5 Tips Hemat Listrik Supaya Tagihan Tidak Bengkak

Coba trik ini biar setiap bulan tagihan listrik nggak bikin pusing ya, Ma

1 Maret 2019

5 Tips Hemat Listrik Supaya Tagihan Tidak Bengkak
Pexels/Pixabay

Pada era millennial, hidup begitu memiliki ketergantungan yang cukup tinggi akan listrik dan sumber daya energi lainnya. Hal ini disebabkan hadirnya berbagai macam gadget dan barang elektronik yang mempermudah kehidupan kita.

Banyak alat yang membantu Mama dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga, sebut saja mesin cuci, setrika, dispenser, pemanas air, handphone dan lain sebagainya.

Di tengah kebutuhan yang tinggi akan penggunaan listrik, kita bisa lho melakukan upaya penghematan listrik supaya tagihan bulanan tidak membengkak. Mau tahu caranya? Yuk simak ulasan Popmama.com berikut ini:

1. Cabut kabel dari saklar jika tidak digunakan    

1. Cabut kabel dari saklar jika tidak digunakan    
Pexels/rawpixel.com

Percaya tidak jika listrik tetap mengalir pada kabel yang terpasang pada saklar meskipun tidak digunakan. Oleh karena itu mulai sekarang jangan acuh tak acuh pada kabel yang menancap di saklar.

Bila memang sudah selesai digunakan, maka cabutlah kabel dari saklar agar tidak ada energi listrik yang terbuang percuma. Dengan begitu maka tagihan listrik yang kamu bayar setiap bulannya dapat ditekan seoptimal mungkin.

2. Gunakan listrik pra bayar

2. Gunakan listrik pra bayar
Pexels/Pixabay

Tips kedua agar tagihan listrik tidak bengkak yaitu dengan menggunakan sistem pulsa atau pra bayar. Isilah pulsa listrik sesuai target bulananmu seperti biasanya.

Dengan cara bayar listrik seperti ini maka kamu dapat mengontrol jumlah penggunaan listrik bulanan apakah wajar atau melebihi batas normal.

Jika pulsa listrikmu sudah habis sebelum satu bulan maka listrik di rumahmu akan padam. Kamu perlu membeli pulsa lagi agar listrik di rumah dapat mengalir kembali.

Editors' Picks

3. Matikan lampu saat tidak digunakan

3. Matikan lampu saat tidak digunakan
Pexels/Daniel Reche

Saat membangun rumah usahakan agar terdapat banyak jendela sehingga pencahayaan alami dapat masuk ke dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan lampu terutama saat siang hari.

Kamu juga sebaiknya menggunakan lampu dengan watt yang rendah tapi tetap terang. Saat malam hari jangan biarkan lampu di semua ruangan menyala.

Cukup nyalakan lampu di ruangan yang kamu perlukan terutama di ruangan dengan mobilitas tinggi para penghuninya.

4. Gunakan AC seperlunya

4. Gunakan AC seperlunya
Pexels/Pedro Sandrini

Mesin pendingin ruangan ini banyak mengkonsumsi energi listrik lebih banyak dari alat elektronik lain. Oleh sebab itu gunakan AC seperlunya saja yaitu saat hendak tidur.

Kamu juga sebaiknya memilih AC low watt karena konsumsi listriknya akan menjadi lebih sedikit. Selain itu atur suhu sesuai dengan luas ruangan dan jumlah orang yang berada di ruangan tersebut.

5. Matikan alat elektronik jika tidak digunakan

5. Matikan alat elektronik jika tidak digunakan
Pexels/freestocks.org

Ubah kebiasaan burukmu yang biasanya tidak mematikan alat elektronik saat tidak digunakan. Misalnya saja televisi, dispenser, mesin cuci, pemanas air dan lain sebagainya.

Matikan daya dispenser untuk memanaskan atau mendinginkan air jika tidak sedang digunakan karena akan menghemat biaya listrik bulananmu. Jangan pula tidur selagi televisi masih menyala karena sama saja dengan kamu membayar tagihan listrik dari sesuatu yang tidak kamu nikmati.

Nah, itulah 5 tips hemat listrik supaya tagihan tidak bengkak. Apakah kamu sudah menjalankan salah satunya atau malah memiliki tips lain? Share di kolom komentar ya!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!