Begini Aturan Mandi Bagi Penderita Eksim agar Kulit Tetap Lembap

Kondisi eksim dapat bertambah buruk jika tidak dicegah dengan cara mandi yang tepat

20 September 2020

Begini Aturan Mandi Bagi Penderita Eksim agar Kulit Tetap Lembap
Freepik/Racool_studio

Memiliki kondisi eksim tentu tidak nyaman. Rasa gatal yang menyerang sangat mengganggu aktivitas bahkan hingga waktu tidur.

Menurut National Eczema Association (NEA), eksim merupakan suatu kondisi yang menyebabkan kulit meradang sebagai respons terhadap pemicu lingkungan dan genetik.

Dikatakan beberapa penderita ini mengalami kekurangan filaggrin, protein pembantu tubuh mempertahankan pelindung kulit yang kuat. Tanpa protein kunci ini, kelembapan bisa berkurang dan kulit bisa terinfeksi bakteri serta virus.

Banyak faktor yang menyebabkan eksim kambuh, seperti kelembapan yang rendah, suhu udara dingin, produk sabun untuk badan dan mencuci piring, serta kulit terlalu banyak terkena air tanpa menggunakan pelembap setelahnya.

Semua hal itu, membuat kulit menjadi kering dan menimbulkan gatal sehingga memperburuk kondisi eksim. Ada cara yang paling efektif untuk merawat kulit dengan kondisi ini, yaitu mandi dan melembapkan kulit setelahnya.

Nah, cara mandi orang dengan kondisi eksim tentu berbeda dengan mereka yang kulitnya normal. Popmama.com akan memaparkan aturan mandi bagi penderita eksim agar kulit tetap lembap seperti yang disarankan oleh NEA.

1. Isi bak mandi dengan air hangat lalu berendam selama 5-10 menit

1. Isi bak mandi air hangat lalu berendam selama 5-10 menit
pexels/Bruce Mars

NEA merekomendasikan mandi dengan metode berendam dan mengunci bagi penderita eksim.

Langkah pertama dalam aturan mandi bagi penderita eksim adalah mengisi bak mandi dengan air hangat (suhu air suam kuku) karena suhu ini membantu kulit Mama tetap terhidrasi serta mengurangi kekeringan.

Suhu air yang sangat panas atau dingin dapat meningkatkan iritasi dan kekeringan pada kulit.

Kemudian, Mama bisa berendam di air tersebut selama 5-10 menit. Cuci tubuh dengan gentle cleanser yang bebas pewangi dan bebas pewarna. Pastikan pula Mama tidak menggosok kulit dengan waslap atau loofah karena dapat memperburuk gejala eksim.

Apabila kondisi kulit sedang iritasi yang cukup parah, batasi penggunaan gentle cleanser untuk mencegah lebih buruk lagi.

Editors' Picks

2. Usai mandi, keringkan tubuh dengan lembut menggunakan handuk

2. Usai mandi, keringkan tubuh lembut menggunakan handuk
Freepik

Setelah selesai mandi, tepuk-tepuk seluruh tubuh dengan lembut menggunakan handuk tanpa mengeringkan sepenuhnya. Ini supaya kulit Mama sedikit lembap agar lebih menyerap obat topikal dan pelembap apa pun.

Jangan menggosok tubuh handuk untuk mengeringkannya karena dapat mengiritasi kulit.

3. Oleskan resep obat topical ke area kulit eksim sesuai petunjuk

3. Oleskan resep obat topical ke area kulit eksim sesuai petunjuk
Pexels/Moose Photos

Jika dokter kulit Mama meresepkan obat topikal untuk gejala eksim seperti Crisaborole, oleskan salep ini segera setelah mandi. Pastikan mengoleskan obat ini hanya ke area kulit yang eksim sesuai petunjuk.

4. Oleskan pelembap ke seluruh tubuh dalam waktu 3 menit

4. Oleskan pelembap ke seluruh tubuh dalam waktu 3 menit
Freepik/cookie_studio

Jika tidak ada obat resep, segera oleskan pelembap ke seluruh tubuh dalam waktu 3 menit setelah mandi. Penting untuk mengoleskan pelembap dalam 3 menit sebelum kulit menjadi lebih kering. Kulit yang lembap dapat menyerap pelembap dengan lebih baik.

Yunyoung Claire Chang, MD, dokter kulit bersertifikat di Union Square Laser Dermatology, New York City, merekomendasikan pelembap dengan tiga bahan utama, yaitu ceramide, colloidal oatmeal, dan petroleum.

Chang mengungkapkan sebuah studi ilmiah telah menunjukkan bahwa pelembab yang mengandung ceramide dapat memperbaiki eksim dan mengurangi kehilangan air dari epidermis (transepidermal water loss).

Ceramide adalah lipid (zat lemak) alami pada kulit yang membantu menjaga kelembapannya. Ceramide biasanya terdapat di beberapa produk perawatan kulit.

Produk perawatan tersebut pun dapat menggantikan kekurangan ceramide pada kulit dengan meningkatkan hidrasi kulit.

Jangan lupa juga untuk selalu melembapkan tangan setiap kali Mama mencucinya atau setelah tangan terkena air karena aktivitas lain.

5. Biarkan kulit menyerap pelembap sebelum mengenakan pakaian

5. Biarkan kulit menyerap pelembap sebelum mengenakan pakaian
Freepik/Ollyy

Sebelum mengenakan pakaian, biarkan kulit Mama menyerap pelembap selama beberapa menit. Ini membantu menenangkan area kulit yang rawan eksim serta mencegahnya kering.

Untuk perawatan tambahan tambahan, Chang merekomendasikan minum air putih lebih banyak agar tetap terhidrasi dan menggunakan humidifier jika cuaca dingin. Udara dingin dapat membuat kulit kering dan memicu gejala eksim.

Selain itu, Mama juga dapat melakukan rutinitas mandi dan menggunakan pelembap pada malam hari sebelum tidur untuk membantu mempertahankan kelembapan kulit dengan lebih baik.

Semoga eksim Mama lekas membaik dan tidak kambuh lagi, ya!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.