Bisa Dimainkan Keluarga! Ini 5 Edukasi Corona untuk Anak dari KPPPA

Bosan di rumah? Coba mainkan beberapa permainan seru ini, yuk!

21 Maret 2020

Bisa Dimainkan Keluarga Ini 5 Edukasi Corona Anak dari KPPPA
huffingtonpost.com

Mewabahnya virus corona atau COVID-19 di berbagai belahan dunia membuktikan bahwa penyebaran virus yang satu ini sangatlah cepat. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun berpotensi terinfeksi COVID-19, lho!

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengedukasi anak-anak mengenai bahaya corona bagi kesehatannya. Tak mudah memang menjelaskan masalah corona dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh anak-anak.

Maka dari itu, untuk membantu orangtua di Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) membuat beberapa buku edukasi anak mengenai corona dalam bentuk PDF yang dapat diunggah secara gratis!

Dalam buku tersebut, KPPPA bekerjasama dengan ilustrator untuk menjelaskan pada anak mengenai bahaya corona beserta pencegahannya.

Nah, daripada semakin penasaran dengan isi bukunya, berikut Popmama.com telah merangkum 5 ulasan lengkap yang wajib orangtua ketahui!

1. Gembira Bersama Ayah & Ibu: Activity Book

1. Gembira Bersama Ayah & Ibu Activity Book
Dok. KPPPA

Jenis buku pertama yang dikeluarkan oleh KPPPA berjudul 'Gembira Bersama Ayah & Ibu: Activity Book'. Tak seperti buku cerita biasa, dalam buku yang berbentuk PDF ini, KPPPA juga menyelipkan beberapa aktivitas dan permaianan menarik di dalamnya.

Dengan begitu, anak pun dapat mempraktekan langsung anjuran yang diperintahkan dalam buku edukasi tersebut. Buku 'Gembira Bersama Ayah & Ibu: Activity Book' memiliki 3 karakter utama yang nantinya akan mengajarkan anak mengenai bahaya virus corona, pencegahan virus corona, dan kepedulian anak terhadap virus corona di lingkungannya.

Ketiga karakter tersebut bernama Apin, Aseh, dan Ati. Berhubung buku ini dicetak dalam bentuk PDF, maka setelah mengunggahnya, Mama dapat langsung mencetaknya di kertas HVS dan langsung ajak si Kecil bermain!

Editors' Picks

2. Gembira Bersama Ayah & Ibu: Story Book

2. Gembira Bersama Ayah & Ibu Story Book
Dok. KPPPA

Selanjutnya adalah buku 'Gembira Bersama Ayah & Ibu: Story Book'. Berbeda dengan jenis buku di atas yang lebih banyak mengajak anak untuk ikut berpartisipasi, Gembira Bersama Ayah & Ibu edisi Story Book ini lebih menjelaskan mengenai bahaya corona dengan alur cerita yang menarik.

Tak hanya menjelaskan tentang corona dan pencegahannya, buku keluaran KPPPA yang satu ini juga dapat mengedukasi anak untuk tidak mengganggu sang Papa yang sedang bekerja di rumah atau Work from Home (WFH) saat corona mewabah.

Bahkan dalam buku tersebut, Mama juga bisa mendapatkan inspirasi kegiatan menarik yang dapat dilakukan bersama anak di rumah, lho!

3. Yuk Jadi Pelopor & Pelapor (2P) untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

3. Yuk Jadi Pelopor & Pelapor (2P) Mencegah Penyebaran COVID-19
Dok. KPPPA

Jika kedua buku sebelumnya lebih mengarah pada cerita dan aktivitas anak, buku 'Yuk Jadi Pelopor & Pelapor (2P) untuk Mencegah Penyebaran COVID-19' justru lebih menjelaskan mengenai do's and dont's yang dapat dilakukan anak saat mewabahnya virus corona.

Tak hanya menjadi pelopor pencegahan corona, anak-anak juga diajak untuk bisa lebih peduli terhadap lingkungan dengan melaporkan orang-orang yang dicurigai terinfeksi COVID-19.

4. Gembira Bermain di Rumah Bersama Ayah & Ibu

4. Gembira Bermain Rumah Bersama Ayah & Ibu
Dok. KPPPA

Edukasi selanjutnya yang diberikan oleh KPPPA tidak lagi buku berbentuk PDF.

Lebih ringkas dan mudah dimengerti, KPPPA pun mengeluarkan flyer edukasi guna memberikan inspirasi kegiatan di masa karantina kepada seluruh keluarga di Indonesia.

Dalam flyer edukasi tersebut, KPPPA memberikan 6 pilihan kegiatan seru dan menarik yang dapat dilakukan anak dan orangtua di rumah agar tidak bosan.

Bisa dicontoh nih, Ma!

5. Gembira Bersama Anakku di Rumah

5. Gembira Bersama Anakku Rumah
Dok. KPPPA

Masih berbentuk flyer edukasi, kali ini KPPPA juga turut mengedukasi orangtua untuk terus melakukan kegiatan yang seru dan mendidik pada anak selama masa karantina.

Flyer edukasi yang bertajuk 'Gembira Bersama Anakku di Rumah' ini menjelaskan 6 kegiatan penting yang dapat dilakukan orangtua di rumah bersama anak.

Tak hanya sekedar memberikan pilihan kegiatan, KPPPA juga menjelaskan manfaat yang akan didapatkan anak ketika melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Nah, itulah kelima jenis edukasi dari KPPPA tentang bahaya corona yang dapat dijelaskan dengan mudah pada anak.

Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan keluarga ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.