7 Ide Wallpaper Kamar Anak, Bikin Betah dan Jadi Lebih Nyaman!

Selain menambah keindahan ruangan, juga bisa menjadi sarana edukasi anak, lho

14 Desember 2019

7 Ide Wallpaper Kamar Anak, Bikin Betah Jadi Lebih Nyaman
Pinterest.com/House Beautiful

Saat menginjak usia yang lebih besar, sudah sebaiknya anak memiliki kamar sendiri. Namun, seringkali cara ini tidak berhasil karena anak telah terbiasa berbagi kamar dengan orangtua sehingga ia merasa tidak betah.

Maka, Mama dan Papa perlu memperhatikan kenyamanan pada kamar anak sehingga tidak terus bergantung pada orangtua. Dalam hal ini, yang dapat dilakukan orangtua yaitu, memilih barang dan furniture yang tepat.

Selain itu, mendesain kamar anak dengan menggunakan wallpaper juga bisa dijadikan pilihan. Ada beragam pilihan warna serta motif yang dapat orangtua pasang pada dinding kamar. Berikut Popmama.com berikan 7 ide wallpaper kamar agar si Kecil lebih betah beraktivitas di dalam kamarnya:

1. Bentuk geometris

1. Bentuk geometris
Pinterest.com/Brittany Rossman

Orangtua bisa memilih motif wallpaper dengan beragam bentuk geometris, seperti lingkaran, garis, kotak, maupun persegi panjang.

Selain menambah keindahan pada si Kecil, motif geometris tersebut dapat mengenalkan serta melatih kemampuan dasar matematika anak. Desain geometri yang edukatif ini juga dapat membuat anak lebih aktif dan kreatif.

2. Ragam jenis hewan

2. Ragam jenis hewan
Pinterest.com/Wulan Russel

Dengan memasang wallpaperbermotif jenis-jenis hewan, Mama dan Papa dapat membantu anak menumbuhkan rasa peduli dan mencintai sesama makhluk hidup. Misalnya, hewan-hewan yang hidup di darat, air, atau dua alam.

Jenis-jenis hewan tersebut pun dapat dikenal oleh anak dengan baik sehingga anak dapat mengelola rasa takut mereka pada hewan.

3. Nuansa yang ceria

3. Nuansa ceria
Pinterest.com/Walking The Cat

Anak-anak identik dengan keceriaan, untuk itu pilihlah wallpaper berwarna cerah pada kamar agar mereka merasa nyaman. Suasana yang ceria ini akan memberikan energi yang positif.

Mama dan Papa dapat memilih wallpaper dengan warna merah, oranye, kuning, atau biru. Bisa juga memilih warna-warna kesukaan anak.

Editors' Picks

4. Macam-macam teknologi dan kendaraan

4. Macam-macam teknologi kendaraan
Pinterest.com/Nubie

Dengan memilih wallpaper motif ini, anak akan mengenal beragam bentuk dan jenis teknologi dan kendaraan. Misalnya, mobil atau pesawat terbang.

Hal ini juga dapat menstimulasi anak untuk berimajinasi secara kreatif. Saat berada di dalam kamar, anak mungkin akan membayangkan bagaimana rasanya mengendarai mobil atau pesawat tersebut.

5. Pahlawan atau tokoh kartun favorit

5. Pahlawan atau tokoh kartun favorit
Pinterest.com/Andilo Barham

Mama dan Papa dapat membuat anak betah di kamar dengan memasangkan wallpaper bermotif tokoh kartun atau pahlawan favorit mereka.

Misalnya, tokoh-tokoh pahlawan dalam game bagi anak laki-laki atau karakter princess yang feminim bagi anak perempuan.

Anak-anak akan mudah tertarik jika melihat suatu hal yang mereka sukai.

6. Motif imajinatif yang nyata

6. Motif imajinatif nyata
Pinterest.com/Murwall

Dinding dengan motif gambar imajinatif yang memberikan kesan nyata akan memberikan kesan dramatis sekaligus ketenangan pada anak.

Mama dan Papa dapat memilih wallpaper dengan motif suasana perkotaan di malam hari atau pepohonan yang indah sehingga anak dapat tertidur dengan nyenyak.

7. Warna netral

7. Warna netral
Pinterest.com/Bergin Interior

Motif wallpaper dengan warna netral ini cocok untuk dekorasi kamar anak yang sudah beranjak remaja.

Mama dan Papa dapat memilih warna putih, cokelat, atau abu-abu dengan desain sederhana. Selain memberikan kesan simple, wallpaper jenis ini juga minim budget.

Itulah 7 ide desain wallpaper untuk kamar anak. Jangan lupa diskusikan dengan si Kecil dan lakukan pengecekan pada dinding sebelum memasang wallpapernya ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!