 Tips Menyiapkan Menu Berbuka Puasa

Bikin pekerjaan rumah jadi lebih cepat dan praktis!

15 April 2021

Anti Repot saat WFH, Ini 5 Tips Menyiapkan Menu Berbuka Puasa
Hlb-poland.global

Apakah kamu salah satu pekerja yang masih bekerja di rumah atau Work From Home? Jika iya, maka menjalankan ibadah puasa di tengah pandemik seperti ini akan mengharuskanmu untuk bekerja sekaligus menyiapkan menu buka puasa di rumah.

Bayangkan saja, kamu harus tetap mengerjakan to-do-list pekerjaan, mengikuti virtual meeting, hingga menyiapkan makanan untuk berbuka. Nah, agar keduanya berjalan dengan seimbang, kamu harus tahu rahasia menyiapkan menu makanan untuk berbuka puasa.

Salah satu tipsnya adalah dengan menyiapkannya saat kamu memiliki waktu luang. Belum terbayang bagaimana caranya? Dilansir dari laman IDN Times, berikut Popmama.com telah merangkum 5 tips praktisnya.

1. Menyicil pekerjaan setelah sahur

1. Menyicil pekerjaan setelah sahur
Freepik/Pressfoto

Sudah tahukah kamu bahwa setelah sahur, kamu tidak disarankan untuk kembali tidur? Nah, untuk mengisi waktu luang, lebih baik kamu menyiapkan pekerjaan hari ini. Jika ada meeting, siapkan materi yang sesuai dengan pokok bahasan.

Atau bisa juga menyicil kerjaan seusai sahur. Terlebih, jika kamu tidak diwajibkan untuk memulai pekerjaan pada jam tertentu. Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal, sisanya bisa untuk menyiapkan makanan untuk buka puasa keluarga.

Editors' Picks

2. Siapkan makanan yang akan dimasak sejak malam hari

2. Siapkan makanan akan dimasak sejak malam hari
Freepik/Fabrikasimf

Untuk mempersingkat waktu, kamu bisa memotong sayuran untuk dimasak esok harinya mulai malam setelah tarawih. Beberapa sayur bisa kamu kupas, potong, serta cuci, kemudian simpan di lemari pendingin.

Lebih baik lagi jika kamu menyiapkan sekaligus dengan bumbunya. Letakkan dalam satu wadah dan kamu siap mengolahnya sesaat sebelum berbuka puasa.

Tinggal memasukkan saja ke dalam panci, kamu tak butuh waktu lama lagi untuk mempersiapkannya.

3. Buat makanan setengah matang

3. Buat makanan setengah matang
Freepik/senivpetro

Jika ada jeda saat jam kerja, kamu bisa memasak makanan hingga setengah matang dan kamu bisa melanjutkannya segera sebelum azan magrib. Hal ini hanya berlaku untuk masak sayuran saja, ya.

Cara memasak seperti ini tidak disarankan untuk memasak gorengan ataupun lauk hewani lainnya. Untuk lauk lainnya, kamu harus tetap menggoreng hingga matang sesaat sebelum berbuka puasa.

4. Mengolah makanan beku

4. Mengolah makanan beku
Pixabay/Pexels

Kamu bisa membuat makanan matang dalam keadaan beku. Bisa kamu masak ketika malam atau akhir pekan. Olah semua makananmu, tunggu hingga dingin, lalu masukkan ke dalam container atau plastik, kemudian simpan di freezer.

Hal di atas juga bisa diterapkan pada beberapa sayuran agar dapat menyimpannya lebih lama. Kamu hanya perlu waktu untuk defrost di dalam microwave jika punya.

Kalau tidak punya, kamu bisa mengeluarkannya beberapa jam sebelumnya dan memanaskannya kembali.

5. Berbelanja saat akhir pekan

5. Berbelanja saat akhir pekan
Freepik/drobotdean

Kamu akan lebih leluasa jika berbelanja pada akhir pekan sehingga pekerjaanmu tidak akan terganggu dan belanja pun akan lebih santai tanpa diganggu oleh pekerjaan.

Agar lebih efektif, tuliskan daftar belanjamu dan belilah sesuai dengan daftar belanja yang telah kamu buat. Belanja saat akhir pekan juga membuatmu punya waktu lebih untuk menyusun daftar dengan cermat dan tak diburu waktu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyiapkan hidangan berbuka. Semoga puasa yang kamu jalani selalu lancar dan berkah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.