Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Memiliki Dapur yang Fleksibel dan Trendi ala Chef William Gozali

Hadir bersama BEKO di IndoBuildTech 2022, Chef Willgoz bocorkan rahasia dapur

18 November 2022

Tips Memiliki Dapur Fleksibel Trendi ala Chef William Gozali
Popmama.com/Adinda Hanum Purnomo

Mama sadar nggak sih kalau sekarang fungsi dapur di rumah sudah tidak hanya untuk memasak lagi?

Berjalannya waktu, kini dapur ternyata sudah memiliki fungsi yang beragam, lho. Mulai dari ruang bekerja, tempat anak-anak bermain, hingga menjadi ruang untuk membuat konten. Tak disadari pergeseran fungsi ini ternyata berpengaruh dengan peralatan dapur yang digunakan.

Jika diperhatikan, kini orangtua milenial mulai banyak yang menggunakan peralatan dapur serba canggih dan juga estetik. Salah satunya seorang chef William Gozali, yang juga merupakan papa dari dua orang anak.

Sosok yang kini juga dikenal sebagai content creator membagikan beberapa tips tentang dapur yang fleksibel, bersama BEKO pada acara IndoBuildTechExpo, Rabu (16/11/2022) di ICE BSD. BEKO sendiri adalah perusahaan asal Turki yang menghadirkan berbagai peralatan dapur yang multi-fungsi dan fleksibel.

Penasaran tips apa saja yang chefWilliam Gozali berikan? Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya dalam tips memiliki dapur yang fleksibel dan trendi ala chef William Gozali.

Yuk, kita simak baik-baik!

1. Pilih peralatan dan kabinet yang moveable agar layout dapur dapat divariasikan

1. Pilih peralatan kabinet moveable agar layout dapur dapat divariasikan
Popmama.com/Adinda Hanum Purnomo

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kini fungsi dari dapur rumah tangga sudah mulai bergeser, begitu juga dengan desainnya. Banyak orangtua milenial yang mulai fokus pada unsur estetika dapur mereka, dibandingkan dengan fungsinya.

Mungkin hal ini sering sekali kita lihat dan dengar, yaitu mode dapur bersih dan kotor. Sesuai dengan namanya, dapur kotor digunakan untuk memasak sehari-hari, lalu dapur bersih hanya sebagai pemanis ruangan di rumah saja.

Namun tentu di masa kini, hal tersebut sudah tidak mulai efektif. Chefyang akrab disapa Willgoz memberikan tips untuk menciptakan dan merawat dapur kekinian, namun fungsinya tetap fleksibel.

Tips yang pertama adalah pilih peralatan dapur dan beberapa kabinet yang mudah untuk dipindahkan (moveable). Pemilihan ini dilakukan agar lebih mudah merubah gaya layout dapur sesuai selera.

"Tips dari aku ini nggak cuman ngomongin appliances saja, walau hal itu menjadi salah satu faktor yang membuat dapur kita jadi fleksibel. Tapi juga layout dapur dipikiran sama kabinet-kabinetnya. Dalam artia, aku bikin kabinetnya beberapa ada yang moveable. Jadi kalau aku butuh space gede tinggal aku geser aja," ujar chefWillgoz.

Editors' Picks

2. Beli peralatan dan perlengkapan dapur yang fungsional, tak perlu yang berlebihan

2. Beli peralatan perlengkapan dapur fungsional, tak perlu berlebihan
Popmama.com/Adinda Hanum Purnomo

Salah satu bentuk orangtua milenial yang konsumtif, salah satunya terlalu banyak membeli peralatan atau perlengkapan secara berlebihan. Tak jarang akhirnya barang-barang tersebut tidak digunakan, bahkan hanya menjadi hiasan dan membuat ruangan menjadi sempit.

Tips kedua dari chefWillgoz, ia menyampaikan penting sekali untuk pilih peralatan dapur yang fungsional. Tujuannya agar ruangan dapur terlihat lebih teratur.

Secara pribadi, ia mengatakan bahwa dirinya bukan tipikal yang tidak suka baking, tetapi cooking. Dari ketertarikan tersebut, chef Willgoz lebih memilih untuk memilih airfyer dibandingkan sebuah oven

Balik lagi dari intensitas pemakaian, karena tentunya oven akan lebih jarang digunakan karena fungsinya dapat digantikan dengan sebuah airfryer.

"Ataupun di balik sebenarnya, karena kalau sudah punya oven it's the same thing kalian tidak perlu punya airfyer," ujar chefWillgoz.

"Actually you just need one," tambahnya.

3. Bersihkan seluruh peralatan dapur secara berkala setelah digunakan

3. Bersihkan seluruh peralatan dapur secara berkala setelah digunakan
Popmama.com/Adinda Hanum Purnomo

Selain pemilihan peralatan, kabinet, serta variasi layout agar dapur lebih fleksibel, tentunya perawatan juga menjadi hal yang penting. Terkadang hal ini yang sering dilewatkan oleh para orangtua atau anak muda setelah menggunakan dapur.

Perlu dipahami bahwa setiap peralatan atau kabinet dapur yang tidak dibersihkan dapat menumpuk kuman dan kotoran berbahaya, meskipun tak terlihat langsung di mata. Namun, hal ini akan berpengaruh pada kehigienisan makanan yang diproduksi di dapur tersebut.

Tak hanya itu, dapur yang kotor juga akan menurunkan selera ingin memasak. Pada akhirnya ini akan berujung pada kebiasan memesan makanan melalui aplikasi online.

"Bau dan nodanya itu yang ngebuat kayak, nggak nyaman aja buat dilewatin apalagi kalau dapurnya dekat living room. Jadi ya harus tetap selalu clean, minimalis but at the same time fungsional," ungkap Willgoz.

4. Gunakan peralatan dapur sesuai dengan kapasitasnya agar tahan lama

4. Gunakan peralatan dapur sesuai kapasitas agar tahan lama
Popmama.com/Adinda Hanum Purnomo

Muthia Surya selaku Senior Marketing dari BEKO Indonesia memberikan satu tips tambahan, yaitu gunakan peralatan dan kabinet dapur sesuai dengan kapastitasnya. Salah satu penyebab rusaknya peralatan dapur juga sering dipicu karena para penggunanya terlalu banyak menyimpan barang dari yang seharusnya.

Contohnya pada kulkas atau mesin cuci, pasti Mama pernah melakukan atau melihat hal ini, bukan? Nah, untuk menjaga dapur beserta peralatan dan kabinetnya yang fleksibel, tahan lama, dan juga trendi hal ini jangan lupa diperhatikan.

Itulah tips memiliki dapur yang fleksibel dan trendi ala chef William Gozali. Semoga informasi ini membantu Mama dan bermanfaat, ya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk