Solidaritas di Tengah Pandemi Covid-19, RI Mengirim Oksigen ke India

Lonjakan kasus Covid-19 di India mendorong Indonesia mengirimkan bantuan sebagai solidaritas

13 Mei 2021

Solidaritas Tengah Pandemi Covid-19, RI Mengirim Oksigen ke India
Freepik/kjpargeter

Setahun berlalu, pandemi Covid-19 masih membayangi dunia, tidak terkecuali India. Setelah sempat menurun sebelumnya, lonjakan kasus Covid-19 terus terjadi di India hingga memakan banyak korban.

Ratusan ribu kasus terjadi dengan begitu cepat, sehingga membuat sistem kesehatan India kolaps.

Kejadian ini tidak membuat pemerintah Indonesia berdiam diri. Atas arahan Presiden RI, Joko Widodo, Indonesia pun mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada India.

Berikut berita lengkapnya dapat disimak pada ulasan Popmama.com kali ini!

Editors' Picks

1. Bantuan oksigen untuk penanganan Covid-19 di India

1. Bantuan oksigen penanganan Covid-19 India
Unsplash/Samuel Ramos

Pandemi Covid-19 masih melanda seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. India bahkan mengalami gelombang kedua dengan kisaran kasus virus corona harian sebanyak ratusan ribu.

Kondisi tersebut membuat sistem kesehatan di sana menjadi kolaps. Oksigen pun menjadi barang langka, bahkan para tenaga medis kewalahan dengan pasien yang terus berdatangan.

Dalam rangka mengedepankan prinsip kemanusiaan, pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan hibah alat kesehatan berupa oxygen concentrators (oksigen konsentrator) untuk penanganan Covid-19 di India.

RI pun telah mengirimkan 200 oksigen konsentrator pada Rabu (12/4/2021) siang menggunakan pesawat Garuda Indonesia.
 

2. Solidaritas di tengah pandemi Covid-19

2. Solidaritas tengah pandemi Covid-19

Menlu Retno menjelaskan, bantuan kemanusiaan tersebut merupakan pengiriman yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada 10 Mei 2021, pemerintah bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia juga telah mengirimkan 1400 tabung oksigen silinder ke India.

Menurut Retno, rasa solidaritas menjadi alasan Indonesia mengulurkan tangan untuk membantu penanganan pandemi yang terjadi di India. Ia berharap bantuan tersebut bisa meringankan dan membantu pasien di India yang terpapar Covid-19.

"Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia ke India. Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi Covid-19," ucap Retno.

3. Hubungan erat antara Indonesia dan India

3. Hubungan erat antara Indonesia India
pixabay/wiganparky0

Menlu Retno juga mengatakan bahwa Indonesia mengikuti perkembangan situasi pandemi di India termasuk kebutuhan mendesak terhadap oksigen.

Ia pun menyampaikan, bahwa kedua negara ini merupakan sahabat lama, sahabat dekat sekaligus mitra strategis.

"Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan PM Jawaharlal Nehru, sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan PM Modi," jelasnya.

Kerja sama antara India dan Indonesia untuk menangani pandemi pun sudah dilakukan sejak awal kasus Covid-19 merebak di dunia. Salah satunya dengan program vaksinasi Covid-19 serta pemenuhan bahan baku obat yang diperlukan oleh Indonesia.

Selain itu, India juga mendukung pengadaan vaksin dalam kerangka multilateral melalui Covax Facility. Kini, di saat India tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19, sehingga Indonesia tentu tak bisa tinggal diam begitu saja.

Lonjakan kasus Covid-19 di India bisa menjadi pelajaran bagi Indonesia. Meski terjadi penurunan kasus dan vaksinasi sudah dilakukan, masyarakat tidak boleh lengah.

Demi tidak mengalami kasus serupa, masyarakat Indonesia harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Semoga kasus Covid-19 di India dapat segera teratasi dan penularan pun dapat ditekan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.