Hilang 2 Tahun, Aliando Syarif Terkena Gangguan Penyakit OCD

Sudah lama tidak terlihat di dunia hiburan maupun media sosial, ini kondisi Aliando Syarief saat ini

28 Januari 2022

Hilang 2 Tahun, Aliando Syarif Terkena Gangguan Penyakit OCD
Instagram.com/aliandooo

Salah satu aktor muda Indonesia, Aliando Syarief mengatakan bahwa dirinya menderita OCD selama 2 tahun terakhir. Aliando baru kembali ke publik setelah berbulan-bulan tidak menampakkan diri di dunia hiburan.  

Aliando mengaku bahwa dirinya menghilang dari mata publik setelah didiagnosa mengidap gangguan OCD atau obsessive-compulsive disorder. Berikut ini Popmama.com akan menjelaskan terkait Aliando Syarief terkena gangguan penyakit OCD. Yuk disimak! 

Editors' Picks

1. Apa itu gangguan OCD?

1. Apa itu gangguan OCD
Pexels/karolinagrabowska

Melansir dari American Psychiatric Association, gangguan obsesif kompulsif (OCD) adalah gangguan di mana orang memiliki pikiran, ide, atau sensasi yang berulang dan tidak diinginkan (obsesi) yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berulang (kompulsif).  

Obsesi adalah pikiran, impuls, atau gambaran yang berulang dan terus-menerus yang menyebabkan emosi yang menyusahkan seperti kecemasan atau jijik. Banyak orang dengan OCD sadar bahwa pikiran, impuls, atau gambar mereka adalah hal yang berlebihan atau tidak masuk akal.  

Kebanyakan orang dengan OCD mencoba untuk meringankan tekanan obsesi dengan kompulsi, mengabaikan atau menekan obsesi, atau mengalihkan perhatian mereka dengan aktivitas lain.  

Kompulsi adalah perilaku berulang atau tindakan mental seseorang merasa didorong untuk melakukan dalam menanggapi obsesi. Perilaku biasanya mencegah atau mengurangi penderitaan seseorang yang terkait dengan obsesi.  

Kompulsi dapat berupa respons berlebihan yang secara langsung berhubungan dengan obsesi atau tindakan yang sama sekali tidak terkait dengan obsesi.

2. Gejala OCD yang Aliando alami selama 2 tahun terakhir

2. Gejala OCD Aliando alami selama 2 tahun terakhir
Pexels/cottonbro

OCD biasanya datang dalam berbagai bentuk gejala, berikut ini gejala OCD yang dialami oleh Aliando Syarief selama 2 tahun terakhir.  

  • Mengetik kata di keyboard harus diulang-ulang  
  • Memakan kuaci dengan menyusunnya satu-satu  
  • Butuh perjuangan ketika ingin mandi karena harus mengendalikan pikirannya
  • Nggak bisa membuang sampah  
  • Tangan stuck di posisi tertentu, baru bisa bergerak ketika dia sudah berhasil mengendalikan pikirannya  
  • Penyebab OCD-nya karena diberikan gelombang negatif seperti pemikiran yang di luar keinginan sendiri  

3. Sempat kambuh di tengah syuting sinetron

3. Sempat kambuh tengah syuting sinetron
Instagram.com/aliandooo

Aliando Syarief sempat merasakan kambuh gangguan mentalnya saat sedang di tengah syuting sintetron. Ia juga tidak menyangka bahwa penyakitnya itu akan kambuh, namun ia harus memaksa untuk meneruskan adegannya.  

Ia mengatakan bahwa momen saat penyakitnya itu kambuh juga sempat terekam dalam salah satu episode sinetron Keajaiban Cinta yang sedang dibintanginya. Saat itu, ia merasa harus melakukan suatu tindakan. Tapi, ia harus berusaha untuk melawan pikirannya yang tiba-tiba muncul itu.  

“Tapi yang namanya di layar kaca kita nggak bisa membagikan suatu hal yang negatif, tetap berusaha untuk melakukan hal yang positif,” ujar Ali saat sedang melakukan siaran langsung di akun Instagram pribadinya.  

Demikian beberapa penjelasan terkait Aliando Syarief yang terkena gangguan penyakit OCD. Semoga cepat membaik ya Ali!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk