Biar Hoki, Ini 5 Area Rumah yang Harus Selalu Bersih Menurut Feng Shui

Jangan lewatkan kebersihan 5 area rumah berikut ini ya, Ma!

23 Oktober 2020

Biar Hoki, Ini 5 Area Rumah Harus Selalu Bersih Menurut Feng Shui
Freepik/free picture

Untuk membuat keluarga di rumah lebih nyaman, sebisa mungkin kebersihan rumah harus tetap dijaga. Tak hanya membuat keluarga nyaman, rumah yang bersih juga bisa membuat para penghuninya tetap sehat.

Bahkan, menurut feng shui rumah yang bersih juga bisa mengalirkan energi positif bagi penghuninya. Sebaliknya, feng shui mengungkapkan bahwa rumah yang kotor dan berantakan bisa menghalangi aliran chi atau aliran energi mengalir di dalam rumah.

Dari sekian banyaknya ruangan di dalam rumah, feng shui menyebut bahwa ada beberapa area di dalam rumah yang harus selalu bersih. Sebab, area-area itu memiliki dampak besar pada keseluruhan energi dan nuansa ruangan di rumah.

Lalu, area-area apa saja itu? Melansir dari laman Mind Body Green, konsultan Feng Shui bersertifikat asal AS, Marianne Gordon memaparkan 5 area penting di rumah yang harus selalu bersih.

Berikut Popmama.com telah merangkum ulasan lengkapnya!

1. Area pintu depan

1. Area pintu depan
Freepik/tirachardz

Pintu depan merupakan area terpenting, karena bisa menarik energi masuk ke dalam rumah. Dengan alasan itulah, area yang satu ini harus selalu bersih dan rapi.

Selain bersih, pastikan juga bahwa pencahayaan di area pintu depan juga cukup terang, agar beranda atau pintu depan terlihat menonjol.  

Editors' Picks

2. Area pintu masuk

2. Area pintu masuk
Soompi.com

Selanjutnya adalah pintu masuk. Dalam ilmu feng shui, area ini sering disebut sebagai jalan untuk masuknya energi. Bagaimana tidak, area pintu masuklah yang pertama kali menyambut kedatangan keluarga ataupun tamu di rumah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan kerapian di area ini agar energi positif yang mengalir ke dalam ruangan bisa mengalir dengan baik.  

3. Bagian tengah rumah

3. Bagian tengah rumah
freepik.com

Menurut feng shui, area tengah rumah bisa memengaruhi apakah energimu terdistribusi secara harmonis ke seluruh ruangan atau tidak. Karena itulah, kamu harus memastikan bahwa ruangan ini selalu rapi dan juga bersih.

Untuk memastikannya, bersihkan atau rapikan area ini setiap hari. Selain itu, pastikan agar kamu tidak membiarkan area ini kotor, karena bisa menghalangi atau mencegah aliran energi menyebar ke ruangan lain di dalam rumah.

4. Area dapur

4. Area dapur
Pixabay/mgattorna

Dalam ilmu feng shui, dapur diibaratkan sebagai jantung rumah sebab dari situlah datangnya ‘kehangatan’ di dalam rumah. Menurut feng shui, idealnya dapur memiliki energi yang hangat, serta memiliki suasana nyaman dan mengundang.

Nah, untuk mendapatkan energi dan suasana tersebut, tentunya kamu harus memastikan bahwa area ini selalu bersih dan terhindar dari kotoran. Pastikan kamu membersihkan area ini sesegera mungkin setelah memasak.

5. Jendela dan cermin

5. Jendela cermin
Freepik/free picture

Jendela dan cermin di dalam rumah melambangkan kejernihan pikiran dan juga kemakmuran. Dengan alasan itulah, kamu harus memastikan bahwa area tersebut tetap bersih.

Marianne Gordon menyarankan agar kamu rutin membersihkan jendela atau cermin setidaknya seminggu sekali, agar terhindar dari debu atau kotoran. 

“Manfaat yang didapat jika jendela atau cermin bersih sangat luar biasa. Menurut pengalaman saya, jendela atau cermin yang bersih bisa memberi otak ledakan dopamin yang cepat, sehingga kita pun akan selalu merasa bahagia,” kata Gordon. 

Itu dia kelima area rumah yang harus selalu bersih menurut feng shui. Terlepas dari kepercayaan tersebut, kamu tetap harus menjaga seluruh area rumah tetap bersih, agar keluarga yang tinggal di dalamnya pun bisa lebih sehat dan tehindar dari penyakit. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.