Azka Corbuzier Kini Kekar! Ternyata Ini 3 Aturan Membesarkan Otot Anak

Sang Mama sampai kaget dengan pertumbuhan Azka!

23 Agustus 2020

Azka Corbuzier Kini Kekar Ternyata Ini 3 Aturan Membesarkan Otot Anak
Instagram.com/azkacorbuzier

Anak tunggal dari mantan pasangan Deddy Corbuzier dan Kalina Oktarani, Azkanio Nikola Corbuzier kini sudah tumbuh besar dan bertubuh kekar.

Hal tersebut terlihat jelas dari unggahan foto dan video yang diunggah oleh akun pribadinya sendiri, @azkacorbuzier. Dalam salah satu postingannya, sang Papa, Deddy Corbuzier terlihat sedang mengukur tinggi badan Azka. 

Azka Corbuzier Kini Kekar Ternyata Ini 3 Aturan Membesarkan Otot Anak
Instagram.com/azkacorbuzier

Ternyata tinggi badan remaja 14 tahun ini sudah mencapai 179 sentimeter. Tubuh Azka pun terlihat berisi dengan lengan yang berotot seperti Papanya.

"179 cm..... 179... are you kidding me? Just one more cm please..," tulis Azka Corbuzier pada Rabu 3 Juni 2020. 

Perubahan Azka memang sudah terlihat sejak ia kerap berlatih di gym seperti sang Papa. Ia juga kerap mengunggah video saat berlatih menggunakan alat-alat olahraga yang membuat perubahan tubuhnya sangat siginifikan, mulai dari tinggi sampai bentuh tubuh yang terlihat kekar.

Melihat perubahan putranya, sang Mama Kalina Oktarani pun langsung terkejut. Ia tidak menyangka putranya memiliki tinggi badan yang tak jauh dengannya. 

"OMG, udah beda 5 cm sama Mama. Cepet banget sih kamu besarnya nak," kata Kalina pada kolom komentar.

Nah, bagi Mama dan Papa yang ingin anak kesayangannya juga tumbuh sehat dan kekar seperti Azka, berikut Popmama.com telah merangkum 3 aturan membesarkan otot anak.

Catat, ya!

Editors' Picks

1. Usia yang tepat untuk membesarkan otot anak

1. Usia tepat membesarkan otot anak
Instagram.com/azkacorbuzier

Saat masa pubertas, pertumbuhan tulang anak dan pertambahan massa ototnya sudah mencapai puncak. Tulang anak juga bertambah panjang sehingga tinggi anak pun bertambah dan otot anak semakin besar sehingga postur tubuhnya juga semakin besar.

Pada saat ini, olahraga memang penting dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dan otot anak.

Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin sering otot dan tulang digunakan, sehingga semakin kuat otot dan tulang anak.

Hal ini tentu baik, namun yang perlu di garis bawahi adalah jangan terlalu banyak melakukannya. Olahraga yang dilakukan juga harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh anak.

Terlalu banyak menempatkan tekanan (stres) pada tubuh, dapat memicu reaksi tubuh yang berbeda pada usia berbeda. 

2. Jenis olahraga yang aman untuk membesarkan otot anak

2. Jenis olahraga aman membesarkan otot anak
Instagram.com/azkacorbuzier

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bagi anak atau remaja yang ingin membesarkan otot agar mulai latihan yang lebih ringan sehingga otot berkembang dengan bentuk yang tepat, selain itu mulailah berlatih kardio secara teratur, dan menghindari latihan angkat beban yang terlalu berat.

Anak atau remaja disarankan untuk melakukan olahraga yang sifatnya melawan gravitasi (weight-bearing exercise). Olahraga ini memberi beban pada tulang dan otot sehingga membantu otot dan tulang lebih kuat.

Contoh dari olahraga tersebut, antara lain: 

  • Berjalan
  • Lari
  • Sepak bola
  • Futsal
  • Basket
  • Voli
  • Tenis
  • Lompat tali
  • Gimnastik
  • Aerobik

Berenang dan bersepeda bukan merupakan olahraga yang memberi beban pada tulang, tapi kedua olahraga tersebut juga bisa anak lakukan untuk membantu mengembangkan otot yang kuat dan tulang yang sehat.

3. Konsumsi makanan bergizi dan hindari suplemen

3. Konsumsi makanan bergizi hindari suplemen
Instagram.com/azkacorbuzier

Selain dari segi pelatihan, yang tak kalah penting adalah segi makanan yang dikonsumsi. Melatih otot dari luar tidak akan maksimal jika tidak ditunjang dengan asupan dari dalam juga.

Namun, untuk anak-anak, hindari konsumsi suplemen. Hormon pertumbuhan anak atau remaja belum siap sehingga kurang baik untuk mengonsumsi suplemen.

Sebaliknya, biasakan anak untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah atau makanan lain yang mengandung vitamin dan protein guna menunjang pertumbuhannya.

Kurang nutrisi dan terlalu banyak melakukan olahraga justru dapat membuat tulang menjadi rapuh, mudah cedera, dan nyeri otot berkepanjangan.

Nah, itulah ketiga aturan membesarkan otot anak atau remaja agar seperti Azka Corbuzier, anak Deddy Corbuzier dan Kalina Oktarani.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.