Punya Luka Bekas Knalpot? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Ini

Meskipun tidak instan, tapi lama-lama bekas luka akan memudar hingga tak tampak lagi

4 Agustus 2020

Pu Luka Bekas Knalpot Hilangkan 5 Bahan Alami Ini
dermatix.asia

Mungkin sebagian dari Mama pernah mengalami luka bakar akibat pipa knalpot kendaraan. Luka ini terjadi ketika seseorang tidak sengaja tersenggol atau menyenggol knalpot yang masih panas.

Para peneliti di Athens University Medical School, Yunani, menerbitkan sebuah studi tentang luka bakar akibat kecelakaan motor.

Hasilnya, lebih dari 70 persen penumpang kendaraan yang mendapat luka bakar knalpot dan sebagian besarnya terluka di bawah lutut sebelah kanan. Selain itu, lebih dari 65 persennya, mengalami luka bakar tingkat 2. Biasanya menimbulkan lepuh pada kulit.

Luka bakar akibat knalpot ini, tentu meninggalkan bekas yang berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Bagi perempuan, bekas luka itu pasti cukup mengganggu penampilan. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya?

Mungkin, tidak akan 100 persen luka bekas knalpot akan menghilang. Namun, kita dapat memudarkannya hingga tak tampak lagi. Popmama.com akan memberi tahu 5 bahan alami untuk memudarkan bekas knalpot yang bisa Mama coba di rumah.

1. Lidah buaya bersifat antiinflamasi yang dapat menenangkan rasa sakit

1. Lidah buaya bersifat antiinflamasi dapat menenangkan rasa sakit
Freepik/jcomp

Lidah buaya dipercaya menjadi salah satu bahan alami penghilang luka bekas knalpot. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Burns pada 2007, lidah buaya dikatakan dapat mempercepat penyembuhan luka bakar tingkat 1 hingga tingkat 2.

Lidah buaya bersifat antiinflamasi sehingga dapat menenangkan rasa sakit dan menghambat terjadinya peradangan.

Untuk melakukan perawatan, Mama cukup mengupas kulit lidah buaya dan keluarkan gelnya. Oleskan langsung pada bekas luka dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan 2 kali sehari hingga bekas luka memudar.

Editors' Picks

2. Madu menyembuhkan luka bakar dengan merangsang sistem kekebalan tubuh

2. Madu menyembuhkan luka bakar merangsang sistem kekebalan tubuh
Freepik/Xamtiw

Bahan alami penghilang luka bekas knalpot berikutnya adalah madu. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengoleskan madu pada kulit yang mengalami luka bakar dapat membantu meningkatkan penyembuhan dan mengurangi peradangan.

Sebuah laporan dari The Scientific World Journal pada 2011, madu dapat membantu menyembuhkan luka bakar dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sementara, The New Zealand Medical Journal yang telah meninjau 8 studi pada 2009, menemukan bahwa madu efektif mengobati luka bakar tingkat 1 hingga tingkat 2. Hanya saja, sebagian besar studi melibatkan penggunaan madu yang tidak ditutupi kasa steril.

Sebelum tidur, tutupi bekas luka Mama dengan madu secukupnya, lalu bungkus dengan perban. Biarkan semalaman. Ketika pagi hari, lepaskan perban dan bilas madu pada bekas luka dengan air hangat. Ulangi setiap malam hingga bekas luka memudar.

3. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang menyembuhkan kulit dengan baik

3. Minyak kelapa mengandung vitamin E menyembuhkan kulit baik
prevention.com

Mama dapat mencoba minyak kelapa sebagai bahan alami penghilang luka bekas knalpot. Minyak ini mengandung vitamin E yang dapat menyembuhkan kulit dengan sangat baik.

Selain itu, terkandung pula asam lemak yang bersifat antijamur dan antibakteri sehingga membantu menjaga luka bakar agar tidak terinfeksi.

Untuk melakukan treatment, cukupdengan menghangatkan beberapa sendok makan minyak zaitun hingga cukup cair. Kemudian, pijatkan minyak ke bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal 1 jam. Ulangi 2-4 kali setiap hari.

4. Kentang mengandung enzim pencerah kulit untuk menyamarkan bekas luka

4. Kentang mengandung enzim pencerah kulit menyamarkan bekas luka
Freepik/jcomp

Selain berguna untuk menghilangkan kantung hitam mata, kentang juga merupakan bahan alami penghilang luka bekas knalpot. Kentang kaya akan kandungan pati dan enzim pencerah kulit yang membantu menyamarkan bekas luka dan noda.

Iris kentang dengan ketebalan sedang, lalu gosokkan pada bagian bekas luka dengan gerakan memutar. Setelah irisan agak mengering, ganti dengan yang baru kemudian lanjut menggosok bekas lukanya. Ulangi proses tersebut selama sekitar 20 menit.

Biarkan mengering selama 10 menit, lalu bilas area tersebut dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut setidaknya satu kali setiap hari.

5. Vitamin E memiliki antioksidan untuk memperbaiki dan melindungi kulit

5. Vitamin E memiliki antioksidan memperbaiki melindungi kulit
freepik.com/mrsiraphol

Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu memperbaiki dan melindungi kulit Mama.

Lakukan perawatan dengan cara memotong kapsul vitamin E, lalu peras isinya ke bekas luka. Jika lukanya lebar, Mama mungkin perlu lebih dari satu kapsul untuk mendapatkan cairan yang cukup melapisi seluruh area.

Kemudian, pijat minyak pada bekas luka dan area sekitarnya selama lebih kurang 10 menit. Diamkan sampai sekitar 20 menit, baru bilas dengan air hangat. Lakukan minimal setiap 3 hari sekali.

Di samping itu, konsumsi juga makanan yang kaya vitamin C dan E untuk mempercepat penyembuhan.

Sekarang, Mama tidak perlu khawatir luka bekas knalpot mengganggu penampilan lagi. Cukup melakukan perawatan dengan 5 bahan di atas secara rutin, bekas luka akan memudar.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.