15 Cara agar Terlihat Awet Muda, Dimulai dari Gaya Hidup Ini

Simpel, tetapi sangat berguna untuk penampilan kamu! Perempuan 30 tahun plus mesti coba

15 Juni 2021

15 Cara agar Terlihat Awet Muda, Dimulai dari Gaya Hidup Ini
Freepik/lookstudio

Kalau biasanya kamu sibuk menggunakan skincare agar di usia tua tetap bisa tampil dengan anggun, maka ini adalah kumpulan beberapa trik agar kamu terlihat lebih muda saat usiamu tua. Perempuan yang sudah 30 tahun plus wajib tahu, nih!

Ada banyak tekanan dari orang-orang sekitar, bahwa tampil menawan adalah memiliki kulit cerah, payudara terangkat, tanpa ada kerutan di leher atau mata panda. 

Padahal tidak selalu begitu kok. Perempuan berhal tampil apa adanya sesuai yang diinginkan. Penampilan seperti apapun akan tetap jadi enak dilihat kalau kamu bahagia. Kalau sudah bahagia, pasti aura positif kamu terpancar dan kamu tampak lebih muda.

Apakah ini sulit? Tidak, kamu cukup melakukan beberapa kebiasaan simpel agar penampilan kamu selalu tampak muda. Tidak harus membeli lipstik dan foundation berwarna cerah agar terlihat muda. 

Yuk, hargai dan cintai diri sendiri dengan bermacam cara yang simpel dan bermakna. Berikut Popmama.com telah merangkum kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat kamu terlihat awet muda dilansir dari RD.com, simak yuk!

1. Tersenyum lepas

1. Tersenyum lepas
Pexels/olly

Baik yang muda atau setengah baya dan bahkan yang lebih tua, mereka semua diminta pelajari ribuan foto. Setelah itu mereka diminta menebak usia model dengan berbagai ekspresi wajah. 

Ekspresi netral memberikan hasil yang paling akurat, dan ekspresi ketakutan membuat subjek terlihat lebih tua. Sementara wajah bahagia dinilai lebih muda dari usia sebenarnya.

Tersenyum lepas merupakan gambaran ekspresi bahagia yang mampu membuat orang terlihat lebih muda. Bisakah kamu tersenyum lepas setiap hari?

2. Makan lebih banyak anggur dalam seminggu

2. Makan lebih banyak anggur dalam seminggu
Pexels/Pixabay

Memang tidak perlu makan anggur setiap hari. Tetapi setidaknya dalam seminggu kamu bisa konsumsi anggur secara rutin. 

Sorbitol, kandungan yang memberi rasa manis pada anggur, beri, plum dan buah pir adalah humektan, atau zat yang menarik air saat dioleskan ke kulit. Manfaatnya adalah menyerap dan mempertahankan kelembapan kulit dalam jangka waktu tertentu.

Yuk, konsumsi buah yang disebutkan tadi secara bergantian setiap hari agar terlihat muda lebih lama.

3. Beri sentuhan di rambutmu

3. Beri sentuhan rambutmu
Unsplash/Freestock.org

Bagi kamu yang tidak berhijab, jika warna rambut mulai memudar coba beri sedikit sentuhan. "Seiring bertambahnya usia seseorang, maka rambut akan berubah. Seringkali jadi lebih kasar teksturnya dan lebih kering," ungkap Jenna Mast, seorang penata rambut di rumah kecantikan.

Jika kamu menghadapi masalah serupa, gunakan deep conditioning secara teratur untuk melawan kekeringan pada rambut. Kondisi rambut yang tertata natural dan tidak kering bisa membuat seseorang tampak lebih muda dan menawan.

4. Menjaga bentuk alis

4. Menjaga bentuk alis
Freepik/senifpetro

Alis merupakan bingkai wajah. Buatlah bingkai wajah yang tepat dengan wajahmu. Menjaga alis rapi dan bentuknya sesuai dengan keseluruhan bentuk wajah justru akan membuat kamu tampak lebih muda.

Perhatikan pelipis, lipatan mata, bahkan kening kamu sebelum menentukan bentuk alis yang pas untuk wajah kamu.

Alis yang terlalu tinggi, atau melengkung tajam, terkadang tidak cocok untuk sebagian bentuk wajah. Hasilnya orang tersebut malah terlihat semakin tua dari umur aslinya.

5. Membersihkan dan melembapkan secara teratur

5. Membersihkan melembapkan secara teratur
Unsplash/Laryssa Suaid

Pembersih dan pelembap dapat membantu melindungi kulit dan menjaganya tetap sehat. Hati-hati untuk tidak memakai sabun pembersih biasa yang bisa membuat kulit wajah kering dan tampak tua.

Sebagai gantinya, gunakanlah pelembab yang kaya vitamin E serta bisa digunakan pagi dan malam hari. 

6. Sembunyikan area yang bermasalah

6. Sembunyikan area bermasalah
Instagram.com/sweetjola_

Biasanya area yang bermasalah adalah seperti kulit perut yang menumpuk dan kendur, leher berlipat atau rahang yang berkerut. Hindari atasan ketat dengan jenis kerah U lebar atau sabrina. Ini dapat mengekspos kekurangan kamu.

Gunakan kemeja berkerah agar tampilan kamu semakin kece. 

Editors' Picks

7. Makan lebih banyak sayuran hijau dan merah

7. Makan lebih banyak sayuran hijau merah
Pexels/Daria Shevtsosa

Vitamin K dalam kangkung dan sayuran hijau lainnya dapat membantu mengurangi darah menggumpal, mengurangi dampak memar. Lycopene dalam tomat memberi kulit perlindungan yang kuat terhadap sinar UV. 

Konsumsi buah dan sayuran menghasilkan warna kulit yang lebih baik, menurut sebuah penelitian.

Melansir dari MedicalNewsToday, hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang meningkatkan konsumsi buah dan sayuran selama periode pengamatan menunjukkan perubahan warna kulit, jadi lebih cerah dan glowing.

Mereka yang pola makannya sebaliknya, dengan lebih sedikit buah dan sayuran, menunjukkan penurunan warna kulit.

Dalam sebuah pernyataan media yang dirilis minggu ini, penulis utama Ross Whitehead, seorang peneliti di St Andrews, mengatakan:

“Orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki warna kulit 'golden' yang terlihat sehat dan menarik. Penelitian terbaru kami menemukan bahwa perbaikan kecil dalam pola makan menghasilkan manfaat nyata pada warna kulit.”

8. Berolahraga empat kali atau lebih per minggu

8. Berolahraga empat kali atau lebih per minggu
Freepik/drobotdean

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat memperlambat proses penuaan. Kamu bisa tidur lebih nyenyak jika berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Kombinasikan latihan kardiovaskular untuk jantung dan paru-paru, latihan ketahanan untuk otot, dan peregangan untuk fleksibilitas.

Melansir dari sciencedaily.com bahwa para peneliti di University of Birmingham dan King's College London telah menemukan bahwa tetap aktif membuat tubuh tetap muda dan sehat.

Sekelompok orang dewasa yang telah berolahraga sepanjang hidup mereka, dibandingkan dengan sekelompok orang dewasa dengan usia yang sama dan orang dewasa yang lebih muda yang tidak berolahraga secara teratur. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang telah berolahraga secara teratur telah melawan proses penuaan, mereka memiliki kekebalan, massa otot, dan kadar kolesterol seperti orang yang masih muda.

9. Memakai bra yang tepat

9. Memakai bra tepat
Freepik/wayhomestudio

Gravitasi jelas memengaruhi kita semua, tetapi pakaian dalam yang tepat dapat membantu membentuk sosok menjadi siluet yang lebih muda. 

“Penelitian budaya pop menyatakan bahwa lebih dari 80 persen wanita mengenakan bra dengan ukuran yang salah,” kata pakar gaya Sharon Haver, pendiri FocusOnStyle.com. Bersiaplah di toko pakaian dalam untuk memastikan kamu mengenakan ukuran dan gaya yang tepat untuk bentuk payudara kamu.

Banyak manfaat dari menggunakan bra yang tepat, seperti terlihat lekuk tubuh yang menawan serta cakupan dan dukungan yang tepat untuk payudara dan bahumu.

10. Minum lebih banyak air

10. Minum lebih banyak air
Freepik/racool_studio

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, tentu kamu tahu tentang ini. Selain itu, kulit kita adalah organ terbesar tubuh kita, jadi kita perlu tetap terhidrasi agar tidak terlihat kering dan kusam yang bisa menciptakan kerutan. 

“Semakin tubuh kamu terhidrasi, kulit akan semakin kenyal, halus dan awet muda,” kata pakar kebugaran dan nutrisi Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis Belly Fat Diet For Dummies. 

“Selain itu, tetap terhidrasi dapat meningkatkan tingkat energi dan melawan kondisi menginginkan sesuatu seperti 'ngidam', yang membuatnya lebih mudah untuk tetap pada target dengan tujuan olahraga dan kebiasaan makan yang sehat.”

11. Berpakaianlah yang cerdas, perhatikan potongan dan bentuknya

11. Berpakaianlah cerdas, perhatikan potongan bentuknya
Freepik/lookstudio

Berpakaianlah sesuai dengan ukuran kamu, bukan ukuran kamu yang dulu. Perbaharui koleksi pakaian kamu dengan menyesuaikan ukurannya terlebih dulu yuk!

Tetapi bersembunyi dengan pakaian longgar yang besar tidaklah bagus. Disesuaikan saja agar lekuknya terlihat lebih tajam. 

“Ini bukan tentang volume tetapi potongan pakaian,” kata Haver melalui laman RD. 

“Lebih baik untuk melepaskan diri dari menyembunyikan diri dalam pakaian kamu dan berdiri tegak dan bangga dengan pakaian yang pas. Kamu tidak hanya akan terlihat lebih baik tetapi kamu akan memberi dirimu dorongan emosional yang luar biasa untuk dirimu sendiri," sambungnya.

12. Pertimbangkan warna dan aksesori yang kamu pakai

12. Pertimbangkan warna aksesori kamu pakai
Freepik/kroshka__nastya

Semburat warna bisa menyenangkan dan memberi kesan awet muda, tetapi tidak perlu memakainya dari ujung kepala sampai ujung kaki. Itu terkadang malah terkesan berlebihan.

Kamu dapat menonjolkan pakaian dengan warna tren modern. Ini benar-benar bukan tentang usia tetapi tentang kecanggihan. Warna-warna netral klasik selalu terlihat chic,” kata Haver.

Begitu pula aksesori yang kamu pakai. Pilih yang tidak berlebihan. Kalau kamu berpenampilan simpel, bisa saja justru aksesori seperti kalung yang kamu gunakan memiliki detail agak besar dan ini menjadi part penting sebagai statement fashion kamu saat ini.

13. Lepaskan stres dan konflik

13. Lepaskan stres konflik
Freepik

Stres dapat menuakan sel-sel tubuh. Lakukan perubahan gaya hidup dan kuasai manajemen stres dengan baik. 

"Ketika kamu mengurangi stres dadn konflik, kamu mematikan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, lalu mengaktifkan endorfin, pembunuh rasa sakit alami dalam tubuh. Ini bisa membuat segala sesuatu tentang diri kamu jadi lebih muda," kata psikiater Judith Orloff, yang ditulis MD tentang energi positif.

14. Penuhi kebutuhan antioksidan

14. Penuhi kebutuhan antioksidan
Freepik/azerbaijan_stockers

Antioksidan seperti vitamin A dan C baik untuk melawan radikal bebas, membantumu mempertahankan penampilan yang lebih muda. 

“Ketika radikal bebas dari makanan atau lingkungan mengancam untuk merusak sel-sel kulit, antioksidan melawan senyawa ini dan melindungi sel-sel kulit. Diet kaya antioksidan dapat membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari dan lingkungan, serta melindungi dari peradangan yang mempercepat penuaan,”  kata Palinski-Wade. 

Makan jeruk, stroberi, kiwi, blueberry, paprika, dan bayam untuk menuai manfaat ini.

15. Kurangi gula dan garam

15. Kurangi gula garam
Pexels/andres-ayrton

Gula diolah menjadi energi dalam tubuh. Kalau kamu konsumsi banyak gula, tapi tidak terporoses dengan baik di tubuh, apalagi kamu tidak banyak berkegiatan dan kalorinya jadi tidak terbuang maka ini akan menyulitkan organ-oragan dalam tubuhmu.

Tubuh yang sehat dan awet muda membutuhkan nutrisi yang sehat, dan tentunya asupan ini untuk menghindari nutrisi yang tidak sehat. 

“Menambahkan gula dan asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang dapat mempercepat proses penuaan,” kata Palinski-Wade. 

“Peradangan menghasilkan enzim yang memecah kolagen di kulit. Hasil akhirnya adalah kerutan dan kulit kendur yang dipercepat, yang mengarah ke penampilan yang menua.” 

Melansir dari laman RD juga bahwa, orang dengan kadar gula darah tinggi dianggap lebih tua; yang lain menemukan garam meningkatkan penuaan sel pada orang yang kelebihan berat badan.

Batasi penggunaan gula dan garam pada menu makanan sehari-hari kamu dan keluarga untuk menjaga kesehatan dalam waktu panjang.

Itulah 15 cara agar kamu tampak lebih muda daripada umur aslimu. Terapkan mulai sekarang agar kamu bisa merasakan hasilnya sebelum usiamu benar-benar tua. Semangat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.