10 Jenis Pisang asal Indonesia dan Cara Mengonsumsinya

Di Indonesia, pisang memiliki banyak ragamnya

24 Oktober 2020

10 Jenis Pisang asal Indonesia Cara Mengonsumsinya
Pixabay/stevepb

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Hampir semua tanah yang ada di Indonesia sangat subur untuk dijadikan lahan bercocok tanam. Maka tak heran jika Indonesia memiliki begitu banyak sumber makanan.

Hasil kebun dari Indonesia juga sangat beragam. Satu jenis tumbuhan bisa memiliki berbagai macam variasinya, seperti pisang misalnya.

Di Indonesia tidak cukup hanya mengatakan pisang saat membeli pisang di toko buah. Pembeli harus tahu pasti pisang apa yang ingin dikonsumsi. Jika tidak mengetahui perbedaan dari variasi pisang maka penjual bisa menjelaskan perbedaannya.

Masing-masing variasi pisang memiliki keunikan rasanya masing-masing. Maka tidak semua pisang bisa dikonsumsi dengan cara yang sama. 

Untuk mengetahui apa saja perbedaan macam pisang Indonesia, coba cek informasi Popmama.com ini dulu ya, Ma!

1. Pisang ambon paling banyak digemari

1. Pisang ambon paling banyak digemari
Instagram/debbie_ariesthea's

Penggemar pisang pasti tahu pisang yang satu ini, pisang ambon. Pisang ini sangat mudah didapat di toko buah.

Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut membuat pisang ini banyak digemari orang. Memang tidak sulit untuk dapat merasakan nikmatnya pisang ambon. Sebab, tanpa mengolahnya, pisang ambon memang sudah sangat enak.

Selain dimakan langsung, pisang ambon juga sering dijadikan campuran smoothies atau MPASI bayi. Semakin banyak bintik hitam pada pisang ambon maka akan semakin manis dan lembut.

2. Pisang raja sereh cenderung agak asam

2. Pisang raja sereh cenderung agak asam
infobumi.com

Pisang raja sereh merupakan salah satu jenis pisang yang sangat mudah ditemui di penjual pisang. Secara fisik, kulit pisang ini berwarna kuning dengan bintik hitam. Semakin matang pisang ini maka bintik hitam di kulitnya akan semakin banyak.

Rasa pisang raja sereh cenderung agak asam. Oleh karena itu, pisang raja sereh akan lebih cocok untuk diolah. Bisa dibuat menjadi kolak pisang atau campuran kue.

3. Pisang kapas tapi tidak seperti kapas

3. Pisang kapas tapi tidak seperti kapas
Instagram/embiazhar

Untuk bisa mendapatkan nikmatnya mengonsumsi pisang kapas akan lebih baik untuk mengolahnya terlebih dahulu. Sebab, walaupun rasa pisang ini manis tetapi aromanya kurang dapat tercium.

Meskipun namanya pisang kapas, tetapi daging di dalamnya tidak seperti kapas. Hanya saja pisang ini memiliki kulit yang cukup tebal.

4. Pisang uli sangat cocok jadi pendamping kopi atau teh

4. Pisang uli sangat cocok jadi pendamping kopi atau teh
Instagram/erlinprawiranegara

Pisang uli juga masih termasuk ke dalam keluarga pisang raja.

Biasanya pisang ini akan sangat cocok jika diolah menjadi gorengan sebagai teman untuk kopi atau teh di pagi hari. Pisang uli juga cocok dijadikan keripik atau sale pisang.

Editors' Picks

5. Pisang mas memiliki ukuran yang lebih kecil

5. Pisang mas memiliki ukuran lebih kecil
Instagram/ruru_tj02

Pisang mas memiliki tekstur daging yang hampir menyerupai pisang ambon. Hanya saja pisang ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pisang ini bisa dimakan langsung ataupun menjadi bahan campuran untuk membuat kue. Rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut membuat pisang ini cukup digemari.

6. Pisang kepok merupakan hasil budidaya Filipina

6. Pisang kepok merupakan hasil budidaya Filipina
Instagram/makankeluarga

Bagi pecinta pisang pasti sudah tidak asing dengan pisang kepok. Walaupun pisang kepok sangat mudah ditemukan di Indonesia, ternyata pisang ini berasal dari Filipina.

Untuk mengolah pisang kepok akan sangat cocok jika dikukus. Rasa pisang akan menjadi sangat manis.

Atau jika ingin merasakan rasa yang gurih maka pisang ini sangat cocok untuk dijadikan keripik pisang yang garing dan renyah.

7. Pisang nangka kulitnya hijau walaupun sudah matang

7. Pisang nangka kulit hijau walaupun sudah matang
Instagram/suriantiarshadgmai

Pisang nangka ini cukup unik. Sebab, pisang ini matang walaupun kulitnya berwarna hijau.

Namun, pisang ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis. Pisang nangka paling cocok jika dijadikan keripik, gorengan, atau isian kue tradisional.

8. Pisang cavendish yang sangat mudah didapat di supermarket

8. Pisang cavendish sangat mudah didapat supermarket
freepik.com/008melisa

Jenis pisang yang satu ini adalah varietas pisang yang diimpor dari Amerika dan sangat mudah ditemukan di supermarket. Rasanya yang manis dan lembut menyerupai pisang ambon.

Pisang cavendish bisa langsung dimakan ataupun dijadikan bahan untuk membuat kue atau smoothies.

9. Pisang susu memiliki rasa yang sangat manis

9. Pisang susu memiliki rasa sangat manis
Instagram/juliyanti7788

Pisang susu memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran pisang biasanya. Ciri khas kulitnya berwarna kuning dengan ada bercak kehitaman.

Namun, rasa pisang ini sangat manis. Pisang susu sering dijadikan isian sandwich atau dadar gulung pisang.

10. Pisang tanduk memiliki bentuk yang menyerupai tanduk

10. Pisang tanduk memiliki bentuk menyerupai tanduk
Instagram/backyardplastavfall's

Pisang tanduk merupakan pisang yang berasal dari daerah Sukabumi. BUahnya yang ramping dan panjang menyerupai tanduk sehingga dinamai pisang tanduk.

Rasa pisang ini agak cenderung asam manis. Sehingga, pisang tanduk akan cocok dijadikan gorengan atau cukup dengan dikukus.

Setelah mengetahui jenis-jenis pisang yang umum ditemukan di Indonesia, semoga membantu Mama untuk memilih pisang mana yang mau dikonsumsi atau dijadikan olahan makanan tertentu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.