5 Tips Menata Dapur Mungil di Apartemen

Rahasia menata dapur mungil apartemen agar tampak lapang

12 Mei 2019

5 Tips Menata Dapur Mungil Apartemen
Pexels/Pixabay

Tinggal di apartemen memang ada plus minus. Mama tentu merasa beruntung dengan letak tempat tinggal yang strategis dan dekat ke mana-mana.

Belum lagi tersedianya fasilitas apartemen yang lengkap, seperti ada kolam renang, arena playground, fitness center, dan keamanan 24 jam.

Namun, Mama harus bersahabat dengan kenyataan bahwa lahan apartemen jelas tidak seluas rumah biasa. Hampir semua ruangan berukuran mini, kalau nggak mau dibilang sempit. Termasuk area dapur.

Meskipun begitu, lahan terbatas tidak selalu jadi alasan untuk membuat dapur seadanya. Mama bisa kok menata dapur seapik mungkin, sehingga tetap tampil gaya dan fungsional.

Kali ini Popmama.com memberikan 5 tips menata dapur mungil di apartemen Mama.

1. Dekorasi minimalis jadi andalan

1. Dekorasi minimalis jadi andalan
decoist.com

Hindari menata dapur mungil dengan terlalu banyak barang. Sebisa mungkin Mama menyimpan barang-barang yang jarang dipakai di tempat tidak terlihat.

Kalau merasa perlu pakai kitchen cabinet, cari model minimalis yang lebih simpel dan tidak banyak elemen dekoratif.

Sebagai contoh, pintu lemari dibuat ramping atau model pintu geser, sehingga menghemat ruang gerak Mama.

2. Model rak terbuka juga unik

2. Model rak terbuka juga unik
decoist.com

Mama bisa membuat rak terbuka atau ambalan tepat di atas kompor atau tempat cuci piring. Tidak usah banyak-banyak, Ma, cukup dua atau tiga tingkat saja.

Apa yang bisa diletakkan di situ? Tentu saja barang-barang yang sering dipakai.

Misalnya, piring, mangkuk, dan gelas, atau deretan bumbu dapur. Supaya terlihat rapi dan manis, Mama bisa memainkan palet warna peralatan makan tersebut. Jangan lupa untuk sering dibersihkan ya, Ma.

Editors' Picks

3. Pakai panel kayu untuk menutup tempat cuci piring

3. Pakai panel kayu menutup tempat cuci piring
hgtv.com

Dapur mungil kerap membuat bingung, harus mempersiapkan bahan makanan di mana ya? Nah, ada cara jitu menyiasatinya.

Tempatkan sebuah panel kayu dengan ukuran sama persis sebagai penutup tempat cuci piring. Lebih bagus lagi kalau panel kayu itu juga bisa jadi talenan alias tempat memotong.

Dalam sekejap countertop dapur Mama punya ruang ekstra untuk area persiapan.

4. Gunakan ruang kosong di atas kitchen cabinet

4. Gunakan ruang kosong atas kitchen cabinet
decoist.com

Kalau Mama memilih kitchen cabinet yang tidak full sampai langit-langit apartemen, ruang kosong yang ada bisa dipakai untuk menyimpan barang. Mama dapat meletakkan barang-barang yang hanya dipakai sesekali saja.

Usahakan untuk menatanya serapi mungkin agar tetap terlihat rapi. Sama seperti memakai rak terbuka, bersihkan secara berkala supaya debu tidak sempat menempel di atas kitchen cabinet.

5. Pakai cermin atau kaca

5. Pakai cermin atau kaca
decoist.com

Sudah jadi rahasia umum kalau memakai cermin atau kaca bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Cermin memantulkan bayangan ruang, sehingga ruangan terlihat lapang.

Di dapur, Mama juga bisa menerapkan tips ini. Misalnya, menaruh kaca pada bagian backsplash. Dapur mungil pun terlihat lebih lapang.

Alternatif lainnya, Mama bisa memakai pintu kaca pada kitchen cabinet bagian atas. Jadi, Mama nggak perlu buka tutup berulang-ulang untuk mencari sesuatu karena isi lemari mudah dikenali dari luar.

Nah, itu 5 tips membuat dapur mungil apartemen tampak lebih luas. Mama bisa ajak Papa untuk coba melakukan perubahan kecil di dapur apartemen. Dapur lebih nyaman, Mama juga jadi betah masak aneka hidangan lezat untuk keluarga. Setuju?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!