10 Perbedaan yang Akan Ditemukan dalam Chinese Food dan Western Food

Ini dia! Perbedaan antara Chinese Food dengan Western Food

25 Januari 2022

10 Perbedaan Akan Ditemukan dalam Chinese Food Western Food
Instagram.com/allie.eats

Mama dan keluarga pasti pernah menikmati makanan China di restoran China yang ada di Indonesia. Tapi, pernah nggak Mama memperhatikan beberapa perbedaan antara makanan China dengan makanan Barat?  

Nah, salah satunya adalah alat makan yang dipakai. Kalau makanan China biasanya menggunakan sumpit. Sedangkan makanan Barat, biasanya menggunakan sendok dan garpu. Melansir dari chinahighlights.com, ternyata masih ada lagi lho, Ma perbedaan antara makanan China dengan makanan Barat.  

Apa saja sih? Berikut Popmama.com akan menjabarkan tentang 10 perbedaan yang akan ditemukan dalam Chinese Food dan Western Food. Ini dia!  

1. Orang China biasa menyantap makanan bersama, orang Barat biasanya lebih senang menikmati makanan secara individu

1. Orang China biasa menyantap makanan bersama, orang Barat biasa lebih senang menikmati makanan secara individu
pixabay.com

Orang China biasanya menyantap makanan bersama dengan lainnya atau berbagi makanan dengan orang lain. Tetapi, orang Barat hanya menikmati makanannya secara individu atau satu porsi untuk dirinya saja.  

Kebiasaan tersebut karena salah satu hal yang wajib dalam etika makan di China, yaitu menawarkan makanan kepada orang lain ketika melihat piringnya sudah kosong. Mereka harus bertanya apakah mereka mau sebagian makanan yang dipunya atau tidak.  

2. Koki China sudah menyediakan makanannya dengan potongan kecil, sedangkan Barat masih dalam potongan besar

2. Koki China sudah menyediakan makanan potongan kecil, sedangkan Barat masih dalam potongan besar
Instagram.com/rm.akoen

Mama pasti pernah menyadari ketika makan Chinese Food, makanan sudah dalam keadaan terpotong kecil-kecil menjadi beberapa bagian. Namun, ketika Mama makan Western Food, makanan masih dalam keadaan potongan yang besar jadi harus menggunakan pisau untuk memotongnya.  

Nah, itu juga merupakan salah satu perbedaan antara Chinese Food dengan Western Food, Ma. Jadi, saat Mama makan Chinese Food, Mama hanya tinggal mengambil makanan dengan menggunakan sumpit, tidak harus memotonganya terlebih dahulu.  

3. Orang China biasanya memasak ikan dengan tulang, sedangkan orang Barat biasanya makan ikan fillet

3. Orang China biasa memasak ikan tulang, sedangkan orang Barat biasa makan ikan fillet
Unsplash/Jametlene Reskp
Makan ikan dapat tingkatkan peluang hamil dan naikkan gairah seksual.

Ini menjadi perbedaan yang akan kamu temukan ketika menikmati Chinese Food dengan Western Food, biasanya orang China memasak ikan tidak membuang tulangnya. Mereka hanya memotong dagingnya dengan beberapa bagian saja. Sedangkan orang Barat, biasanya makan ikan dalam keadaan yang sudah tidak ada tulangnya atau ikan fillet.  

Orang barat juga biasanya menyantap daging dengan tulang yang utuh atau tanpa tulang namun masih dalam ukuran yang besar, tidak dipotong-potong. Berbeda dengan orang China yang memakan daging sudah dalam keadaan potongan kecil.

4. Biasanya orang China memasak sayuran dengan macam cara, sedangkan orang Barat biasanya hanya merebusnya

4. Biasa orang China memasak sayuran macam cara, sedangkan orang Barat biasa ha merebusnya
Freepik/senivpetro

Kali ini, perbedaannya adalah cara memasak sayurannya. Biasanya, orang China atau Chinese Food memasak sayuran dengan berbagai macam cara, seperti menggoreng, merebus, mengukus, atau terkadang dengan menggunakan kecap, jahe, dan bawang putih.  

Sedangkan Western Food, biasanya mengolah sayuran hanya dengan merebusnya, seperti salad. Hanya merebus sayuran dalam air, hampir tidak dikenal di China lho, Ma.  

Editors' Picks

5. Bahan makanan China menggunakan berbagai macam bahan yang jarang terlihat, seperti organ dalam hewan

5. Bahan makanan China menggunakan berbagai macam bahan jarang terlihat, seperti organ dalam hewan
Pexels/Lukas

Mama pernah lihat langsung atau bahkan di film China, orang China menyantap makanan organ dalam hewan?

Seperti usus babi, atau bahkan darahnya. Selain itu, China juga biasanya menggunakan bahan makanan seperti melon dan ubi musim dingin, jamur pohon dan polong lotus, katak dan anjing, kaki, lidah, telinga dan lain sebagainya.  

Di Western Food, hanya menggunakan bahan makanan yang memang sudah sering terlihat atau diolah, seperti daging sapi, ikan, ayam, atau pasta.  

6. Koki Chinese Food suka menambahkan bumbu segar atau kering

6. Koki Chinese Food suka menambahkan bumbu segar atau kering
Pixabay/Sik-Life

Dalam menggunakan bumbu, biasanya koki China suka menambahkan bumbu segar atau kering saat memasak, seperti jahe, daun bawang, mint, merica, bawang putih, cabai, dan sebagainya. Sedangkan koki Barat, biasanya hanya menggunakan bumbu olahan seperti merica bubuk, saus tomat, dan lain sebagainya. 

7. Mama nggak akan menemukan bumbu di atas meja restoran China

7. Mama nggak akan menemukan bumbu atas meja restoran China
Pexels/Artem Beliaikin

Ketika Mama makan ke restoran China, Mama nggak akan menemukan botol bumbu yang berisikan garam, merica, atau mustard di atas meja restoran. Mama hanya akan menemukan botol yang berisi kecap, chili oil, atau cuka untuk dituangkan ke piring celup saat sarapan di toko pangsit atau bakpao.  

Berbeda dengan restoran Western Food, di atas meja biasanya sudah disediakan beberapa bumbu untuk menambah rasa sesuai dengan selera dan keinginan Mama.  

8. Western Food akan menyediakan makanan manis sebagai makanan penutup

8. Western Food akan menyediakan makanan manis sebagai makanan penutup
Pexels/Pixabay

Hidangan makanan biasanya terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Pada Western Food, biasanya akan disediakan makanan manis sebagai makanan penutupnya.  

Namun, pada Chinese Food makanan penutupnya hanya berubah buah atau teh segar. Hal itu karena dirasa sudah cukup mengenyangkan pada makanan utama.

9. Meja bundar dengan meja persegi

9. Meja bundar meja persegi
media.npr.org

Orang China akan menggukanan meja yang berbentuk bundar saat makan bersama, terutama makanan keluarga. Hal itu karena dirasa lebih nyaman untuk berbagi hidangan dengan orang lain. Kebulatan melambangkan persatuan di China.  

Sedangkan orang Barat, akan lebih memilih meja yang berbentuk persegi. Hal itu karena nyaman baginya untuk makan individu, dengan meja panjang untuk kelompok yang lebih besar. 

10. Orang Barat biasanya membatasi dirinya dalam metode memasak

10. Orang Barat biasa membatasi diri dalam metode memasak
Pexels.com/Rodnae

Orang Barat biasanya membatasi diri untuk merebus, menggoreng, dan memanggang saja, sedangkan orang China menggunakan lebih banyak metode memasaknya, seperti mengukus, merebus, menumis, dan menggoreng cepat dengan wajan.  

Selain itu, biasanya orang Barat hanya menggunakan lebih banyak mentega, minyak bunga matahari, dan minyak zaitun. Sedangkan orang China, akan menggunakan minyak hewani atau kacang untuk menggoreng makanan.  

Itu dia, Ma 10 perbedaan yang akan ditemukan dalam Chinese Food dan Western Food. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu Mama mempersiapkan Chinese Food atau Western Food ya.  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk